Comscore Tracker

Mengenal Sosok Ali Charisma, Fashion Designer Lokal yang Mendunia

Sudah hampir 24 tahun berkarier di bidang fashion

Ali Charisma adalah salah satu desainer lokal yang berhasil mengembangkan sayapnya di dunia internasional. Pria berusia 49 tahun ini berbagi perjalanan kariernya pada acara "My Story: Looking Deeper Through the Life of Indonesian Fashion Designer" di Live Instagram Indonesian Fashion Chamber.

Simak artikel di bawah untuk tahu lebih lanjut tentang sepak terjang Ali!

1. Awal perjalanan karier Ali di industri tata busana dimulai pada tahun 1998. Saat itu, ia memutuskan untuk pindah ke Bali

Mengenal Sosok Ali Charisma, Fashion Designer Lokal yang Menduniainstagram.com/alicharisma

Saat krisis moneter melanda di tahun 1998, Ali berhenti bekerja di salah satu perusahaan luar negeri yang bergerak di bidang komponen komputer. Ia memutuskan untuk pulang ke tanah air untuk beristirahat, tepatnya di Bali yang pernah menjadi tempat tinggal orangtuanya.

Berselang dua minggu dari kepindahannya, Ali memutuskan untuk menyewa sebuah butik karena melihat peluang besar industri fashion di Bali. Awalnya, ia hanya berjualan baju-baju yang dibelinya di luar kota seperti Surabaya atau Pekalongan.

Minat yang tinggi pada bidang ini, mendorongnya untuk belajar banyak hal. Mulai dari memperhatikan jenis baju yang sering dipakai para turis, menggambar komposisi, membuat sketsa baju, hingga menggambar pola.

Dua tahun kemudian, ia berhasil mendirikan butiknya sendiri di Kuta. Bahkan, ia mendapatkan penawaran untuk tampil di acara Bali Fashion Week.

2. Menurut Ali, perkembangan dunia fashion di tengah pandemik akan terus berjalan

Mengenal Sosok Ali Charisma, Fashion Designer Lokal yang Menduniainstagram.com/alicharisma

"Fashion itu kan salah satu barang baku yang harus ada. Bagian dari sandang, pangan, papan. Jadi, pakaian memang akan selalu ada dan dipakai," tuturnya.

Hal yang berubah dari pandemik Covid-19 baginya adalah cara pelanggan berbelanja dan bagaimana produsen memproduksi produk busana mereka.

"Ketika belanja, para konsumer akan lebih memikirkan tentang kualitas dan kenyamanan dari pakaian yang akan mereka kenakan. Mereka memilih untuk melakukan recicyling atau upcycle baju-baju lama, juga memilih barang-barang yang akan panjang umurnya," tambahnya.

3. "Keunggulan industri fashion Indonesia adalah pakaian muslim," tutur Ali

Mengenal Sosok Ali Charisma, Fashion Designer Lokal yang Menduniainstagram.com/alicharisma

Meski Indonesia masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus dikejar untuk bisa menjadi pusat industri fashion dunia, menurut Ali Indonesia punya satu keunggulan yang pasti. Yaitu, industri modest wear atau fashion muslim.

Baginya, untuk bisa meraih cita-cita tersebut, dibutuhkan kerja sama dari setiap pelaku dunia industri fashion. Ia mengatakan, "Mungkin dengan ratusan atau ribuan orang pelaku industri fashion, baru bisa merebut pasar Indonesia dan dunia".

Baca Juga: Perjalanan Karier Seniman Muda Annisa Rizkiana Rahmasari, Inspiratif!

4. Punya banyak minat di luar bidang fashion, pria berusia 49 tahun ini gak pernah berhenti belajar!

Mengenal Sosok Ali Charisma, Fashion Designer Lokal yang Menduniainstagram.com/alicharisma

Dalam acara sharing session bersama Ali, ia bercerita kalau dia punya banyak hobi yang luas di berbagai bidang. Dari mulai olahraga tenis, menyelam, mendaki, motor trail, hingga bowling. Bahkan, ia pun memiliki hobi artistik seperti merangkai bunga dan interior design.

Hobinya tersebut juga membuatnya menorehkan prestasi. Ia pernah menjuarai lomba maraton bowling. Sambil tertawa renyah, Ali menuturkan, "Kita tuh sebagai orang kreatif, hidupnya pun harus terus kreatif!"

5. Di tengah pandemik, Ali kerap mencoba hobi baru seperti berkebun di halaman rumah

Mengenal Sosok Ali Charisma, Fashion Designer Lokal yang Menduniainstagram.com/alicharisma

"Everyday is holiday. Walaupun bisnis gak berjalan baik, tetapi kehidupan pribadi saya sedang berjalan bahagia sekali," ujarnya. Pria paruh baya ini merasa bersyukur bisa menghabiskan banyak waktu di rumah setelah terlalu sering melanglang buana di tengah kesibukannya sebagai desainer.

Rumah yang dibangunnya belasan tahun lalu itu, memiliki desain yang khas dan dipenuhi unsur natural dan etnik. Siapa yang tidak betah?

Itu dia sekilas pengenalan sosok fashion designer, Ali Charisma. Gimana? Sosoknya menginspirasi banget, kan?

Baca Juga: Kisah Swietenia Puspa Lestari, Sambil Menyelam Sabet Banyak Prestasi!

Topic:

  • Tyas Hanina
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya