Comscore Tracker

4 Hal Ini Cocok Kamu Lakukan di Rumah Agar Produktivitas Tetap Terjaga

Seneng tuh nggak ke kampus dan kantor lagi

Work from home (WFH) kini menjadi primadona di media sosial, karena hampir semua pekerja kantoran mau nggak mau harus bekerja #DiRumahAja selama masa social distancing ini. Ada yang menyambutnya dengan bahagia, tapi fakta berkata lain. Mulai dari adanya distraksi, susahnya berkoordinasi, suka lupa waktu dan faktor penghambat lainnya.

Tapi kamu jangan khawatir, 4 cara dibawah ini bisa jadi solusi produktif untukmu selama di rumah lho! Keep scrolling!

1. Disiplin dengan jam kerja walaupun di rumah

4 Hal Ini Cocok Kamu Lakukan di Rumah Agar Produktivitas Tetap TerjagaShutterstock/Tirachard Kumtanom

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti jam kerjanya jadi sebebasnya ya. Kamu bisa bekerja sesuai dengan jam masuk kantor misalnya pukul 08.00, tapi jangan lupa ya untuk istirahat di pukul 12.00 deh. Setidaknya selama satu jam kamu bisa beristirahat, lalu lanjut garap tugas kantor lagi dari pukul 13.00-17.00 nanti.

Tinggal atur deh waktu kerjanya untuk meeting melalui teleconference app, online docs, dan semacamnya. Selama kamu disiplin waktu, maka kita bisa menghindari distraksi dan tetap akan produktif.

2. Belanja online di pagi hari

4 Hal Ini Cocok Kamu Lakukan di Rumah Agar Produktivitas Tetap TerjagaShutterstock/Rachata Teyparsit

Kalau biasanya kamu pergi ke supermarket atau pasar untuk lengkapi kebutuhanmu, sekarang ya mau nggak mau membelinya secara online di e-commerce. Tapi kalau IDN Times boleh sarankan sih, kamu belanja online-nya di kisaran pukul 06.00-08.00 ya alias sebelum mulai kerja. Bingung ya? Ini justru memudahkanmu agar barang yang kamu pesan bisa sampai di hari yang sama.

3. Janjian makan bersama teman secara online

4 Hal Ini Cocok Kamu Lakukan di Rumah Agar Produktivitas Tetap TerjagaShutterstock/PR Image Factory

Sebenarnya sih secara logika harusnya selama WFH, kamu jadi lebih bebas untuk memilih jam makan, tapi faktanya kamu malah menggampangkan makan siang dan suka skip. Alasan ‘belum lapar’ tuh klasik banget, itu pasti karena kamu nggak punya temen makan siang aja. 

Jadi waktu istirahat selama satu jam tadi, bisa kamu pakai untuk janjian makan siang sambil video call rame-rame, pasti candaan versi kantor masih ada deh. Selain jadi ingat makan, jadi bisa bersosialisasi juga dan menjaga kesehatan mental selama social distancing.

4. Belajar dengan e-learning app di pagi hari

4 Hal Ini Cocok Kamu Lakukan di Rumah Agar Produktivitas Tetap TerjagaShutterstock/AnemStyle

Tenang, yang lagi sekolah atau kuliah nggak perlu ngiri gitu dong. Kalian para pelajar, pasti belajar sudah pakai sistem e-learning ‘kan? Pagi hari otak manusia bekerja lebih baik untuk menerima informasi baru. Jadi belajar dirumah bukan berarti bisa bangun siang dan belajar siang, tetap bangun pagi dan belajar sesuai jam sekolah agar kamu produktif.

Selama dirumah pasti belajarnya butuh kuota dong, tenang ada provider Tri Indonesia yang peduli dengan kebutuhan kuota internet kalian untuk belajar. Kalian bisa nih manfaatkan aplikasi e-learning seperti Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, dan lainnya.

Ada yang kasih kuota gratis? Tri Indonesia bahkan kasih kuota unlimited untuk akses semua aplikasi. Jadi dengan isi ulang AlwaysOn Unlimited seharga Rp55.000,- kamu sudah mendapatkan kuota utama 6 GB aktif selamanya, dan kuota unlimited ke semua aplikasi selama 30 hari di jam 01.00-17.00 lho!

Nggak hanya akses e-learning saja, tapi ini benar-benar unlimited ke semua aplikasi seperti video conference, social media, dan aplikasi streaming film dan musik! Mau tau cara dapetinnya? Langsung saja akses aplikasi bima+ atau *123#, dan yang mau kartu perdana AlwaysOn Unlimited bisa dipesan melalui Official Store Tri di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada.

Jadi sekarang sudah nggak ada alasan lagi buat nggak produktif selama #DiRumahAja ya, ‘kan sudah ada paket AlwaysOn Unlimited!

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya