Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Manfaat Esensial dari Komitmen Lingkungan

Jangan tunda waktu untuk melakukan komitmen lingkungan

Isu yang berkaitan dengan iklim dan lingkungan memang menjadi sesuatu yang sering digaungkan oleh kebanyakan orang. Hal ini memang karena banyaknya kasus yang berkaitan dengan perubahan iklim hingga penebangan liar yang kemudian mengubah dunia menjadi lebih berbeda. Semestinya alasan tersebut dapat sedikit banyak menggugah hati orang-orang untuk memulai hidup yang lebih baik lagi dengan komitmen lingkungan. 

Komitmen lingkungan yang perlu diterapkan tentunya dapat dimulai dari hal kecil terlebih dahulu, dimulai dari penggunaan barang-barang reusable hingga menggunakan bahan-bahan yang bersifat recycle atau dapat didaur ulang kembali. Kebiasaan ini perlu diterapkan tak hanya untuk orang dewasa, namun juga membiasakan anak-anak sejak kecil. 

Dampak yang ditimbulkan dari sifat apatis terhadap lingkungan nantinya justru dapat mendatangkan hal yang tidak diharapkan. Namun, bila kamu dapat memulai komitmen lingkungan sesegera mungkin, maka dampak negatif dari beragam perubahan iklim, penggundulan hutan, hingga polusi udara dapat kamu atasi dengan mudah secara bersama-sama. Dengan menerapkan beberapa cara untuk melakukan komitmen lingkungan, maka kamu dan orang-orang di sekitar dapat memperoleh manfaat esensial seperti yang berikut ini.

1. Udara jadi lebih bersih dan sehat

#GreenBeauty 5 Manfaat Esensial dari Komitmen Lingkunganilustrasi udara bersih (Unsplash/Jake Melara)

Udara merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh semua manusia. Kehidupan akan berjalan dengan baik jika udara yang dihirup memiliki kualitas baik dan sehat. Namun, hal ini bisa berbalik 360 derajat bila udara yang tersedia justru tercemari oleh polusi sehingga banyak memberikan dampak negatif. Dampak ini yang kemudian akan banyak memengaruhi segala aspek kehidupan manusia, khususnya pada kesehatan yang dimiliki.

Melakukan gerak cepat pada komitmen lingkungan akan membantumu untuk memberikan dampak positif terhadap kesehatan udara yang akan dihirup bersama.

2. Mengurangi penggunaan energi berlebih

#GreenBeauty 5 Manfaat Esensial dari Komitmen Lingkunganilustrasi sumber daya non hayati (Unsplash/Egor Myznik)

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar istilah sumber daya hayati dan non hayati. Kamu mungkin dapat memanfaatkan sumber daya alam hayati secara konsisten, namun tidak demikian dengan sumber daya non hayati yang bersifat tidak bisa diperbaharukan. Penggunaan energi berlebih dari hal ini dapat memberikan dampak negatif yang dihasilkan dari cara tersebut.

 Memulai langkah untuk berkomitmen pada lingkungan akan membantu mengurangi penggunaan energi secara berlebih sehingga kamu dapat menjaga lingkungan dengan baik tanpa perlu khawatir. Kamu hanya perlu #OneMoreStep untuk membuat lingkungan menjadi lebih sehat tanpa penggunaan energi berlebih.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Menuju Millennial Minimalis, Mudah Dilakukan!

3. Manfaat ekonomi dari penggunaan barang reusable

#GreenBeauty 5 Manfaat Esensial dari Komitmen Lingkunganilustrasi menghemat uang (Unsplash/Micheile Henderson)

Salah satu langkah yang sudah mulai digaungkan untuk berkomitmen pada lingkungan adalah dengan berhenti menggunakan barang-barang yang bersifat sekali pakai seperti plastik. Penggunaan barang seperti ini dapat diganti dengan barang-barang reusable untuk segala keperluan, seperti kantung, tas, sedotan, botol minum, dan masih banyak lagi.

Selain bertujuan untuk menjaga lingkungan dari dampak negatif yang mungkin dapat terjadi di masa depan, namun kebiasaan ini dapat memengaruhi banyak orang secara ekonomi. Penggunaan barang reusable yang dapat digunakan berulang tentu dapat menjadi cara untuk berhemat sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lebih lagi. Tentunya ini seperti manfaat kombo yang dapat diperoleh dari melakukan komitmen lingkungan sesegera mungkin.

4. Dampak positif bagi kesehatan tubuh untuk jangka panjang

#GreenBeauty 5 Manfaat Esensial dari Komitmen Lingkunganilustrasi tubuh sehat (Unsplash/Jenny Hill)

Berbicara mengenai kesehatan untuk jangka waktu yang panjang tak hanya sebatas tentang makanan sehat dan olahraga saja. Lebih dari itu, lingkungan juga turut mengambil andil dari dampak kesehatan yang ditimbulkan.

Lingkungan yang sehat akan mampu menurunkan kadar stres sehingga dapat memberikan efek kesehatan yang jauh lebih baik. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan lingkungan yang penuh polusi dan pencemaran yang buruk. Oleh sebab itu, komitmen lingkungan dapat memberikan dampak yang signifikan secara kesehatan untuk jangka waktu yang panjang.

5. Dampak perubahan pada komunitas yang dijalankan

#GreenBeauty 5 Manfaat Esensial dari Komitmen Lingkunganilustrasi menanam tumbuhan (Unsplash/Stefan C. Asafti)

Jika kamu merasa sulit untuk memulai langkah perunahan pada komitmen lingkungan, maka kamu dapat bersama-sama melakukannya bersama dengan komunitas yang dijalankan. Perubahan yang dilakukan satu persatu nantinya akan memberikan dampak positif pada komunitas yang ada. Salah satunya adalah dengan mengkampanyekan Garnier Green Beauty yang turut berpartisipasi dalam kepedulian mengenai komitmen lingkungan dan perubahan iklim yang terjadi. Selain itu, #GarnierGreenBeauty dan #GarnierxIDNTimes juga mengajak untuk ikut berkontribusi dalam komitmen lingkungan melalui aktivitas-aktivitas sehari-hari yang dilakukan dan dapat diakses secara lengkap melalui https://www.garnier.co.id/green-beauty. 

Melalui beragam cara yang bisa kamu coba untuk melindungi lingkungan dari dampak berbahaya di masa depan, tentunya kita semua dapat menuai hasil positif yang dapat diperoleh dari hal tersebut. Tidak ada alasan untuk menunda diri dari komitmen lingkungan guna memberikan kehidupan yang lebih baik untuk anak cucu kita di masa depan. Yuk, mulai dari sekarang!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Cara Mudah Ajarkan Kebiasaan Cinta Lingkungan pada Anak

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya