Comscore Tracker

5 Tips Cerdas untuk Menghadapi Orang yang Bossy Banget, Catet Ya!

Pasti yang begini kan nyebelin

Saat kita tinggal di lingkungan sosial, dimana kita dapat menemukan berbagai macam orang dengan karakteristik dan sifat yang berbeda, hal ini lah yang terkadang melatar belakangi permasalahan di lingkungan sekitar.

Salah satu tipikal orang yang sering kamu temui adalah orang dengan sifat bossy. Orang dengan tipe ini cenderung lebih memiliki karakteristik yang ingin memimpin dan tidak ingin dipimpin. Dampak negatifnya adalah mereka jadi lebih suka menyuruh orang lain di bawah perintahnya yang terkadang justru dengan alasan yang tidak masuk akal. Inilah yang menjadikan orang dengan tipe semacam itu menjadi momok menyebalkan bagi kita.

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara atau tips untuk menghadapi orang dengan sifat bossy, simak yuk tips berikut!

1. Perlakukanlah ia sebagai rekan bukan atasan

5 Tips Cerdas untuk Menghadapi Orang yang Bossy Banget, Catet Ya!Pexels/rawpixel.com

Dalam poin ini adalah jika seseorang yang bossy tersebut merupakan rekan mu, bukan atasan mu maka perlakukanlah ia sebagai mana posisi nya. Jika kamu menuruti segala perintahnya yang terkadang justru membuatmu kewalahan menangani tugas primermu dipekerjaan, maka sebaiknya kamu harus belajar untuk menolak dan mulai memperlakukannya layaknya rekan biasa.

2. Jangan emosi

5 Tips Cerdas untuk Menghadapi Orang yang Bossy Banget, Catet Ya!Pexels/Tim Gouw

Terkadang kita akan kepalang emosi saat sering diperlakukan seperti itu. Namun justru jika kita mengeluarkan isi hati dengan perkataan yang kurang baik di hadapannya, sudah tentu justru ia akan memandangmu sebelah mata dan pastinya hal tersebut tidak akan menyelesaikan permasalahan sama sekali. Jika memang masih bisa dikerjakan, mungkin kamu dapat mengajaknya untuk mengerjakan hal tersebut bersama.

Baca Juga: 7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!

3. Tunjukan kemandirian

5 Tips Cerdas untuk Menghadapi Orang yang Bossy Banget, Catet Ya!Pexels/Pixabay

Orang dengan sifat bossy cenderung dependent dengan selalu mengandalkan orang lain di bawah perintahnya. hal ini tentu saja akan membuat permasalahan apabila orang tersebut tidak terima diperlakukan sedemikian rupa.

Maka cara terbaik menghadapi hal tersebut adalah dengan cara menunjukkan kemandirian di hadapannya agar ia paham bahwa mengerjakan sendiri itu lebih baik daripada menyuruh-nyuruh orang.

4. Ajaklah berdiskusi dan mulai bagi tugas

5 Tips Cerdas untuk Menghadapi Orang yang Bossy Banget, Catet Ya!Pexels/rawpixel.com

Jika kalian memiliki sebuah proyek bersama orang dengan sifat bossy, pastikan kalian sudah mendiskusikan hal tersebut sedemikian rupa termasuk ke dalam pembagian tugas. Hal ini dirasa cukup penting karena kalian harus mengenal bagian tugas yang harus dikerjakan sendiri ataupun tugas milik orang lain. Jangan sampai tugas yang sudah dibagi malah dicampur adukan begitu saja.

5. Tegurlah jika memang sudah keterlaluan

5 Tips Cerdas untuk Menghadapi Orang yang Bossy Banget, Catet Ya!Pexels/Jopwell x PGA

Mungkin memang batasan di atas terkadang cukup menguras kesabaran. Namun jika ia tetap melakukan hal seperti itu yang membuat emosi makin tersulut, maka jangan ragu untuk menegurnya agar ia paham dimana letak kesalahannya.

Perlu diperhatikan bahwa cara menegur yang baik adalah dengan bertatap langsung, bukan di muka umum. Jangan gunakan kata kasar dan tetap bersikap bijaksana.

Nah, 5 tips dan cara di atas dapat kamu coba saat menghadapi orang dengan tipikal yang bossy. Jangan sampai hal tersebut justru akan merusak hubungan antar pertemanan satu sama lain. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Elegan Ini untuk Hadapi Temanmu yang Suka Copycat!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You