Comscore Tracker

5 Cara Membangun Rasa Respect Terhadap Diri Sendiri, Kunci Sukses!

Jangan sampai melupakan rasa respect atas dirimu sendiri

Respect merupakan salah satu bentuk penghormatan yang dapat kamu berikan pada setiap orang. Sayangnya kebanyakan orang berpikir bahwa respect hanya ditujukan pada orang lain saja.

Padahal ternyata rasa respect juga bisa ditunjukan pada diri sendiri. Bahkan kamu perlu memprioritaskan respect tersebut pada dirimu terlebih dahulu. Kamu dapat mencoba beberapa langkah berikut ini untuk dapat membangun rasa respect terhadap diri sendiri.

1. Cobalah mandiri terlebih dahulu sebelum meminta bantuan orang lain

5 Cara Membangun Rasa Respect Terhadap Diri Sendiri, Kunci Sukses!Ilustrasi pria dan wanita sedang bekerja (Pexels/cottonbro)

Kemandirian merupakan salah satu kunci dari keberhasilan diri. Tak banyak orang yang dapat memiliki kemandirian di dalam dirinya.

Kamu hanya perlu mencoba untuk mandiri terlebih dahulu dalam melakukan segala sesuatu. Jika merasa kesulitan, barulah kamu dapat meminta tolong pada orang lain.

2. Ketahui mimpimu sendiri

5 Cara Membangun Rasa Respect Terhadap Diri Sendiri, Kunci Sukses!Ilustrasi pria sedang berpikir (Pexels/Christina Morillo)

Orang yang paling memahamimu adalah dirimu sendiri. Kamu tak perlu melihat ke arah lain untuk menemukan mimpimu sendiri.

Sebagai sosok yang mandiri, kamu harus dapat mengetahui apa yang sebenarnya menjadi mimpimu. Apapun itu, maka respect lah dan jangan menyerah untuk mengejar hal tersebut.

3. Tak ragu keluar dari zona nyaman

5 Cara Membangun Rasa Respect Terhadap Diri Sendiri, Kunci Sukses!Ilustrasi pria melihat jam tangan (Pexels/Ono Kosuki)

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh kebanyakan orang adalah ketika harus keluar dari zona nyaman. Tak banyak orang yang dapat melakukan hal demikian.
Banyak kesulitan yang mungkin saja dapat kamu temukan selama keluar dari zona nyaman. Namun, hal yang terpenting adalah tetap optimis dalam menjalaninya.

Baca Juga: 6 Perilaku Sepele Ini Bikin Orang Hilang Respect Terhadapmu

4. Yakini kemampuan yang kamu miliki

5 Cara Membangun Rasa Respect Terhadap Diri Sendiri, Kunci Sukses!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Michael Burrows)

Optimistis adalah kunci utama dalam melakukan respect terhadap diri sendiri. Tanpa adanya optimistis, maka kamu tak akan dapat menjalani segalanya dengan mudah.
Hal yang perlu kamu lakukan adalah yakin dengan dirimu sendiri. Jangan pernah memandang dirimu sebelah mata karena itu lah cara dalam menghargai setiap usahamu.

5. Menikmati segala hal yang telah kamu pilih

5 Cara Membangun Rasa Respect Terhadap Diri Sendiri, Kunci Sukses!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Burst)

Ada banyak opsi yang hadir dalam setiap halnya. Kadang kala tak mudah dalam menentukan jawaban dari opsi-opsi tersebut. Perlu adanya pertimbangan secara matang sebelum akhirnya memilih opsi tersebut.

Apapun yang kamu pilih, hargailah hal tersebut. Jangan menyesalinya atau bahkan menyalahkan diri sendiri karena itu lah cara dalam melakukan respect terhadap dirimu sendiri.

Memang tak mudah dalam melakukan segala hal demi diri sendiri sebab ego banyak bermain dalam hal tersebut. Terpenting adalah tetap optimis dalam menjalani sesuatunya. Percaya dengan diri sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Saling Respect Bisa Menciptakan Hubungan yang Sehat

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya