Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Konflik di Tempat Perantauan, Jangan Sampai Terjadi

Dengan tips ini, hidup di tempat perantauan pun jadi terasa lebih aman

Memutuskan untuk tinggal di tempat perantauan memang bukanlah hal yang mudah.

Berada di suatu tempat yang jauh dari tempat asal dan keluarga tentu membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi. Kadang kala justru banyak orang yang tidak dapat beradaptasi dengan baik di tempat perantauan, sehingga riskan terlibat konflik.

Untuk menghindari adanya konflik di tempat perantauan, maka kamu dapat mencoba beberapa tips penting berikut ini.

1. Mengenal adat istiadat daerah setempat

5 Tips Mengatasi Konflik di Tempat Perantauan, Jangan Sampai TerjadiIlustrasi orang-orang mengobrol (Pexels/Askar Abayev)

Sebelum pindah ke tempat perantauan, ada baiknya untukmu mempelajari tempat tinggal barumu nanti. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, dari mulai adat istiadat hingga bahasanya.

Kamu tentu tidak akan merasa nyaman bila tidak berusaha mengenal lebih dekat. Nantinya kamu dapat menyesuaikan diri selama tinggal di sana.

2. Bertutur kata yang baik

5 Tips Mengatasi Konflik di Tempat Perantauan, Jangan Sampai TerjadiIlustrasi tiga teman mengobrol (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Kamu tentunya memahami bahwa salah satu sikap yang harus dilakukan di tempat baru adalah dengan bertutur kata yang baik. Hal ini tentunya berlaku jika harus menyapa orang-orang lokal di sana.

Melalui tutur kata yang baik, maka nantinya kamu juga dapat memperoleh imej yang baik pula. Kamu pun jadi mudah untuk akrab dengan para warga lokal di sana.

Baca Juga: 5 Risikonya jika Pergi Merantau Tanpa Kesiapan Diri dan Mental

3. Menjaga sikap sebaik mungkin

5 Tips Mengatasi Konflik di Tempat Perantauan, Jangan Sampai TerjadiIlustrasi orang-orang sedang piknik (Pexels/Elina Fairytale)

Tidak hanya berkaitan dengan tutur kata saja, namun menjaga sikap dan tingkah laku menjadi hal utama yang harus dilakukan. Cara ini akan menunjukan citra dirimu dengan baik di depan orang lain.

Kamu harus mampu untuk menjaga sikap dengan tidak melakukan hal yang di luar batas. Saling menghargai dan menghormati satu sama lain nantinya akan membuatmu mudah untuk lebih dekat dengan warga lokal yang ada di sana.

4. Mudah berbaur dengan warga sekitar

5 Tips Mengatasi Konflik di Tempat Perantauan, Jangan Sampai TerjadiIlustrasi orang-orang mengobrol (Pexels/Askar Abayev)

Kamu mungkin akan merasa sulit beradaptasi pada awalnya. Kadang kala hal ini semakin dipersulit bila karakter dari warga lokal tersebut justru tidak membuatmu nyaman.
Tentunya bersikap arogan dan cuek bukan ah solusi terbaik untuk hal semacam ini. Kamu perlu beradaptasi dengan baik untuk dapat dekat dengan warga lokal.

Tanpa merasa akrab dengan warga lokal, maka kamu akan kesulitan untuk hidup dengan nyaman di perantauan. Hal ini disebabkan karena manusia sejatinya merupakan makhluk sosial.

5. Ikut berperan aktif dalam menjaga kedamaian dan keamanan lingkungan

5 Tips Mengatasi Konflik di Tempat Perantauan, Jangan Sampai TerjadiIlustrasi orang-orang mengobrol (Pexels/Andrea Piacquadio)

Pada saat kamu memutuskan untuk pindah ke perantauan, maka saat itu lah kamu sudah menjadi bagian dari warga di sana. Tentunya warga yang baik akan memiliki kewajiban yang sama dengan warga lainnya.

Salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah dengan turut serta menjaga keamanan dan kedamaian dari lingkungan di sekitar. Hal ini akan membuatmu dan warga lainnya tetap merasa nyaman.

Semua hal di atas tentunya bisa kamu lakukan untuk menghindari diri dari konflik yang mungkin terjadi di perantauan. Menjaga tata krama dan cara berbicara adalah kunci dari semua hal tersebut. Jangan cuek atau pun bersikap kasar, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mencari Hunian untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Merantau

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya