Comscore Tracker

Inspiratif, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Ambil Dari BTS

#ANGPOIN Semangat mereka patut dicontoh!

Siapa yang tidak kenal dengan BTS. BoyGroup asal Korea Selatan ini tengah digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Lagu - lagu mereka yang catchy dan enak didengar, ditambah lagi dengan para member yang tampan dan humble, tak heran jika para ARMY (sebutan untuk Fans BTS) sangat menyayangi idola mereka itu.

Jadi sesukses dan sepopuler sekarang, perjalanan karir BTS pun bisa dibilang tidak mulus, lho. Meskipun dulunya kerap mengalami banyak kekurangan, Para Member BTS selalu bangkit dan tidak pernah menyerah pada mimpi mereka. Nah beberapa life lessons dari perjuangan BTS ini patut kamu contoh, lho. Yuk kita simak sama-sama!

1. Jangan menyerah meskipun punya banyak keterbatasan

Inspiratif, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Ambil Dari BTSfacebook.com/bangtan.official

BTS mengawali karir mereka bersama BigHit Entertainment. Kala itu BigHit masih merupakan agensi yang kecil. Tak punya cukup karyawan dan dana, tentunya para idol BigHit juga tidak bisa merasakan fasilitas mewah seperti idol dari agensi lain. Mereka terpaksa tinggal dalam satu dorm yang sempit, membuat musik video dan melakukan promosi dengan dana yang minim. Para Member BTS tetap bekerja keras dengan segenap kemampuan mereka, dan kini terbukti mereka mampu membuktikan diri serta membuat agensi mereka menjadi seperti sekarang. 

Jadi seberapa buruk pun keadaannya, kamu pasti bisa melewatinya asal punya kemauan untuk bekerja keras dan tidak menyerah. BTS adalah bukti nyatanya!

2. Usaha tidak akan mengkhianati hasil

Inspiratif, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Ambil Dari BTStwitter.com/headlineplanet

Awal debut pada tahun 2013, BTS baru mendapatkan penghargaan pertama mereka di tahun 2015 dengan lagu "I Need You". Ini merupakan momen bersejarah bagi BTS, mengingat kerja keras mereka selama 2 tahun akhirnya terbayarkan. Setelah itu, BTS jadi makin populer dengan banyak memenangkan penghargaan lain dan jadi BoyGroup yang sudah Go Internasional.

Lihat kan? Dengan bersungguh-sungguh, kamu pasti bisa mewujudkan mimpi mu karena usaha yang keras pasti ada hasil yang memuaskan juga. Salut banget dengan BTS!

3. Percayalah dengan potensi diri dan orang sekitarmu

Inspiratif, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Ambil Dari BTSteenvogue.com

Masa-masa sulit bagi BTS adalah ketika mereka hampir bubar karena masalah finansial dan kepercayaan diri. 

Setiap member punya cerita tersendiri mengenai masalah ini. RM, yang merupakan leader dan rapper BTS pernah diminta untuk meninggalkan group ini karena dinilai mempunyai kemampuan rap yang kurang dan visual yang kurang cocok dengan image seorang idol. Tidak hanya RM, Suga juga pernah mengalami depresi karena tekanan berat yang dialaminya. Selain itu, Jimin pernah hampir tidak ikut debut dan J-Hope juga hampir meninggalkan BTS, namun dengan usaha member lain untuk saling meyakinkan, kita bisa tetap melihat mereka sukses bersama-sama seperti sekarang.

Bercermin dari hal ini, kita harus percaya akan diri kita dan orang sekitar kita untuk terus mencoba, walaupun beberapa orang mungkin akan berpikiran buruk tentang hal itu. Dengan dukungan dan semangat, semuanya akan jadi lebih ringan, guys!

Baca Juga: Keren, Ini 5 Lagu Hits BTS yang Raih Sertifikat Rekaman Amerika RIAA

4. Walau sesukses apapun, tetap rendah hati dan ingat dengan orang-orang yang mendukungmu

Inspiratif, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Ambil Dari BTSTwitter.com/@alloveryou0309

Bukan rahasia umum lagi kalau BTS sangat mencintai Fansnya. Dalam beberapa lagunya, mereka bahkan menyisipkan pesan manis untuk para ARMY. Dalam beberapa wawancara, BTS bahkan selalu menyebut ARMY adalah alasan terbesar mereka bekerja keras dan menjadi sesukses sekarang. Para member BTS tetap rendah hati dan terus berkarya dengan segenap hati karena dukungan dari ARMY, keluarga, dan orang sekitar mereka.

Kalau sudah sukses dan mimpimu terwujud, jangan pernah lupa diri dan ingatlah selalu dengan orang-orang yang mendukungmu, karena motivasi dari mereka juga merupakan kunci dari kesuksesan.

5. Selalu bersyukur dan berbagi

Inspiratif, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Ambil Dari BTSsoompi.com

Setelah menjadi tenar seperti sekarang, Uang tentu bukan jadi masalah lagi bagi BTS. Namun ada hal yang perlu dicontoh nih disini. Meskipun sudah kaya raya, para member BTS memilih menggunakannya untuk donasi. Jimin berdonasi untuk sekolah lamanya, yaitu Hoedong Elementary School  dengan membayar seragam kelulusan untuk seluruh siswa yang lulus. Selain Jimin, Suga juga mendonasikan 10 Kg daging sapi Hanwoo (daging berkualitas tinggi dari Korea) untuk para yatim piatu. Tak hanya itu, BTS juga turut berdonasi untuk kecelakaan yang menenggelamkan kapal ferry Sewol dengan total donasi 10 juta won atau sekitar 120 juta Rupiah. Mereka juga menyumbangkan 3% pendapatan album love yourself  ke UNICEF dalam kampanye #ENDviolance. 

Nah, BTS nyatanya sudah banyak menginspirasi kaum muda untuk tetap berkarya, dan tetap rendah hati dan tidak sombong meski sudah sukses menjadi idola yang dikenal secara global. Semoga pelajaran hidup tentang BTS ini bisa bermanfaat ya bagi semua orang dan BTS dapat terus melangkah maju dan berkarya untuk kita semua. Semangat terus BTS!

Baca Juga: Tak Sekadar Jual Tampang, Ini 10 Lirik Lagu BTS yang Dalam Maknanya

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Balinese

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya