Comscore Tracker

Awas Bau Apek! Ini 5 Tips Merawat Pakaian Saat Musim Hujan

Baju dijamin tetap wangi dan kering, deh

Memasuki musim penghujan memang menjadi tangangan tersendiri, khususnya dalam urusan cuci-mencuci. Bukan tidak mungkin, dampak dari musim hujan jadi membuat cucian jadi menumpuk dan lembap.

Hal ini tentu saja akan membuat aromanya jadi cenderung mudah berbau apek. Lalu, bagaimana cara agar pakaian terhindar dari aroma tak sedap selama musim hujan? Simak nih lewat artikel berikut.

1. Mencuci secara berulang

Awas Bau Apek! Ini 5 Tips Merawat Pakaian Saat Musim HujanPexels/Gratisography

Pada proses pencucian, kamu dapat melakukannya secara perlahan dan hati-hati. Bahkan, kamu secara opsional dapat memisahkan pakaian berdasarkan warnannya. Bila akan mencuci secara manual, maka kucek pakaian beberapa kali hingga benar-benar bersih. Namun, bila menggunakan mesin cuci, lakukan dengan perlahan dan bilas beberapa kali.

2. Rendam baju dengan pewangi yang tidak beraroma menyengat

Awas Bau Apek! Ini 5 Tips Merawat Pakaian Saat Musim Hujanapartmenttherapy.com

Apabila kamu akan merendam baju terlebih dahulu untuk menghindari bau apek, maka kamu dapat melakukan dalam kurun waktu sekitar 15-20 menit. Pastikan untuk merendamnya dengan menggunakan pewangi yang beraroma lembut dan berkualitas agar hasilnya lebih maksimal. Menggunakan pewangi yang terlalu menyengat justru akan membuatmu mudah bau badan saat musim hujan.

3. Atapi dan angin-anginkan jemuran

Awas Bau Apek! Ini 5 Tips Merawat Pakaian Saat Musim Hujanthespruce.com

Menjemur memang menjadi bagian yang tersulit pada saat musim hujan, namun tak berarti kamu tidak bisa melakukannya. Kamu bisa memeras hingga baju benar-benar kering atau bila menggunakan mesin cuci, maka kamu dapat mengeringkannya beberapa kali. Selanjutnya, kamu bisa memberi atas pada jemuran, jika bisa justru menambahkan lampu dapat membantu mengeringkan sambil mengangin-anginkannya.

Baca Juga: 10 Potret Anggun Marsha Aruan Saat Memakai Pakaian Adat Jawa

4. Menyetrika saat pakaian telah benar-benar kering

Awas Bau Apek! Ini 5 Tips Merawat Pakaian Saat Musim Hujanmauqa.online

Langkah selanjutnya yang biasa dilakukan tentu saja menyetrika pakaian. Namun, langkah ini cukup terhambat apabila baju masih lembap. Oleh sebab itu, pastikan baju telah benar-benar kering saat disetrika agar tidak bau apek.

Selain itu, tambahkan pewangi agar memudahkan dalam proses penyetrikaan dan sesuaikan panas setrika dengan jenis bahan pakaian.

5. Simpan di tempat yang kering dan sejuk

Awas Bau Apek! Ini 5 Tips Merawat Pakaian Saat Musim HujanPexels/Francesco Paggiaro

Sama halnya pada proses penyimpanan, kamu juga perlu memilih tempat yang sejuk dan kering. Hal ini untuk mencegah kelembapan pada pakaian yang disimpan. Selain itu, kamu secara opsional dapat menyimpannya sesuai jenis atau warna agar memudahkan dalam pengambilannya nanti saat akan digunakan.

Dengan melakukan hal-hal di atas, maka akan membantumu dalam berpenampilan rapi dan tidak beraroma apek selama musim hujan. Tetep kece, deh!

Baca Juga: 10 Potret Kece Anwar dengan Pakaian Khas Daerah, Gagah bak Pangeran!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya