Comscore Tracker

Begini 5 Cara Tanggapi Perbedaan Opini Netizen Di Media Sosial

Beda opini boleh, berdebat jangan ya!

Apa kamu sering melihat netizen berdebat di media sosial? Tentu itu sudah jadi hal yang lumrah ya, mengingat negara kita juga adalah negara Demokrasi dimana masyarakatnya bebas mengutarakan pendapat. 

Tapi jujur saja, terkadang ada juga netizen dengan opini berbeda yang menggunakan pendapatnya sendiri untuk 'menyerang' dan memicu terjadinya perang online. Nah gimana nih caranya mengatasi hal tersebut? Yuk kita simak satu-satu di bawah!

1. Kenali masalah yang diperdebatkan

Begini 5 Cara Tanggapi Perbedaan Opini Netizen Di Media Sosial(Ilustrasi) Pexels.com/@freestocks

Ada baiknya jika kamu mengenali dan mencari informasi yang cukup tentang masalah atau konten yang memicu perbedaan opini ini. Kita ambil saja contoh dari Pemilu kemarin, dimana ada netizen yang memihak kubu Jokowi dan ada juga yang memihak kubu Prabowo. Tentu ada banyak sekali desas-desus yang ingin menjatuhkan kedua pasangan calon presiden ini kan?

Tapi sebelum kamu mempercayai dan berkomentar, lebih baik kamu mencari lebih dalam kebenaran dari masalah ini. Jika sudah dirasa cukup, kamu bebas mengutarakan pendapatmu berdasarkan fakta yang kamu dapat.

2. Hargai juga pendapat orang lain

Begini 5 Cara Tanggapi Perbedaan Opini Netizen Di Media Sosialpexels.com/@rawpixel

Ini adalah hal yang paling dasar dan pastinya sudah pernah kamu pelajari juga ketika masih sekolah. Ingat, jika ingin dihargai, kamu juga harus bisa menghargai orang lain. Dalam media sosial apalagi yang menyangkut masalah tertentu, ada banyak sekali orang yang mengajukan pendapat mereka secara bebas. Baik itu pro maupun kontra, kamu harus bisa menghargai pendapat orang lain meskipun pendapat mereka tidak sama denganmu. 

3. Jangan buru-buru emosi ketika melihat Hate Speech

Begini 5 Cara Tanggapi Perbedaan Opini Netizen Di Media Sosialfreepik.com

Nah ini sering banget terjadi terutama pada netizen Indonesia. Terkadang kalau kita mengutarakan pendapat namun pendapat kita malah diremehkan, tentu akan memicu kemarahan dan emosi. Banyak netizen yang melontarkan hate speech karena merasa emosi, begitu juga sebaliknya yang membaca juga akan merasa tidak nyaman dan kesal juga. Nah, kemarahan ini bisa membuat perdebatan menjadi tidak sehat lho. Karena itu, cobalah untuk mengontrol emosi jika melihat komentar yang ingin memancing kebencian. Ingat, sabar itu berkah!

4. Gunakan bahasa yang sopan

Begini 5 Cara Tanggapi Perbedaan Opini Netizen Di Media Sosialpexels.com/@brucemars

Sering kita lihat ada banyak orang berkomentar di media sosial menggunakan kata-kata yang kurang pantas. Lantas apa yang terjadi karena kebiasaan mereka? Tentu saja berurusan dengan hukum.

Perkataan yang kurang sopan, bersifat menghujat dan menjatuhkan bisa membuat orang lain tersinggung dan membuatmu dituntut lho. Jadi, mulai sekarang yuk kita biasakan menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomentar!

5. Jangan sebarkan Hoax

Begini 5 Cara Tanggapi Perbedaan Opini Netizen Di Media Sosialitweb.co.za

Sama seperti hate speech, menyebarkan Hoax pun kena tindak pidana juga. Kamu akan dianggap menyebarkan berita palsu yang tidak berdasarkan fakta. Karena itu seperti yang dijelaskan sebelumnya, pendalaman informasi itu perlu supaya kamu bisa terhindar dari penyebaran Hoax. begitu juga ketika kamu melihat beberapa komentar yang bersifat Hoax di media sosial, kamu harus teliti agar tidak mudah percaya ya!

Nah, itu dia cara menanggapi perbedaan opini yang biasa kamu temui di media sosial. Namun jangan salah, perbedaan pendapat bukan hal yang buruk kok. Justru dengan perbedaan ini, kita juga bisa membuat Indonesia jadi lebih maju. Kalau ngomongin perbedaan ujung-ujungnya jadi berdebat, mending ikutan campaign #BedaBisaBersama dari Smartfren di sosial media.

Caranya gampang kamu cukup follow akun Instagram @smartfrenworld. Kemudian share foto atau video momen kebersamaan dengan teman-teman kamu yang berbeda dari mulai hobi, karakter, ciri khas, dan lain-lain. Jangan lupa, lengkapi caption dengan penjelasan kenapa kalian berbeda tapi tetap bisa bersama dan berteman, sertakan hashtag #BedaBisaBersama dan #KuotanyaKitaKita ya, serta mention teman kamu yang ada di foto dan tentunya @smartfrenworld dong. Tunggu apalagi, yuk ikutan!

Trisnaynt Photo Community Writer Trisnaynt

Balinese

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Just For You