Comscore Tracker

6 Tips agar Hari yang Berat Jadi Terasa Lebih Ringan, Gampang Kok!

Kuncinya adalah pikiran #IDNTimesLife

Bukan hidup namanya jika kita selalu menjalani hari-hari kita dengan penuh tawa dan kebahagiaan. Ada kalanya kita pasti pernah menemui suatu hari di mana hidup terasa begitu berat untuk dijalani. Tak hanya sesekali, hari tersebut bahkan bisa datang berulang kali. Saking beratnya, terkadang ada saja niatan yang terlintas di benak kita untuk menyerah begitu saja. Iya gak?

Meski demikian, seburuk dan seberat apapun hari yang kita jalani, kita tetap harus melewatinya bukan? Nah, agar harimu yang berat bisa terasa lebih mudah untuk dijalani, berikut ada enam tips yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Simak sampai akhir, ya!

1. Jangan memikirkan atau membayangkan betapa beratnya hari yang akan kamu lalui 

6 Tips agar Hari yang Berat Jadi Terasa Lebih Ringan, Gampang Kok!ilustrasi menjalani hari dengan bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

“Apa yang kita pikirkan menentukan apa yang akan terjadi pada kita. Jadi, jika kita ingin mengubah hidup, perlu sedikit mengubah pikiran kita.” (Wayne W. Dyer)

Pernahkah kamu mendengar quotes di atas? Yups, sama seperti kutipan Wayne W. Dyer tersebut, tanpa disadari, pikiran sejatinya berperan andil dalam setiap kejadian yang ada di dalam hidup kita. Ketika kita berpikir positif dan yakin bisa menjalani hari kita dengan sebaik mungkin, maka kita akan mampu melewati hari tersebut dengan mudah.

Namun, sebaliknya, jika kita sudah negative thingking terlebih dahulu sebelum bertindak, yakin deh kita justru akan merasa frustasi dan malas menjalani hari tersebut. Jadi, kuncinya jangan pernah memikirkan atau membayangkan betapa beratnya hari yang akan kamu lalui, ya! Jalani saja, semua pasti akan berjalan dan berlalu dengan baik, kok.

2. Stop memikirkan hal-hal yang sebenarnya gak penting dan justru membuang-buang waktu 

6 Tips agar Hari yang Berat Jadi Terasa Lebih Ringan, Gampang Kok!ilustrasi stres karena berpikir berlebihan (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika membicarakan soal apa saja yang harus dipikirkan dalam menjalani kehidupan, maka jawabannya pasti sangat banyak dan tak akan ada habisnya untuk dibahas. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan waktu berharga yang kita miliki ini untuk memikirkan hal-hal yang sekiranya penting dan perlu kita pikirkan saja.

Jangan gunakan waktumu untuk berpikir berlebihan mengenai hal-hal yang belum jelas dan belum tentu terjadi. Seperti persepsi orang lain terhadapmu maupun hal-hal buruk di masa depan yang akan terjadi padamu misalnya. Terlalu banyak berpikir justru gak baik dan bisa bikin kamu stres, lho.

Baca Juga: 5 Cara Atur Harimu Biar Gak Berantakan dan Bikin Bad Mood

3. Awali setiap langkahmu dengan niat yang tulus dan ikhlas 

6 Tips agar Hari yang Berat Jadi Terasa Lebih Ringan, Gampang Kok!ilustrasi menjalani hari dengan semangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap hasil yang akan kita peroleh tergantung bagaimana kita memulainya. Jika kita memulainya dengan niat yang baik, maka hasilnya juga pasti akan baik. Begitu juga dalam mengawali harimu yang berat. Jika kamu mengawalinya dengan niatan yang tulus dan ikhlas, maka kamu akan merasa mudah menjalani hari tersebut dan memperoleh hasil yang baik pula.

Oh ya, jangan lupa juga untuk mengawali setiap kegiatanmu dengan berdoa, ya!

4. Jalani kegiatanmu dengan penuh semangat dan jangan banyak mengeluh 

6 Tips agar Hari yang Berat Jadi Terasa Lebih Ringan, Gampang Kok!ilustrasi menjalani hari dengan bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengeluh sebenarnya tak selamanya berarti buruk. Sudah menjadi hal yang lumrah jika sebagai manusia, ada kalanya kita perlu mengeluh sesekali untuk melepas penat ketika hidup terasa begitu berat.

Meski demikian, kita harus ingat bahwa sering mengeluh juga gak baik untuk dilakukan. Selain buang-buang waktu, hal itu justru malah mendatangkan banyak sisi negatif yang membuat diri kita tidak berkembang.

Jadi, mulai sekarang, jangan banyak mengeluh, ya! Seberat apa pun itu, jalani saja dengan penuh semangat.

5. Selesaikan pekerjaan di awal waktu dan jangan menunda-nundanya 

6 Tips agar Hari yang Berat Jadi Terasa Lebih Ringan, Gampang Kok!ilustrasi berhasil menyelesaikan pekerjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa nih yang masih suka menunda-nunda pekerjaan? Sadarkah kamu jika hal tersebut sebenarnya justru malah membuat harimu justru semakin berat?

Yups, menunda pekerjaan memang membuat kita merasa enak pada mulanya. Namun, kita akan merasakan pahitnya begitu sudah dikejar-kejar deadline.

Ketika kita dituntut harus menyelesaikan semua pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, bisa jadi kita akan kekurangan waktu untuk istirahat. Alhasil, stres dan frustasi pun akan menyelimuti diri kita dan bisa memperburuk keadaan.

Yakin nih, masih mau menunda-nunda pekerjaan?

6. Jangan lupa gunakan waktu istirahatmu dengan sebaik mungkin 

6 Tips agar Hari yang Berat Jadi Terasa Lebih Ringan, Gampang Kok!ilustrasi wanita mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah kita disibukkan dengan berbagai macam kegiatan yang melelahkan, tentu kita butuh yang namanya istirahat. Gunakanlah waktu istirahatmu dengan sebaik mungkin untuk melakukan hal-hal yang menurutmu menyenangkan. Mendengarkan musik, membaca buku, atau berolahraga misalnya. 

Selepas istirahat, dijamin deh, kamu bakalan segar kembali dan harimu jadi terasa makin ringan. 

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat harimu yang berat jadi terasa lebih mudah dan ringan untuk dijalani. Seberat apapun hari-harimu, tetap semangat dan jangan pernah menyerah, ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pura-Pura Bahagia Justru Bikin Harimu Terasa Buruk

Tri Handayani Photo Verified Writer Tri Handayani

Pejuang receh💪

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya