Comscore Tracker

5 Tips Merawat Kesehatan Mental ala Psikolog Klinis, Penting nih!

Untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Salah satu pelajaran penting yang bisa kita ambil selama masa pandemik adalah penting menjaga kesehatan mental. Gak heran kalau selama ini, kita melihat beragam cara dilakukan orang untuk mengisi waktu luang dan membuat hati mereka lebih riang.

Dari siaran pers yang diterbitkan oleh Tokopedia, ada 5 tips penting untuk merawat kesehatan mental. Kiat-kiat ini dibagikan oleh Nago Tejena, M.Psi selaku Psikolog Klinis Dewasa. Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia, yuk simak tipsnya berikut ini!

1. Puasa medsos (media sosial) atau kurangi intensitas penggunaannya

5 Tips Merawat Kesehatan Mental ala Psikolog Klinis, Penting nih!Ilustrasi main hp (pexels.com/@d-ng-nhan-324384)

Tips pertama yang dibagikan Nago adalah mengurangi penggunaan media sosial. Menurutnya, intensitas pemakaian media sosial yang terlalu berlebihan punya dampak negatif.

Lebih lanjutnya ia mengatakan, "Terlalu sering membuka media sosial bisa membuat kita mudah cemas karena informasi yang masuk berlebihan dan di luar batas kemampuan kita untuk mengendalikannya."

Untuk itu, Nago pun menyarankan untuk mencari konten yang lebih menghibur. "Saat membuka media sosial, kita bisa mencari berita yang diperlukan. Tetapi, jangan lupa untuk mencari hal lain yang sifatnya lebih menyenangkan dan menginspirasi," tambahnya.

2. Perkuat bonding dengan kegiatan memasak bersama keluarga

5 Tips Merawat Kesehatan Mental ala Psikolog Klinis, Penting nih!Ilustrasi memasak dengan keluarga (pexels.com/@elly-fairytale)

Selama masa pandemik, kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Gak heran kalau intensitas pertemuan dengan anggota keluarga pun menjadi semakin lebih intim.

Untuk memanfaatkan momen berharga ini, kamu bisa membuat kegiatan bonding yang sederhana seperti memasak menu andalan keluarga. Nago menuturkan, "Fungsi memasak itu bukan cuma sebagai hiburan saja. Tapi, juga membantu kita tetap produktif sehingga gak lagi pasif karena situasi pandemik."

3. Memperindah halaman rumah dengan mencoba hobi berkebun

5 Tips Merawat Kesehatan Mental ala Psikolog Klinis, Penting nih!Ilustrasi berkebun dengan keluarga (pexels.com/@gary-barnes)

Selain memasak bersama, kamu juga bisa mencoba hobi baru lainnya bersama keluarga. Ada banyak ide hobi menarik yang bisa kamu coba selama pandemik, lho! Salah satunya adalah melakukan kegiatan berkebun bersama.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas ini. Mulai dari menambah keindahan halaman rumah sampai membuat pikiran jadi lebih segar.

Sebagaimana yang diungkapkan Nago dalam siaran pers, "Berkebun punya beberapa manfaat untuk kesehatan mental. Kita bisa melatih konsentrasi, menata dengan mindful, dan kembali terkoneksi dengan alam yang mungkin selama ini telah kita tinggalkan."

Baca Juga: Jangan Abaikan Kesehatan Mental Selama Pandemik

4. Membiasakan diri untuk melakukan olahraga di dalam rumah

5 Tips Merawat Kesehatan Mental ala Psikolog Klinis, Penting nih!Ilustrasi olahraga di rumah (pexels.com/@cottonbro)

Terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan olahraga. Selain melatih kemampuan fisik dan membuat tubuh terasa lebih bugar, ternyata olahraga juga punya dampak positif bagi kesehatan mental.

Untuk memulai hobi ini pun persiapannya cukup mudah. "Sediakan matras senam, pakaian olahraga, dan alat-alat olahraga yang dapat digunakan di rumah," tutur Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia.

5. Apabila rasa cemas yang kamu rasakan masih berlanjut, sebaiknya kamu menghubungi ahli

5 Tips Merawat Kesehatan Mental ala Psikolog Klinis, Penting nih!Ilustrasi konsultasi psikolog (pexels.com/@cottonbro)

Tips terakhir juga gak kalah penting untuk kamu pahami manfaatnya. Nago menjelaskan bahwa apabila gangguan kecemasan berlebih yang kamu rasakan telah mengganggu pola hidupmu, maka itu menjadi salah satu tanda kamu perlu bantuan profesional.

"Meminta bantuan profesional kesehatan mental bukan hal yang memalukan. Justru hal ini menjadi bukti bahwa kita peduli dan sadar tentang pentingnya menjaga diri," pungkas Nago. Yup, segala upaya menjaga kesehatan mental bukan aib yang perlu kamu tutupi.

Itu dia 5 tips penting menjaga kesehatan mental yang dituturkan oleh psikolog klinis dewasa. Semoga kiat-kiat yang sudah dipaparkan di atas bisa membantu, ya!

Baca Juga: 5 Rasa Malas Ini Baik untuk Kesehatan Mental, Gak Melulu Buruk 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya