Comscore Tracker

5 Tips Ampuh dan Elegan Menghadapi Orang yang Gila Hormat

Cuekin atau turutin?

Gila hormat merupakan suatu istilah yang merujuk pada sifat seseorang yang selalu ingin dihormati dan dihargai karena pangkat, jabatan, dan harta yang dimilikinya. Sayangnya, tak ada orang yang menyukai sifat demikian.

Pada kenyataannya, orang dengan sifat gila hormat justru hanya akan melihat orang lain sebelah mata. Lalu, bagaimana cara elegan menghadapi orang dengan sifat demikian? Begini caranya.

1. Lakukan pendekat secara personal

5 Tips Ampuh dan Elegan Menghadapi Orang yang Gila HormatUnsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Mungkin kamu sering mendengar dari orang lain bahwa temanmu atau orang di sekitarmu termasuk dalam kategori gila hormat. Namun, jangan mudah menyimpulkan sendiri.

Sebaiknya, coba cari tahu dengan melakukan pendekatan secara personal terlebih dahulu. Dengan mengenalnya secara dekat, maka kamu dapat menyimpulkan wataknya sendiri.

2. Jaga lisan

5 Tips Ampuh dan Elegan Menghadapi Orang yang Gila HormatUnsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Memiliki urusan atau masalah dengan orang yang gila hormat memang sangat menyebalkan. Alih-alih mencari perkara, sebaiknya mulailah dengan menjaga lisan terlebih dahulu. Sebaiknya tidak memulai obrolan yang nantinya justru akan berujung pada pertikaian.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Agresif, Biar Gak Makan Ati!

3. Tetap tenang

5 Tips Ampuh dan Elegan Menghadapi Orang yang Gila HormatUnsplash.com/Austin Distel

Mereka yang gila hormat biasanya tak suka dengan segala hal yang seakan mampu membuat harga dirinya jatuh. Bila kamu terjebak dalam situasi di mana perlu menunjukkan hormat padanya, maka tetaplah bersikap tenang. Jangan menunjukkan gelagat temperamental yang justru akan memperkeruh suasana.

4. Tunjukan karakter tegas dan kuat dalam diri sendiri

5 Tips Ampuh dan Elegan Menghadapi Orang yang Gila HormatUnsplash.com/Ethan Sykes

Orang dengan tipikal gila hormat biasanya akan cenderung senang melihat orang lain tampak lemah atau tak lebih kuat darinya. Oleh sebab itu, buatlah kesan dengan menunjukan karakter yang tegas dan kuat. Dengan cara demikian, maka kamu telah secara otomatis membuat pagar pembatas agar tak mudah dipandang sebelah mata.

5. Tak perlu berurusan bila tak terlalu penting

5 Tips Ampuh dan Elegan Menghadapi Orang yang Gila HormatPexels.com/Ketut Subiyanto

Berurusan dengan orang yang gila hormat hanya banyak membuang waktu saja. Alih-alih demikian, sebaiknya kamu hindari memiliki urusan dengannya. Apabila memang bukan hal yang penting, maka sebaiknya tak perlu memiliki obrolan basa-basi dengannya.

 

Memang, tipikal orang yang gila hormat perlu dihadapi dengan cara berani, namun tetap elegan agar tak memicu pertengkaran yang sia-sia. Kamu setuju?

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghadapi Teman yang Kompetitif, biar Persahabatan Awet

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya