Comscore Tracker

5 Pertimbangan sebelum Bekerja di Luar Negeri, Catat!

Tidak semudah itu untuk memutuskan bekerja di luar negeri

Memperoleh pekerjaan yang diimpikan dengan pendapatan yang cukup tentu menjadi mimpi bagi semua orang. Tentunya proses memperoleh pekerjaan yang seperti itu juga tidaklah mudah, sebab ada proses yang harus dilalui.

Salah satu opsi yang mungkin kerap dipilih orang-orang adalah dengan memutuskan bekerja di luar negeri. Sebelum memutuskan hal tersebut, sebaiknya kamu dapat memperhatikan beberapa pertimbangan yang berikut ini.

1. Menggunakan agen untuk program tertentu

5 Pertimbangan sebelum Bekerja di Luar Negeri, Catat!ilustrasi bekerja (pexels.com/@visual-tag-mx)

Ada banyak cara untuk bisa bekerja di luar negeri, baik itu secara pribadi, volunteering, atau bahkan menggunakan agen untuk program tertentu. Kamu harus mengetahui secara pasti jalur yang akan dipilih sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri.

Jika kamu memang menggunakan agen untuk bekerja di luar negeri, maka sebaiknya pilihlah agen yang terpercaya. Pahami juga aturan dan kontrak selama bekerja di sana, sehingga kamu tak sampai salah pilih.

2. Proses belajar bahasanya

5 Pertimbangan sebelum Bekerja di Luar Negeri, Catat!ilustrasi lelah bekerja (pexels.com/@Karolina-Grabowska)

Pindah ke negara asing tentunya juga perlu memahami pemilihan bahasanya. Secara umum negara-negara lain biasanya memiliki bahasa tersendiri yang membuat para pendapat harus turut belajar.

Pertimbangan inilah yang juga harus kamu pikirkan, sebab memang biasanya ada pelatihan bahasa sebelum bekerja di sana. Meski sulit di awal, namun setidaknya hal ini akan memudahkanmu pada saat bekerja nanti.

3. Durasi bekerja di sana

5 Pertimbangan sebelum Bekerja di Luar Negeri, Catat!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@miquelena)

Durasi bekerja disana juga bisa menjadi bahan pertimbangan untukmu. Hal ini dapat dimasukan sebagai bahan rencana jangka panjangmu sebelum pindah.

Jika memang kamu hanya berencana sementara waktu di sana, maka durasi bekerjanya tentu tidak lama. Namun, jika memang kamu berencana menetap untuk waktu lama, maka durasi bekerja pun pasti akan memakan waktu panjang.

Baca Juga: 5 Beasiswa Program Bisnis di Luar Negeri, Dibuka Desember 2022

4. Pertimbangan keluarga jika sudah menikah

5 Pertimbangan sebelum Bekerja di Luar Negeri, Catat!ilustrasi libur keluarga (unsplash.com/@nextfnlevel)

Memutuskan pindah ke luar negeri juga bukanlah keputusan mudah, apalagi jika kamu sudah menikah. Pertimbangan mengenai keluarga sangat penting untuk dipikirkan sebelumnya.

Kamu dapat memikirkan untuk turut membawa keluarga atau tidak selama bekerja di sana. Namun, pembiayaan juga menjadi hal penting yang tak boleh luput kamu perhitungkan, sehingga tidak mengalami kesulitan saat berada di sana.

5. Penawaran gaji yang diterima

5 Pertimbangan sebelum Bekerja di Luar Negeri, Catat!ilustrasi gaji (pexels.com/@karolina-grabowska)

Satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat bekerja adalah mengenai gaji. Tidak bisa dimungkiri bahwa keberadaan gaji merupakan pertimbangan yang penting, sebab akan memengaruhi kebutuhan sehari-harimu nanti selama di sana.

Jika memang penawaran gaji yang diterima dirasa cocok, maka kamu dapat mengambilnya. Namun, jika memang belum cocok, maka pikirkan lagi nanti.

Ada banyak pertimbangan penting sebelum memutuskan bekerja di luar negeri. Dengan pertimbangan yang matang, maka proses bekerjamu jadi dapat berjalan lancar. Jangan sembarangan mengambil keputusan, ya!

Baca Juga: 11 Kompositum dengan Kata Negeri, Ada Negeri Keju hingga Negeri Kiwi

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya