Comscore Tracker

5 Cara Wajib Membatasi Diri dari Pergaulan Bebas, Remaja Wajib Tahu!

Jangan sampai menyesal kemudian

Masa remaja memang dapat dikatakan sebagai masa peralihan atau masa di mana sedang dalam tahap mencari jati diri yang sebenarnya serta selalu merasa penasaran terhadap segala sesuatu.

Hal inilah yang membuat para remaja sering kali sangat mudah terjerat dalam pergaulan bebas yang berdampak pada hancurnya masa depan, tentu hal ini tidak ingin dialami semua orang kan?

Untuk kamu para remaja, begini 5 cara memproteksi diri dari pergaulan bebas yang dapat mengancam masa depanmu. Berikut ulasannya!

1. Bangunlah hubungan baik dengan orangtua

5 Cara Wajib Membatasi Diri dari Pergaulan Bebas, Remaja Wajib Tahu!Unsplash/Anna Vander Stel

Banyak sekali aspek yang menyebabkan remaja terjerumus pada pergaulan bebas, salah satunya adalah kurang komunikasi serta kurangnya kedekatan dengan orangtua.

Hal inilah yang harus disiasati, yaitu dengan cara membangun hubungan serta komunikasi yang baik dengan orangtua sehingga dapat memproteksi anak dari pergaulan yang tidak semestinya.

2. Kuatkan nilai agama dan moral pada diri

5 Cara Wajib Membatasi Diri dari Pergaulan Bebas, Remaja Wajib Tahu!mommiesdaily.com

Sekeras apa pun orangtua mencoba memproteksi anak-anak mereka dari bahaya pergaulan bebas, namun tetap saja harus ada kesadaran diri terhadap hal tersebut. Remaja saat ini harus terus menguatkan diri mereka dengan nilai agama serta moral yang ada sehingga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan melalui pergaulan bebas di lingkungan sosial.

Baca Juga: 6 Alasan Orang Ceria Lebih Mudah Diterima dalam Pergaulan

3. Mengikuti berbagai kegiatan yang positif

5 Cara Wajib Membatasi Diri dari Pergaulan Bebas, Remaja Wajib Tahu!Unsplash/Daria Tumanova

Salah satu cara yang terbaik dalam menghindari pergaulan bebas adalah dengan cara aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan yang bersifat positif baik di sekolah atau kampus maupun di lingkungan rumah.

Melalui kegiatan positif tersebut, maka kita akan memiliki waktu yang berharga untuk melakukan hal yang bermanfaat pula serta dapat menghindari hal-hal yang bersifat negatif.

4. Selektif dalam berteman

5 Cara Wajib Membatasi Diri dari Pergaulan Bebas, Remaja Wajib Tahu!Unsplash/Eliott Reyna

Kata siapa kita tidak boleh memilih teman? Tentunya hal ini diperbolehkan jika dalam batasan normal dan positif. Menjadi lebih selektif dalam berteman dapat membuat kita menjadi lebih hati-hati dalam memilih teman dan membantu kita juga dalam menghindari pergaulan bebas serta tidak baik. Selama hal itu positif, menjadi lebih selektif dalam berteman tentu tidak masalah.

5. Batasi penggunaan media sosial

5 Cara Wajib Membatasi Diri dari Pergaulan Bebas, Remaja Wajib Tahu!Unsplash/Roman Purtov

Anak remaja masa kini memang seakan dituntut untuk mampu menguasai teknologi, namun tentu saja selalu ada dampak buruk yang dihasilkan dari kecanggihan teknologi. Hal inilah yang mau tidak mau harus membuat para remaja lebih selektif dan hati-hati lagi dalam menggunakan media sosial. Lebih baik membatasi penggunaannya apalagi untuk sesuatu yang dirasa tidak terlalu penting.

Nah, 5 cara di atas dapat kalian lakukan guna memproteksi diri dari pergaulan bebas yang berbahaya bagi masa depan kita. Setujukah?

Baca Juga: Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You