Comscore Tracker

5 Tips Seimbangkan Urusan Kerja dan Gaya Hidup, Harus Bisa!

Kedunya gak boleh berat sebelah, lho

Memperoleh pekerjaan yang layak tentu jadi harapan bagi kebanyakan orang. Pekerjaan yang dimiliki itu nantinya dapat menunjang gaya hidup yang diperlukan.

Gaya hidup pun tentu akan berbeda-beda. Sebab, ada yang gaya hidupnya sederhana, namun ada pula yang justru dipenuhi kemewahan.

Semua hal tersebut tentunya tidak boleh berat sebelah. Untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan gaya hidup, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Membagi waktu dengan bijak

5 Tips Seimbangkan Urusan Kerja dan Gaya Hidup, Harus Bisa!Ilustrasi durasi bekerja (Pexels/Ono Kosuki)

Waktu merupakan aspek terpenting yang dimiliki oleh semua pekerja. Pentingnya mengatur waktu menunjukkan keberhasilanmu dalam bekerja.

Kalau kamu tidak mampu membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, maka hal ini akan menyulitkan dirimu. Oleh sebab itu, berusaha dalam membagi waktu secara bijak itu perlu agar tidak sampai ada yang berat sebelah.

2. Mengetahui batasan diri

5 Tips Seimbangkan Urusan Kerja dan Gaya Hidup, Harus Bisa!Ilustrasi pusing dalam bekerja (Unsplash/Tim Gouw)

Setiap orang memiliki batasan-batasan diri yang menjadi pembatas. Batasan dalam bekerja membantumu tidak berlebihan dalam memforsir tubuh. Sementara, batasan dalam gaya hidup membuatmu tidak berlebihan dalam mengikuti ego dan keinginan.

Kamu harus mengetahui di mana batasan dirimu. Dengan mengetahuinya, kamu akan terus berusaha untuk tidak sampai melewatkan batasan tersebut.

3. Menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama

5 Tips Seimbangkan Urusan Kerja dan Gaya Hidup, Harus Bisa!Ilustrasi seorang pengusaha (Pexels/Minervastudio)

Apa pun pekerjaan dan gaya hidupmu, kesehatan merupakan aspek paling utama. Kamu tidak akan dapat melakukan pekerjaan dan gaya hidup yang baik jika kesehatanmu tidak dapat menunjang hal tersebut.

Jangan sampai justru kamu mendahulukan pekerjaan dan gaya hidup di atas kesehatan. Hal ini akan menyulitkanmu dalam membagi keduanya dengan baik.

Baca Juga: Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigai

4. Punya komitmen kuat, sehingga gak mudah terpengaruh

5 Tips Seimbangkan Urusan Kerja dan Gaya Hidup, Harus Bisa!Ilustrasi masalah dalam pekerjaan (Pexels/energepic.com)

Komitmen jadi aspek terpenting selanjutnya yang harus dimiliki oleh setiap orang. Melalui komitmen, kamu dapat mengetahui cara dalam bersikap, entah dalam pekerjaan atau pun mengenai gaya hidup.

Jangan sampai kamu tidak memiliki komitmen kuat dalam bekerja atau pun kehidupan pribadi. Hal ini akan membuatmu mudah terpengaruh oleh orang lain ke arah yang tidak baik, lho.

5. Selalu mendekatkan diri pada Pencipta

5 Tips Seimbangkan Urusan Kerja dan Gaya Hidup, Harus Bisa!Ilustrasi membaca Al-Qur'an (Pexels/RODNAE Productions)

Sebagai manusia yang berakhlak, mendekati diri kepada Pencipta dapat menjadi cara terbaik untuk dapat menjalani kehidupan. Hal ini disebabkan ada banyak hal positif di dalamnya.

Melalui cara mendekatkan diri pada Pencipta, kamu mampu bersyukur dengan cara yang lebih baik. Selain itu, kamu juga dapat mengubah gaya hidup dengan lebih simpati pada orang yang membutuhkan.

Dengan pekerjaan dan gaya hidup yang seimbang, kamu bisa menjalani keseharian dengan lebih baik dan nyaman. Pastikan keduanya tak ada yang berat sebelah, ya.

Baca Juga: 5 Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Cepat, Kamu Harus Coba, nih!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya