Comscore Tracker

5 Kunci Rahasia Anak Berprestasi di Sekolah, Patut Diapresiasi!

Tidak mudah untuk anak dapat mencapai prestasi akademik

Ada beberapa kunci rahasia anak berprestasi di sekolah yang patut diapresiasi. Setiap orangtua tentu ingin anak-anaknya mampu memperoleh prestasi yang maksimal di sekolah. Hal ini sudah pasti membutuhkan proses yang panjang.

Meski begitu, ada banyak anak yang bisa menunjukkan prestasi maksimal di sekolahnya. Ingin anak berprestasi di sekolah? Simak lima kunci rahasia anak berprestasi di sekolah yang patut diapresiasi!

1. Memiliki target sejak awal

5 Kunci Rahasia Anak Berprestasi di Sekolah, Patut Diapresiasi!ilustrasi pembelajaran digital (unsplash.com/@thomascpark)

Hal pertama yang mereka miliki adalah target sejak awal belajar. Target ini dimaksudkan pada pencapaian yang memang ingin dicapai pada akhir pembelajaran, entah itu berkaitan dengan nilai atau pun ranking.

Dengan memiliki target sejak awal, maka anak jadi memahami apa yang akan ditujunya. Hal ini sekaligus membuat mereka memiliki strategi tersendiri untuk dapat berprestasi dalam belajar.

2. Memiliki motivasi dan semangat kuat

5 Kunci Rahasia Anak Berprestasi di Sekolah, Patut Diapresiasi!ilustrasi belajar (pexels.com/@olly)

Motivasi adalah salah satu faktor yang bisa menentukan kesuksesan dalam belajar pada anak. Nyatanya, tidak mudah untuk dapat menanamkan motivasi yang kuat, apalagi pada usia anak yang masih kecil.

Padahal, suntikan motivasi ternyata dapat meningkatkan semangat belajar pada anak. Biasanya, para orangtua akan memiliki cara mereka tersendiri dalam menanamkan motivasi sehingga anak pun mau untuk belajar.

Baca Juga: 5 Skill yang Membuktikan Emak-emak Itu Hebat, Patut Diapresiasi

3. Terbiasa dengan manajemen waktu yang baik

5 Kunci Rahasia Anak Berprestasi di Sekolah, Patut Diapresiasi!ilustrasi membagi waktu (unsplash.com/@lukechesser)

Dalam dunia pendidikan atau pekerjaan, manajemen waktu merupakan satu hal yang tak kalah penting. Banyak anak yang kesulitan mencapai prestasi, sebab manajemen waktunya yang masih berantakan.

Jika anak sudah terbiasa dengan manajemen waktu yang baik, maka segala sesuatunya mampu terselesaikan dengan baik. Urusan belajar, bermain, hingga hiburan bagi anak pun jadi seimbang.

4. Punya keinginan kuat untuk terus belajar

5 Kunci Rahasia Anak Berprestasi di Sekolah, Patut Diapresiasi!ilustrasi anak belajar (unsplash.com/@jessicalewiscreative)

Tidak ada proses yang instan untuk dapat memperoleh banyak pencapaian dan prestasi dalam belajar. Nyatanya, hal ini membutuhkan banyak usaha, termasuk keinginan anak untuk dapat terus belajar.

Jika anak sudah berkeinginan kuat dalam mempelajari materi belajarnya, hal ini akan memuluskan prosesnya untuk terus berprestasi. Dengan demikian, anak pun dapat memiliki pencapaian yang baik di sekolah.

5. Memiliki pemikiran yang kritis

5 Kunci Rahasia Anak Berprestasi di Sekolah, Patut Diapresiasi!ilustrasi anak berpikir (pexels.com/@olia_danilevich)

Ada satu hal yang dapat menjadi ciri atau tanda bagi anak-anak yang cerdas, yaitu pola pikir kritis. Tidak semua anak memiliki pola pikir kritis, apalagi mengenai pembelajaran yang dilakukannya di sekolah.

Hal ini sebetulnya bisa saja diajarkan pada anak sejak kecil, sehingga mereka terbiasa dalam berpikir dengan cara seperti itu. Sekaligus cara ini akan membuat anak mampu mengasah rasa ingin tahunya yang tinggi.

Kunci keberhasilan pendidikan pada anak tentu juga terletak pada peran orangtua. Jika mampu menyeimbangkan segalanya dengan baik, maka anak dapat mencapai prestasinya secara maksimal di sekolah. Jangan ragu untuk menanamkan motivasi baik, ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Rendah Diri, Pencapaiannya Gak Pernah Diapresiasi!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya