Comscore Tracker

5 Tanda Orang yang Pura-pura Kaya, Jangan Begini, ya!

Mengejar status tinggi tidak perlu sampai seperti ini, ya

Semua orang tentunya memiliki harapan dan keinginan yang sama untuk dapat mapan dalam urusan finansial. Hal ini jelas menjadi sesuatu yang penting sebab akan berdampak pada kemampuan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Di balik hal tersebut, ternyata ada saja orang-orang yang justru memaksakan diri untuk tampil layaknya orang kaya. Tindakan pura-pura kaya ini jelas saja untuk memperoleh pengakuan dan status sosial semata. Namun, kamu dapat membedakannya secara jelas melalui beberapa tanda berikut ini.

1. Mudah memamerkan kekayaan di media sosial

5 Tanda Orang yang Pura-pura Kaya, Jangan Begini, ya!ilustrasi bekerja dengan pasif (unsplash.com/@muhraufan)

Hal pertama yang bisa kamu lihat adalah mengenai bagaimana caranya dalam bermedia sosial. Orang-orang yang aktif dalam media sosial akan cenderung berusaha merepresentasikan kehidupannya dalam dunia maya.

Untuk orang-orang yang berpura-pura tampil kaya, biasanya mereka tak akan ragu untuk memamerkan kekayaan di media sosial. Hal ini seakan menjadi upaya untuk memperoleh status sosial dari orang-orang.

2. Sikap konsumtif yang sudah berlebihan

5 Tanda Orang yang Pura-pura Kaya, Jangan Begini, ya!ilustrasi dana uang (unsplash.com/@jinyun)

Semua orang tentunya tahu bahwa sikap konsumtif adalah satu hal yang kurang baik dan dapat berdampak buruk pada banyak hal. Biasanya sikap konsumtif ditandai dari kebiasaan membeli barang mahal, berlibur kemana pun, atau bahkan memamerkan kendaraan.

Hal seperti ini seakan menunjukan pada dunia bahwa kamu adalah orang kaya, sehingga kamu perlu pengakuan tersebut. Padahal orang yang benar-benar kaya biasanya hanya terfokus pada hal lain tanpa memelihara kebiasaan konsumtif.

3. Tidak pernah terpikirkan pada tabungan dan investasi

5 Tanda Orang yang Pura-pura Kaya, Jangan Begini, ya!ilustrasi modal uang (unsplash.com/@s1winner)

Dua hal penting yang sangat dipegang oleh orang-orang kaya adalah tabungan dan investasi. Kamu tentu perlu mengevaluasi dirimu bila kamu tak memiliki keduanya.

Orang-orang yang berpura-pura kaya dan memiliki standar hidup tinggi biasanya tak terpikirkan pada dua hal ini. Tak heran bila memang gaya hiduplah yang seakan lebih dikejarnya.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Sering Berbohong demi Menarik Simpati, Hati-hati!

4. Tak masalah dalam menggunakan barang KW

5 Tanda Orang yang Pura-pura Kaya, Jangan Begini, ya!ilustrasi pria berpakaian rapih (unsplash.com/@austindistel)

Kamu mungkin memahami bahwa salah satu cara agar dapat menaikan gaya hidup adalah dengan menggunakan barang-barang mewah hingga branded. Tentu saja hal ini tak mudah sebab biaya yang dikeluarkan juga besar.

Sayangnya untuk orang-orang yang berpura-pura kaya justru merasa tak segan menggunakan barang KW yang bahkan tak terlalu memiliki nilai. Hal ini disebabkan karena mereka hanya mengejar pengakuan semata.

5. Selalu melebih-lebihkan jika berbicara

5 Tanda Orang yang Pura-pura Kaya, Jangan Begini, ya!ilustrasi para atasan (unsplash.com/@officestock)

Orang kaya dan orang yang berpura-pura kaya biasanya akan mudah terlihat dari bagaimana caranya dalam berbicara. Hal ini bisa kamu bedakan secara mudah, sebab terlihat dengan jelas.

Orang yang berpura-pura kaya biasanya cenderung mudah melebih-lebihkan sesuatunya bila berbicara. Jelas saja ini akan membuat mereka memiliki imej tinggi dan sombong karena hal tersebut.

Tidak ada keuntungan sama sekali untuk pura-pura kaya, apalagi bila hal tersebut diketahui oleh orang lain dan menimbulkan masalah tersendiri. Lebih baik tampil apa adanya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jangan memaksakan diri sendiri, ya!

Baca Juga: 10 Perbedaan Cara Pandang Orang Kaya dan Orang yang Pura-pura Kaya

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya