Comscore Tracker

IMS 2020: Terinspirasi Lagu, Andrey Banyudoyo Ciptakan tempatbercakap

Andrey akan jadi pembicara di IMS 2020, nih!

"Saya ingin Instagram itu jadi tempat percakapan orang-orang," tutur Andrey di dalam salah satu video pengenalan tempatbercakap di Youtube. Founder tempatbercakap ini, ternyata punya segudang cerita menarik tentang perjalanan karya audio-visualnya lho!

Andrey Banyudoyo menjadi pembicara dalam sesi "A Great Content From A Great Research" di acara Indonesia Millenial Summit 2020 by IDN Media. Andrey akan tampil di panggung "Talent Trifecta" by IDN Times, pada hari Jumat, 17 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

1. Terinspirasi dari lagu, lahirlah gagasan tentang tempatbercakap

IMS 2020: Terinspirasi Lagu, Andrey Banyudoyo Ciptakan tempatbercakapinstagram.com/trece.xx

Cerita itu dimulai dari ajakan hunting foto oleh teman komplek Andrey di Pasar Minggu. Video yang direkam dari drone yang dia terbangkan, menjadi bahan dari konten video pertamanya.

Malam itu, Andrey masih terjaga hingga pukul 2 pagi. Dia mendengarkan lagu yang berjudul "Getsomerest/sleepwell" dari quickly, quickly. Usai lagu diputar, Andrey bangkit dari tempat tidurnya dan langsung menuliskan idenya.

Menurutnya, gagasan untuk menyatukan video geo-tagging, narasi, dengan iringan lagu lo-fi masih organik dan belum dilakukan di Indonesia. Andrey merasa melalui video yang diproduksinya, ia bisa berbagi cerita dan percakapan tentang memori tempat itu kepada audiens.

2. Selain memproduksi konten tempatbercakap, Andrey juga fokus di bidang akademis

IMS 2020: Terinspirasi Lagu, Andrey Banyudoyo Ciptakan tempatbercakapinstagram.com/trece.xx

Saat ini Andrey menyandang dua gelar di belakang namanya, yaitu Sarjana Ilmu Humaniora (German Studies) dan Master di Jurusan Kesejahteraan Sosial.

Pria yang akrab disapa dengan panggilan Don ini, juga bekerja menjadi asisten dosen sejak tahun 2018 sampai saat ini.

Baca Juga: IMS 2020: Sarah Deshita di Balik Suksesnya Festival Musik Ismaya Live

3. Bagi Andrey, kesempatan untuk berbagi cerita lebih penting daripada materi dan jumlah followers

IMS 2020: Terinspirasi Lagu, Andrey Banyudoyo Ciptakan tempatbercakapinstagram.com/trece.xx

Saat ini, akun Instagram tempatbercakap sudah mencapai 943.000 pengikut. Sementara akun YouTube-nya, telah mencapai 12.000 subscribers.

Salah satu hal yang membuat konten video mereka sempat viral adalah ketika salah satu teman Andrey mengunggah videonya di akun @Dagelan. Walau ketenarannya sedang meroket, ia mengaku keinginannya untuk terus berkarya bukan didasari oleh tujuan profit.

4. Tempatbercakap sebagai forum berbagi cerita

IMS 2020: Terinspirasi Lagu, Andrey Banyudoyo Ciptakan tempatbercakapinstagram.com/trece.xx

Andrey mengajak para pengikutnya untuk mengirimkan cerita mereka tentang suatu tempat. Ia mengaku, narasi yang dikirimkan gak melulu fokus terhadap cerita tempat itu saja, tapi sering juga berisi curhatan pribadi pengikutnya.

Kedekatan tempat atau perasaan yang dirasakan, menjadi salah satu hal yang mengikat para temanbercakap (penikmat akun tempatbercakap) dengan konten-konten mereka.

5. Sudah berpengalaman 7 tahun bekerja seabgai fotograger dan videografer

IMS 2020: Terinspirasi Lagu, Andrey Banyudoyo Ciptakan tempatbercakapinstagram.com/trece.xx/

"Gue punya banyak stock shot di berbagai tempat dan gue ngerasa harus berbuat sesuatu dari sini," ujar Andrey pada dalam salah satu video perkenalan tempatbercakap di Youtube.

Melalui stock foto dan video yang dimilikinya, ia pun memproduksi konten tempatbercakap. Baginya, tempatbercakap bukan hanya menjadi platform karyanya saja, tapi juga sebagai bentuk luapan emosi yang ia interpretasikan melalui suara dan jiwa orang lain.

Cerita-cerita yang ia dapatkan dari berbagai tempat di Indonesia itu, ia olah lagi melalui caption yang ia tulis sendiri. "Jangan lupa bahagia". Kalimat singkat itu selalu Andrey jadikan penutup juga pesan kepada pengikutnya.

Buat kamu yang juga ingin berbagi percakapan seru dan bermakna dengan Andrey, bisa banget nih dateng ke acara Indonesia Millennial Summit 2020.

Indonesia Millennial Summit 2020 adalah pertemuan independen para pemimpin millennial mengusung tema “Shaping Indonesia’s Future”. IMS 2020 digelar di Gedung Tribrata, Dharmawangsa Jakarta Selatan selama dua hari, 17 dan 18 Januari 2020. Acara ini menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten yang memiliki visi membangun Indonesia di masa depan. Dalam IMS 2020 diluncurkan pula Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Research Institute.

Saksikan perkembangan acara di saluran media sosial @idntimes.

Baca Juga: IMS 2020: Mengenal Dio Santoso, Si Pendiri Haluu World yang Hits Abis!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya