Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan Pertemanan

Gengsi hanya akan menjauhkanmu dari teman-teman

Setiap orang pastinya membutuhkan teman untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Tentu saja proses setiap orang dalam memilih temannya bisa berbeda antara satu dengan lainnya.

Meski faktanya mencari teman itu sangat mudah, namun bagi sebagian orang tidak lah demikian. Salah satu hal yang menyulitkannya juga bisa disebabkan karena gengsi yang tinggi. Mereka yang memiliki gengsi tinggi akan cenderung menjadi pemilih pada saat memilih teman. Padahal, beberapa tips penting berikut ini bisa menjadi bukti bahwa kamu tak perlu adu gengsi dalam urusan pertemanan.

1. Sulit menjadi diri sendiri

5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan Pertemananilustrasi orang sedih (Pexels/Pixabay)

Mereka yang memiliki gengsi tinggi akan cenderung berusaha untuk menaikan standar dirinya, meskipun bertolak belakang dengan jati diri yang sebenarnya. Hal ini tentu saja membuatnya sulit untuk menjadi diri sendiri.

Jangan sampai keinginanmu untuk menaikan gengsi justru akan menutup dirimu yang sebenarnya. Kamu akan menjadi pribadi yang sulit berkembang jika terus seperti itu.

2. Tidak berani keluar dari zona nyaman

5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan PertemananIlustrasi pria termenung (Pexels/nappy)

Zona nyaman setiap orang memang berbeda. Kamu mungkin saja memiliki zona nyamanmu tersendiri dengan cara menaikkan gengsimu di hadapan teman-teman.

Padahal, sebagai manusia tentu saja perlu ada perubahan untuk dapat keluar dari zona nyaman. Jika terus terjebak dalam titik tersebut, maka kamu akan sulit dalam berkembang dan melihat dunia luar.

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Biasa Berbohong, Kadang karena Gengsi!

3. Selalu membutuhkan pengakuan dari orang lain

5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan PertemananIlustrasi pria berjas rapih (Unsplash/Gregory Hayes)

Mereka dengan gengsi yang tinggi akan cenderung selalu membutuhkan pengakuan dari orang lain. Hal tersebut lah yang menyebabkan kebanyakan orang akan cenderung menaikkan gengsi agar diakui oleh orang.

Padahal hal tersebut tak dapat menjaminmu untuk memperoleh rasa hormat dari teman-teman sekitar. Jadilah dirimu sendiri tanpa perlu memaksakan pengakuan apa pun.

4. Mudah merasa inferior

5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan Pertemananilustrasi orang sedih (Pexels/Andrew Neel)

Jika kamu merasa cukup percaya diri, maka gengsi tak akan ada di dalam kamusmu. Mereka yang memiliki sifat inferior lah yang justru akan selalu menaikkan gengsinya.

Kebanyakan dari mereka merasa tidak cukup percaya diri dengan lingkungan pertemanannya. Hal ini kemudian yang membuat mereka menjadi penuh gengsi untuk menutupi sifat inferioritasnya.

5. Tak dapat bertahan dalam kehidupan pertemanan yang sehat

5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan PertemananIlustrasi orang mengobrol (Unsplash/Amy Hirschi)

Pertemanan yang sehat harus melalui banyak hal yang penting terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan saling mengesampingkan ego dan gengsi semata.

Jika kamu tipikal orang yang sibuk menaikkan gengsi semata, maka kamu akan sulit untuk bertahan dalam hubungan pertemanan yang sehat. Cara tersebut hanya akan membuatmu tak dapat memperoleh teman yang berkualitas.

Tanpa gengsi, kamu tentunya tetap dapat memperoleh kehidupan pertemanan yang baik. Jangan mementingkan gengsi, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit Hidupmu

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya