Comscore Tracker

5 Cara Recharge Otak agar Segar dan Tidak Mudah Stres, Yuk Coba!

Otak dan tubuh pun dapat kembali maksimal dan penuh energi

Sebagai manusia tentu saja wajar bila kita seringkali merasa lelah dengan berbagai aktivitas yang tidak hanya menguras energi secara fisik, namun juga secara otak. Lelah secara otak juga dapat memengaruhi kondisi psikologi atau bahkan psikis seseorang sehingga kamu membutuhkan beberapa hal untuk mengatasinya.

Salah satu yang harus kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan recharge otak. Recharge otak adalah salah satu upaya untuk membuat otak kembali segar setelah melakukan banyak aktivitas yang menguras energi dan waktu.

Apabila kamu merasa bahwa aktivitasmu cukup membuat otak lelah, yuk coba recharge kembali otakmu dengan beberapa hal berikut ini. 

1. Jalan-jalan ke tempat yang kamu sukai

5 Cara Recharge Otak agar Segar dan Tidak Mudah Stres, Yuk Coba!Unsplash/Mantas Hesthaven

Sekali-kali memang jalan-jalan juga merupakan satu hal yang kamu butuhkan lho untuk menghindari stress berkepanjangan yang disebabkan karena pekerjaan. Selain itu, jalan-jalan juga dipercaya dapat membuatmu menjadi lebih bahagia dan dapat membantu dalam proses recharge otak.

Tentunya dengan melakukan kegiatan menyenangkan ini, kamu dapat membantu otakmu untuk menjadi kembali segar dan maksimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

2. Tidur siang dengan durasi yang tepat

5 Cara Recharge Otak agar Segar dan Tidak Mudah Stres, Yuk Coba!Unsplash/Gregory Pappas

Terkadang banyak disepelekan, siapa yang menyangka bahwa tidur siang dapat menjadi salah satu alternatif dalam melakukan recharge otak, lho. Namun, pahami bahwa tidur siang juga memiliki durasi yang tepat agar hasil yang diberikan juga bisa lebih maksimal.

Cukup melakukan tidur siang selama kurang lebih 20-25 menit saja, maka sudah dapat membantumu kembali fokus terhadap aktivitas setelahnya. 

Baca Juga: Tak Lagi Mager, 5 Tips Ampuh untuk Memantik Semangat Kerjamu Lagi

3. Melakukan hobi yang digemari

5 Cara Recharge Otak agar Segar dan Tidak Mudah Stres, Yuk Coba!Unsplash/frankie cordoba

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau pun pekerjaan sekaligus bila hal itu justru membuat otak mudah lelah. Kamu dapat menyisihkan waktumu untuk kegiatan menyenangkan seperti melalukan hobi.

Hal ini dipercaya dapat membantumu dalam recharge otak dan kembali segar untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Selama melakukan aktivitas hobi secara tidak berlebihan dan sesuai dengan porsinya maka kamu akan mendapatkan manfaat yang baik bagi otak, maupun tubuh.

4. Berbincang dengan orang tersayang

5 Cara Recharge Otak agar Segar dan Tidak Mudah Stres, Yuk Coba!Unsplash/Brandless

Tidak perlu sulit lho untuk melalukan recharge otak sebab kamu juga dapat melakukannya dengan cara mengobrol santai. Biasanya kita akan jauh merasa rileks bila berbincang atau mengobrol santai khususnya dengan orang tersayang, seperti pasangan, anak, anggota keluarga, atau pun teman-teman.

Obrolan santai ini akan membantumu untuk melakukan recharge otak sehingga dapat kembali segar dan mampu melakukan aktivitas lain dengan maksimal. 

5. Menikmati minuman berkafein

5 Cara Recharge Otak agar Segar dan Tidak Mudah Stres, Yuk Coba!Unsplash/Nathan Dumlao

Beberapa orang banyak yang menganggap bahwa cara yang satu ini ampuh dalam recharge otak, lho. Biasanya bila sudah sangat suntuk dengan pekerjaan atau aktivitas, seseorang akan memilih untuk menikmati secangkir minuman berkafein seperti kopi.

Namun, sudahkah kamu meminum kafein sesuai takaran yang tepat? Meminum kopi sebanyak 350 ml atau sekitar 200 mg kafein dirasa sudah cukup untuk merangsang konsentrasi dan me-recharge kembali otakmu. 

Nah, itu lah beberapa cara yang dapat kamu coba bila kamu sudah merasa suntuk dan butuh untuk me-recharge otak. Yuk, dicoba!

Baca Juga: 7 Aktivitas Ini Tidak Baik untuk Kesehatan Otakmu, Yuk Kurangi!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya