Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Introvert Sekali pun Harus Melakukan Interaksi Sosial

Gak selalu baik lho menyendiri itu 

Setiap orang selalu memiliki keunikan tersendiri dari mulai bentuk fisik bahkan hingga karakteristik sifat dan kepribadiannya. Dari beberapa jenis karakter manusia, biasanya kita sering mendengar istilah ekstovert maupun introvert.

Ekstrovert merupakan jenis kepribadian yang terbuka dan mudah bergaul, sebaliknya justru introvert lebih cenderung gemar menyendiri dan tidak mudah berinteraksi oleh orang lain. Di balik jenis kepribadian antara ekstrovert maupun introvert, keduanya tetap membutuhkan interaksi sosial yang baik. 

Untuk kamu yang penasaran mengapa alasan introvert sekalipun membutuhkan interaksi sosial, berikut daftarnya! 

1. Menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial

5 Alasan Mengapa Introvert Sekali pun Harus Melakukan Interaksi SosialUnsplash/Jacek Dylag

Sebagai manusia tentu kita telah menyadari bahwa kita tidak bisa hidup tanpa orang lain dan akan selalu membutuhkan orang lain. Hal itulah mengapa kita juga disebut sebagai makhluk sosial. Dengan melakukan interaksi sosial dengan frekuensi yang cukup, maka kita sudah dapat menjalankan peran kita sebagai makhluk sosial. Jangan sampai justru kita menjadi pribadi yang cenderung anti sosial, ya. 

2. Memperluas relasi

5 Alasan Mengapa Introvert Sekali pun Harus Melakukan Interaksi SosialUnsplash/Priscilla Du Preez

Sebagai manusia tentu kita butuh peran orang lain dalam menjalani berbagai aktivitas, hal ini lah yang dapat menjadi alasan mengapa kita perlu memiliki relasi yang luas. Dengan melakukan interaksi sosial dengan berbagai orang yang memiliki bermacam latar belakang, maka kita sudah dapat memiliki koneksi yang luas. 

Baca Juga: 7 Suka Duka Ini Cuma Dirasakan Si Introvert Saat Malam Tahun Baru Lho!

3. Jauh lebih memiliki kemampuan dalam mengekspresikan diri

5 Alasan Mengapa Introvert Sekali pun Harus Melakukan Interaksi SosialUnsplash/Brooke Cagle

Disadari atau tidak bahwa ketika kita melakukan interaksi sosial dengan banyak orang, kita akan menjadi pribadi yang cenderung lebih terbuka dan ekspresif dalam mengekspresikan diri kita. Tentunya hal ini dapat menjadi alasan jelas mengapa kita perlu melakukan interaksi sosial dengan orang lain. 

4. Menghindari depresi

5 Alasan Mengapa Introvert Sekali pun Harus Melakukan Interaksi SosialUnsplash/Andrew Neel

Sebagai manusia biasa tentu kita butuh dalam mencurahkan isi pikiran, hati, maupun segala macam yang kita rasakan. Selain itu, mengekspresikan diri kita juga akan membantu dalam mengatasi depresi yang melanda. Hal ini lah yang menyebabkan kita sebagai manusia atau makhluk sosial perlu melakukan interaksi sosial dengan orang lain agar hal seperti depresi dapat teratasi. 

5. Terhindar dari rasa kesepian

5 Alasan Mengapa Introvert Sekali pun Harus Melakukan Interaksi SosialUnsplash/Randy Jacob

Siapa yang ingin merasakan rasanya kesepian? Tentu saja tidak ada manusia yang ingin merasa kesepian tanpa ada orang yang menemani. Hal ini lah yang membuat kita sebagai manusia harus melakukan interaksi sosial guna terhindar dari rasa kesepian yang kita rasakan. 

Nah, lima alasan di atas dapat menjadi informasi bagi kamu khususnya yang merasa introvert agar mampu belajar mengekspresikan diri dan sedikit lebih terbuka agar terhindar dari rasa depresi dan kesepian. Yuk, jadi lebih berekspresi! 

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Hubungan Introvert-Ekstrovert dalam Pernikahan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You