Comscore Tracker

Dukung Gerakan Sayangi Bumi dengan Mulai 6 Kebiasaan Baik Ini Yuk

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi sampah plastik

Berita-berita tentang bencana lingkungan menghantui kita setiap hari. Rasanya sedih sekaligus khawatir ya memikirkan nasib bumi kita ini? Walau begitu, jangan sampai kamu merasa gak berdaya dan berujung gak berbuat apa-apa ya. Karena sebenarnya ada banyak banget kebiasaan kecil yang berarti banget buat lingkungan, contohnya seperti enam poin di bawah ini nih.

1. Hindari penggunaan plastik sekali pakai

Dukung Gerakan Sayangi Bumi dengan Mulai 6 Kebiasaan Baik Ini Yukonegreenplanet.org

Pada awalnya, plastik diciptakan untuk menjadi alternatif pembungkus barang karena bahannya yang ringan dan murah. Walaupun punya benefit seperti itu, proses pembuatan plastik dan aftermath penggunaannya itu sendiri gak ramah lingkungan lho.

Kamu sendiri mungkin udah gak asing dengan kampanye diet plastik ini karena upaya sayangi lingkungan ini emang belum berhenti. Untuk bisa mendukung gerakan ini kamu bisa mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menggunakan bahan pengganti plastik untuk membungkus.

2. Naik kendaraan umum

Dukung Gerakan Sayangi Bumi dengan Mulai 6 Kebiasaan Baik Ini Yukpexels/@olly

Ada banyak pilihan kendaraan umum yang bisa digunakan oleh masyarakat, mulai dari bis, KRL, angkot. Selain itu ada banyak banget keuntungan yang bisa didapatkan dari kebiasaan kecil ini. Seperti harga yang lebih murah, menekan angka kendaraan, dan tentunya lebih ramah lingkungan!

3. Belajar composting

Dukung Gerakan Sayangi Bumi dengan Mulai 6 Kebiasaan Baik Ini Yukcvswmd.org

Tingginya volume sampah yang diproduksi oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu problem yang nyata. Untuk membantu permasalahan ini kamu bisa mulai dengan belajar mengolah sampah rumah tanggamu sendiri, salah satu caranya adalah dengan composting untuk sampah makanan dan recycling untuk sampah kering.

Baca Juga: Solusi Ramah Lingkungan, 6 Bahan Makanan Ini Bisa Diolah Jadi Plastik

4. Thrift shopping itu seru kok!

Dukung Gerakan Sayangi Bumi dengan Mulai 6 Kebiasaan Baik Ini Yukpexels/@burst

Dikutip dari the World Bank, industri fashion menjadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar lhoKalau kita peka dengan keadaan sekitar, sebenarnya juga udah beberapa kali pabrik yang memproduksi ini bertanggung jawab dalam kerusakan lingkungan dan isu perburuhan.

Duh, ternyata fashion  itu bukan cuma ngebahas tentang tren mode baju aja ya? Untuk mencegah masalah yang berkepanjangan, ada baiknya kamu membiasakan diri untuk thrift shopping dan gak impulsif lagi belanja baju.

5. Mulai jadwalkan rapat secara daring

Dukung Gerakan Sayangi Bumi dengan Mulai 6 Kebiasaan Baik Ini Yukpexels/@olly

Kalau pekerjaanmu menuntut untuk mengadakan rapat rutin, coba usulkan untuk membuat jadwal rapat daring dalam paruh waktu tertentu saja. Ide ini bisa efektif dan efisien karena bisa menghemat banyak ongkos perjalanan.

6. Kampanyekan gerakan ini ke orang terdekat

Dukung Gerakan Sayangi Bumi dengan Mulai 6 Kebiasaan Baik Ini Yukpexels/@markusspiske

Last but not least, sebarkan semangat positif ini kepada orang-orang terdekatmu! Bagikan wawasanmu seputar lingkungan dan beri tahu mereka manfaat dari menjalankan lima kebiasaan baik di atas.

Biasanya sih, cerita personal itu lebih efektif untuk memengaruhi orang lain lho. Memang sih segala perubahan ini gak cukup dilakukan oleh satu orang aja, dibutuhkan juga kesadaran dan dukungan dari pihak yang berkuasa, tapi bukan berarti kamu gak punya peran penting kok!

Tuh kan, enam kebiasaan baik ini kelihatan mudah dan bisa kamu lakukan sehari-hari kan? Yuk, lakukan mulai hari ini!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terjebak dalam Lingkungan Toxic

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya