Comscore Tracker

5 Tips Menahan Gaya Hidup Tinggi untuk Kamu yang Baru Berpenghasilan

#IDNTimesLife Jangan sampai uang habis tak karuan, ya

Siapa pun tentu saja memiliki kepuasaan tersendiri bila sudah mampu memperoleh uang hasil kerja kerasnya. Kadang kala untuk mereka yang baru saja mulai berpenghasilan, memperoleh uang adalah suatu hal yang menyenangkan sehingga banyak dihabiskan untuk sesuatu yang tak tentu. Bukan tak mungkin, kebiasaan seperti ini akan berakhir pada gaya hidup tinggi yang penuh gengsi.

Jika sudah begitu, penghasilanmu pun akan habis tak karuan. Untuk mensiasati hal tersebut, sebaiknya kamu dapat menerapkan beberapa hal ini agar bisa menahan gaya hidup tinggi, khususnya bagi yang baru saja memiliki penghasilan sendiri.

1. Ketahui skala prioritas utama

5 Tips Menahan Gaya Hidup Tinggi untuk Kamu yang Baru Berpenghasilanilustrasi uang (Unsplash/金 运)

Setiap orang tentunya memiliki prioritas yang berbeda-beda. Alokasi dana tersebut harus kamu ketahui agar nantinya bisa bermanfaat dan tidak lari ke mana-mana. Oleh sebab itu, buatlah semacam catatan untuk kamu tulis dengan prioritas-priotas utama pada alokasi danamu.

Sebagai contoh, kamu dapat memprioritaskan alokasi uang penghasilanmu untuk orangtua, kebutuhan sehari-hari, asuransi, tabungan, dan sebagainya. Kamu juga perlu membagi prioritas tersebut agar uangnya cukup dan tak habis secara berlebihan.

2. Berikan jatah untuk uang saku secara terpisah

5 Tips Menahan Gaya Hidup Tinggi untuk Kamu yang Baru Berpenghasilanilustrasi uang (Unsplash/Alexander Mils)

Fungsi utama dari skala prioritas adalah untuk membedakan antara uang yang penting dan uang yang dapat kamu gunakan untuk jajan atau membeli sesuatu. Sisa dari hasil alokasi uang tersebut bisa kamu gunakan sebagai uang saku.

Meski begitu, tapi tidak semena-mena dapat kamu habiskan sia-sia. Kamu tetap perlu mengatur sebijak mungkin agar keuanganmu tetap terjaga dengan baik.

3. Percayakan seseorang untuk mengatur keuanganmu

5 Tips Menahan Gaya Hidup Tinggi untuk Kamu yang Baru Berpenghasilanilustrasi uang (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Tak semua orang mampu dalam mengatur keuangan karena banyak juga yang kalah dengan hawa nafsu untuk menghabiskan penghasilannya. Jika kamu termasuk salah satu orang yang seperti ini, maka itu artinya kamu memerlukan orang lain untuk membantu.

Kamu harus memilih orang yang benar-benar kamu percaya untuk dapat mengatur keuanganmu. Beberapa di antaranya seperti orangtua, istri atau suami, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tajir Melintir, 10 Gaya Hidup Pengusaha Muda Gilang Widya dan Istri

4. Investasikan uangmu

5 Tips Menahan Gaya Hidup Tinggi untuk Kamu yang Baru Berpenghasilanilustrasi investasi (Unsplash/Firmbee.com)

Mendapatkan uang hasil usaha sendiri memang sangat memuaskan, namun habis begitu saja juga menjadi sesuatu yang mengecewakan. Alih-alih habis entah ke mana, sebaiknya kamu dapat menginvestasikan uangmu saja.

Investasi yang bisa kamu pilih tentu dapat disesuaikan dengan selera. Selain akan membuatmu tidak boros, investasi justru akan membantu menambah nilai keuanganmu untuk jangka waktu panjang.

5. Banyak bersyukur dan mengingat bahwa mencari uang tidaklah mudah

5 Tips Menahan Gaya Hidup Tinggi untuk Kamu yang Baru Berpenghasilanilustrasi bersyukur (Unsplash/Nathan Dumlao)

Seberapa kuatnya usahamu dalam menahan gaya hidup tinggi, tetap saja urusan ini akan kembali pada niatmu. Jika niatmu tidak kuat, maka usaha ini pun juga akan sia-sia. Oleh sebab itu, tanamkan dalam dirimu untuk senantiasa bersyukur atas apa yang kamu miliki. Selain itu, jangan lupa untuk terus mengingat bahwa mencari uang itu tidaklah mudah sehingga kamu perlu menggunakannya dengan sebijak mungkin.

Membeli barang atau apa pun yang diinginkan tentunya sah-sah saja, namun perlu batasan yang jelas agar sumber keuangan tidak habis sia-sia. Dengan manajemen keuangan yang baik, maka kamu yang baru berpenghasilan pun tetap dapat mengatur uang dengan bijak. Antiboros di usia muda, deh!

Baca Juga: Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalis

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya