Comscore Tracker

Begini 5 Cara Menciptakan Kegiatan Produktif di Tengah Rutinitas

#PanjatPoin Semuanya jadi terasa lebih bermanfaat lho

Setiap orang tentu saja memiliki kegiatan serta rutinitasnya masing-masing, hal ini tentu saja akan mempengaruhi jadwal sehari-harinya. Selain itu, di balik kesibukan dari aktivitas sehari-hari tentulah terkadang kita memiliki waktu luang entah itu dapat dihitung menit atau bahkan per-jam nya. Di balik waktu luang tersebut kadang kita lupa untuk menggunakannya sebaik mungkin dan justru melakukan hal yang tidak penting.

Untuk kamu yang tidak ingin waktu berharganya terbuang sia-sia, begini cara memanfaatkan waktu semaksimal mungkin agar jauh lebih produktif.

1. Bacalah buku di waktu luang

Begini 5 Cara Menciptakan Kegiatan Produktif di Tengah RutinitasUnsplash/ Lilly Rum

Mungkin diantara kamu ada yang menyukai karya literatur? Tentu hasil karya-karya dengan berbagai genre ini dapat kamu nikmati melalui buku-buku. Dari mulai fiksi hingga sains, kamu dapat menikmati waktu luangmu yang berharga dengan membaca dan memahami setiap isi dari apa yang kamu baca.

2. Berdiskusi dengan teman atau orang terdekat

Begini 5 Cara Menciptakan Kegiatan Produktif di Tengah RutinitasUnsplash/Matthew Henry

Waktu luangmu mungkin saja pernah kamu gunakan untuk mengobrol bersama dengan kawan atau orang terdekat, namun apakah isi obrolanmu sudah cukup bermanfaat? Belum tentu, oleh sebab itu berdiskusi tentang suatu hal yang sedang populer atau sekedar hanya membahas menganai pekerjaan dan pembelajaran tentu saja tidak masalah.

3. Buatlah rangkuman

Begini 5 Cara Menciptakan Kegiatan Produktif di Tengah RutinitasUnsplash/Green Chameleon

Jika kamu seorang pelajar, tentu saja waktu luangmu tidak boleh terlewat begitu saja ya. Kamu dapat menggunakan waktu sebaik mungkin dengan cara membuat rangkuman dari hasil belajarmu agar nantinya dapat kamu pelajari sendiri. Selain itu, rangkuman tersebut juga dapat berfungsi sebagai media untuk mengetas kemampuanmu.

Baca Juga: Waspada! Hindari 6 Hal Ini Kalau Ingin Pagimu Produktif

4. Bekerja part-time job yang ringan dan fleksibel

Begini 5 Cara Menciptakan Kegiatan Produktif di Tengah RutinitasUnsplash/Avel Chuklanov

Untuk para pelajar ataupun orang dewasa yang memiliki waktu lebih, tidak ada salahnya mencari pekerjaan selingan atau part-time job yang ringan untuk mengisi waktu luangnya. Pekerjaan selingan yang ringan ini dapat berupa seperti penulis lepas, penulis artikel, editor, atau lainnya yang dapat kamu lakukan secara fleksibel.

5. Olahraga ringan untuk mendukung aktivitasmu

Begini 5 Cara Menciptakan Kegiatan Produktif di Tengah RutinitasUnsplash/Bruno Nascimento

Selain hanya fokus pada pekerjaan semata, kamu juga harus produktif dan aktif dalam kebugaran fisikmu lho. Jangan sampai justru kamu melupakan olahraga di tengah padatnya aktivitasmu sehari-hari. Selain itu, tentu saja kamu dapat melakukan olahraga yang santai dan ringan tanpa perlu beban.

Nah, 5 hal di atas dapat kamu lakukan untuk menciptakan aktivitas produktif agar waktu luang serta rutinitasmu dapat terlaksana dengan sebaik mungkin. Apakah kamu sering melakukan seperti hal di atas?

Baca Juga: ‘Ngaret’ Jadi Budaya Tak Produktif, Grab Punya Solusinya Nih

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya