Comscore Tracker

5 Tips Menyeimbangkan Urusan Karier dan Percintaan, Harus Bisa!

Jangan sampai salah satunya terlalu mendominasi, ya

Memiliki karier yang mulus tentunya menjadi harapan bagi hampir semua orang. Hal ini tentu sejalan dengan harapan yang berkaitan dengan percintaan. Kedua hal tersebut tentunya tidak akan luput dari kehidupan manusia sebagai makhluk yang memerlukan pekerjaan dan cinta.

Namun, kadang kala tidak mudah dalam menyeimbangkan antara karier dengan percintaan secara bersamaan. Untuk membuat hal itu menjadi lebih mudah, maka kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Selalu membuat prioritas

5 Tips Menyeimbangkan Urusan Karier dan Percintaan, Harus Bisa!Ilustrasi skala prioritas (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyusun prioritas sebaik mungkin. Tentunya hal ini berkaitan dengan apa yang menurutmu paling penting untuk didahulukan.

Jangan sampai justru kamu tidak tahu apa yang menjadi prioritasmu. Hal tersebut justru akan membuatmu kesulitan dalam menyeimbangkan keduanya, sehingga mudah berat sebelah.

2. Memahami batasannya

5 Tips Menyeimbangkan Urusan Karier dan Percintaan, Harus Bisa!Ilustrasi pusing dalam bekerja (Unsplash/Tim Gouw)

Kamu mungkin memiliki sikap yang positif dalam hal pekerjaan dan percintaan, namun hal tersebut tidak bisa selamanya seperti itu. Selalu saja ada batasan dalam setiap hal yang dilakukan.

Fungsi utama dari batasan yang ada tentunya untuk membantumu agar tidak terlalu memaksakan diri. Dengan mengetahui batasan, maka kamu tetap dapat menyeimbangkan antara kedua hal tersebut.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini jika Diminta Memilih Antara Cinta dan Karier, Ingat!

3. Mengetahui saat sudah terlalu melampaui salah satunya

5 Tips Menyeimbangkan Urusan Karier dan Percintaan, Harus Bisa!Ilustrasi pusing dalam bekerja (Unsplash/Wes Hicks)

Untuk kamu yang sedang menjalin suatu hubungan, pastinya tidak mudah jika harus sekaligus sibuk dalam pekerjaan. Hal ini membuat semuanya terasa sulit untuk dijalani.

Jika kamu merasa salah satunya sudah terlalu mendominasi hidupmu, maka sebaiknya ketahui kapan harus berhenti sejenak. Kamu mungkin saja sudah melampaui batasannya, sehingga sulit menyeimbangkan keduanya dengan baik.

4. Manajemen waktu dengan baik

5 Tips Menyeimbangkan Urusan Karier dan Percintaan, Harus Bisa!Ilustrasi wanita sedang bekerja (Pexels/Verschoren Maurits)

Sibuk dalam pekerjaan tentunya kadang kala menjadi masalah tersendiri jika sudah memiliki hubungan yang serius. Hal ini bahkan bisa menyebabkan konflik antara dirimu dengan pasangan.

Kamu dapat mencoba beberapa hal penting untuk mensiasati persoalan tersebut dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan manajemen waktu sebaik mungkin.

5. Membuat keduanya tetap terhubung

5 Tips Menyeimbangkan Urusan Karier dan Percintaan, Harus Bisa!Ilustrasi pasangan sedang kencan (Unsplash/Mark Rivera)

Melakukan kedua hal secara seimbang memang bukan hal yang mudah untuk dijalani. Kadang kala kamu perlu banyak bersabar untuk menjalaninya, dengan beragam tantangan tersendiri.

Coba lah untuk membuat koneksi antara pekerjaan dan percintaanmu agar nantinya dapat terhubung dengan baik. Kamu pun jadi tidak akan merasa berat sebelah dalam bersikap.

Tentunya tidak mudah dalam membuat pekerjaan dan percintaanmu menjadi seimbang. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan keduanya dengan baik, ya. Jangan sampai berat sebelah, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut saat Baru Meniti Karier, Harus Yakin!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya