Comscore Tracker

Sering Berselisih dengan Teman? Ini 5 Solusi yang Bisa Dicoba

Emang kadang bikin jengkel ya

Berselisih paham antar teman adalah hal yang lumrah terjadi baik di sekolah, kuliah, atau bahkan dengan rekan kerja satu kantor. Banyak penyebab kenapa rentan berselisih paham ini dapat terjadi.

Namun, jangan sampai salah ambil tindakan ya! Solusi di bawah ini dapat kamu coba ketika kamu merasa terlalu sering berselisih paham dengan temanmu. Intip sekarang yuk!

1. Introspeksi diri

Sering Berselisih dengan Teman? Ini 5 Solusi yang Bisa DicobaPexels/Chinmay Singh

Hal utama yang perlu dilakukan adalah introspeksi diri. Apakah memang kesalahan itu terletak di dirimu atau rekanmu? Jangan merasa terlalu egois dan gengsi mengakui kesalahan meski pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan bisa memperbaiki kesalahan dan menjalin hubungan pertemanan yang sehat dengan teman-teman.

2. Jika merasa salah, jangan gengsi untuk minta maaf

Sering Berselisih dengan Teman? Ini 5 Solusi yang Bisa DicobaPexels/Pixabay

Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk meminta maaf bahkan untuk kesalahan kecil dan sepele. Namun, saat tumbuh menjadi dewasa, hal itu sulit sekali dilakukan. Kenapa? Karena semakin kuat ego dan gengsi yang melekat di dirimu sehingga menahanmu untuk sekedar mengucapkan kata maaf kepada teman.

Baca Juga: 5 Petuah Bijak Agar Kamu Berhenti Iri Saat Melihat Teman Sukses Duluan

3. Berbicaralah secara face to face

Sering Berselisih dengan Teman? Ini 5 Solusi yang Bisa DicobaPexels/popok

Akan lebih baik menyelesaikan masalah tanpa masalah di kemudian hari dengan cara berbicara secara tatap muka. Kamu harus mengesampingkan segala rasa ego dan gengsi karena hal itu akan menghambat proses perdamaian. Apabila berhasil menemukan titik temu, maka cara dewasa seperti ini ampuh dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan teman.

4. Hindari perdebatan yang dapat menimbulkan konflik dengan teman

Sering Berselisih dengan Teman? Ini 5 Solusi yang Bisa DicobaPexels/rawpixel.com

Sebagai seseorang yang telah dewasa, kamu harus mampu memilah mana topik yang sekiranya akan menimbulkan perdebatan dan mana yang tidak. Namun, apabila sebaliknya rekanmu mengatakan sesuatu yang akan menimbulkan perdebatan, maka sebaiknya kamu menghindari topik itu agar pembicaraan tidak mengarah ke arah yang kurang baik.

5. Memperluas relasi dan menciptakan pertemanan yang sehat

Sering Berselisih dengan Teman? Ini 5 Solusi yang Bisa DicobaPexels/rawpixel.com

Jangan hanya terpatok dengan teman satu lingkunganmu. Kamu bisa luaskan koneksi pertemananmu hingga misal ke sekolah sebelah atau bahkan divisi lain dalam kantor. Karena semakin banyak teman, kamu akan menemukan banyak orang yang bisa jadi sepaham denganmu.

Sedangkan untuk pertemanan yang kurang sehat, dapat kamu hindari dengan lebih mudah.

Nah, 5 solusi di atas dapat dilakukan untuk menyelesaikan persoalan tentang seringnya berselisih paham dengan teman sendiri. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gampang Simpatik, 5 Zodiak Ini Cocok Dijadiin Teman Ngobrol

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya