Comscore Tracker

6 Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan Ketika Salat

Cek dulu, biar sah salatnya.

Salat adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Apalagi pada bulan ramadan, ada salat khusus yang hanya hadir di bulan suci ini. Tidak ada seorangpun yang tahu apakah salat kita diterima oleh Allah atau tidak. Sebagai seorang hamba, kita seharusnya berusaha agar salat kita bisa diterima yakni dengan mematuhi syarat sah maupun rukun salat.

Syarat sahnya salat diantaranya yaitu mengetahui masuknya waktu salat, niat, suci dari hadats besar dan kecil, suci tempat dan pakaian salat, menghadap kiblat, dan menutup aurat. Urusan menutup aurat nih, yang paling spesial ada pada perempuan. Perempuan diwajibkan menutup aurat yakni seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Terlepas kamu sudah berhijab atau tidak, ada hal-hal yang sebaiknya kamu perhatikan untuk menunjang sahnya salat.

1. Hati-hati sama rambut yang terlihat

6 Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan Ketika Salathati-hati rambut terlihat via islamidia.com

Seperti yang kita tahu, rambut merupakan aurat bagi perempuan. Meski kita sudah memakai mukenah, terkadang masih saja ada beberapa helai rambut yang terlihat. Kadang tanpa kita sadari, anak rambut atau poni itu terlihat begitu saja. Tips untuk mengatasi rambut yang terlihat adalah sebaiknya memakai inner sebelum memakai mukena. Hal itu untuk memastikan bahwa rambut tidak akan keluar tanpa sadar. Selain itu bisa juga bercermin sebelum salat untuk memastikan tidak ada rambut yang terlihat. Bisa juga dengan bertanya pada teman sebelah apakah ada rambut yang terlihat.

2. Bagian belakang dagu juga harus tertutupi

6 Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan Ketika Salatmenutupi bagian belakang dagu via sumsel.tribunnews.com

Banyak kita menemui perempuan yang memakai mukena namun masih menampakkan bagian belakang dagunya. Kembali pada konsep aurat perempuan, seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Bagian belakang dagu tentu bukan area wajah perempuan kan. Nah sebaiknya kita memakai mukena dengan memastikan bagian belakang dagu kita tertutupi.

3. Bagian tubuh terlihat saat takbir

6 Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan Ketika Salatkhazanah.republika.co.id

Saat bertakbir, tanpa sadar kita mengangkat tangan tinggi - tinggi hingga dapat terlihat bagian tubuh kita yang terbungkus mukena. Untuk menghindari hal ini sebaiknya saat salat kita bisa memakai baju berlengan panjang agar tidak berisiko terlihat bagian tubuhnya. Bisa juga dengan memakai mukena terusan, sehingga tidak ada kemungkinan mukena tersingkap hingga bagian tubuh terlihat.

4. Mukena terkena angin

6 Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan Ketika Salatdiyanika.com

Ini adalah hal yang bisa jadi tidak kita sadari sama sekali. Saat sujud kita berfokus pada bacaan tasbih dan menghadap sajadah. Jika mukena terlalu tipis dan angin berhembus kencang, maka bisa saja mukena tersingkap dan aurat kita terlihat.

Tips untuk hal ini sama seperti sebelumnya, sebaiknya memakai baju lengan panjang saat salat untuk menghindari hal ini. Bisa juga dengan memakai mukena berbahan tidak terlalu tipis atau  mukena terusan. Selain itu kita juga bisa memasukkan atasan mukena ke dalam bawahan mukena sehingga tidak berisiko terkena angin.

5. Bawahan mukena lepas saat bangun dari sujud

6 Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan Ketika SalatFatharaniYasmin'17 via instagram.com

Kalau yang ini, bisa jadi hal yang memalukan saat kita salat di masjid atau mushola. Karena terpaksa memakai public mukena, kita memakai apa yang ada. Ternyata bawahannya longgar. Alhasil saat bangun dari sujud melorotlah bawahan itu. Untuk menghindari kejadian semacam itu, sebaiknya kita memakai mukena yang tidak terlalu longgar.

Jika terpaksa, maka ikatlah bawahan dengan kencang, bisa dengan memakai peniti atau sejenisnya. Paling aman sih, membawa mukena sendiri atau memakai mukena terusan.

6. Bagian kaki yang terlihat

6 Hal yang Harus Diperhatikan Perempuan Ketika Salatummi-online.com

Tentu saja, kaki adalah bagian aurat perempuan. Pengecualian hanya bagi wajah dan telapak tangan. Terkadang tanpa sadar saat salat kaki bagian bawah kita terlihat. Untuk menghindari hal ini kita bisa menggunakan mukena yang tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu longgar. Pilihlah mukena yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran tubuh. Selain itu bisa juga diantisipasi dengan memakai kaos kaki sehingga aman mukena tidak sengaja tersingkap.

 

Nah itu dia hal-hal kecil yang berarti besar untuk salat seorang perempuan. Semoga bermanfaat.

Tsurayya Maknun Photo Writer Tsurayya Maknun

Suka menulis, membaca dan traveling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya