Comscore Tracker

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!

Karena siapa pun bisa menjadi seorang psikopat!

Mendengar kata psikopat mungkin bikin kamu teringat dengan pembunuh sadis di film-film horor Hollywood. Dibalik citranya yang menyeramkan, psikopat sendiri merupakan salah satu gangguan psikologi serius. Mereka adalah seorang anti sosial yang tak memiliki empati serta tempramennya terus berubah dan tak bisa diprediksi.

Nyatanya siapa saja bisa menjadi psikopat. Meskipun begitu, sikap mereka tidak melulu sadis seperti digambarkan dalam film-film. Ada beberapa ciri dan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh seorang psikopat yang bisa diamati.

Perlu diketahui bila ciri ini hanyalah gambaran umum. Untuk menentukan seseorang benar-benar mengidap gangguan kejiwaan ini tentu hanya bisa dilakukan oleh dokter jiwa. Lalu, apa saja ciri psikopat yang wajib kamu waspadai? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mahir berbohong

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!ted.com

Seorang psikopat biasanya adalah seorang pembohong ulung. Tak sembarangan, ternyata ada alasan di balik sikap pembohong seorang psikopat. Mereka biasanya melakukan hal ini untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan kelihaian berbicara serta kecerdasan mereka, psikopat tak segan-segan melontarkan cerita palsu demi melancarkan tujuan yang ingin mereka dapatkan.

2. Tak memiliki rasa empati

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!pexels/pixabay

Psikopat cenderung tidak memperdulikan perasaan seseorang, termasuk orang-orang terdekat mereka. Berdasarkan penelitian, para psikopat diketahui tidak memiliki ikatan emosional yang baik. Mereka tidak tahu apa itu kasih sayang dan empati. Hal inilah yang membuat psikopat tidak merasa bersalah saat menyakiti atau menghancurkan perasaan orang lain.

3. Berpenampilan menarik dan pandai merayu

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!huffingtonpost.com

Berpenampilan menarik di sini bukan selalu terlihat tampan atau cantik. Seorang psikopat cenderung menunjukkan sikap charming. Ia juga mudah bergaul dan akrab dengan orang lain. Mereka pintar memainkan kata-kata. Para psikopat juga dikenal pandai merayu dan sering melontarkan pujian untuk lawan bicaranya untuk membuat mereka tersanjung.

Meskipun terkesan berlebihan, keahlian berbicara seorang psikopat bisa mempuatmu percaya dengan apa yang mereka katakan. Biasanya mereka akan memamerkan keahlian atau pengalaman hebat untuk menunjukkan citra positif dan disukai.

4. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!pexels/bruce mars

Para psikopat ingin dilihat sebagai sosok yang paling hebat. Mereka menilai dirinya lebih baik dari orang lain. Hal inilah yang membuat para psikopat sering mengarang cerita atau pengalaman yang menunjukkan kehebatan dan mereka sendiri. Tak heran bila akhirnya para psikopat ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Baca Juga: 7 Alasan Cemburu Bisa Membuat Orang Jadi Psikopat atau Bunuh Diri

5. Jarang menunjukkan emosi

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!pexels/Robson Dobler

Bukan saja tidak memiliki empati, seorang psikopat juga jarang sekali menunjukkan emosi yang mereka rasakan. Mereka mampu tetap tenang meskipun dalam keadaan tertekan. Mereka juga tidak akan merasa malu atau bersalah. Psikopat biasanya tidak menunjukkan gejala neurotik seperti kegelisahan, kecemasan, histeria, perubahan suasana hati, kelelahan ekstrem, dan sakit kepala.

6. Pintar memanipulasi keadaan

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!pexel/fotografierende

Kebohongan yang terus dilontarkan psikopat akhirnya membuat mereka menjadi sosok yang sangat manipulatif. Mereka memiliki gaya hidup bergantung pada orang lain, baik dalam urusan uang, pekerjaan, atau bahkan cinta. Hal ini membuat mereka tidak ragu untuk memanipulasi keadaan untuk mengeksploitasi orang lain demi memenuhi kebutuhannya.

7. Sangat egois dan tak mampu mencintai orang lain

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!pexels/bruce mars

Psikopat dikenal sangat mementingkan dirinya sendiri. Inilah yang akhirnya menjadi alasan psikopat tak mampu mencintai orang lain. Bahkan dalam menjalani hubungan mereka tak segan-segan untuk berselingkuh. Perilaku baik yang mereka tunjukkan bukan karena dasar cinta, melainkan hanya untuk memanfaatkan demi mencapai keuntungan dan tujuan yang mereka inginkan.

8. Cepat bosan

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!pexels/Paula Lavrador

Psikopat tidak bisa melakukan aktivitas yang sama dalam waktu lama karena sifat mereka yang cepat sekali merasa bosan. Mereka juga dikenal tidak takut melakukan perilaku antisosial yang punya resiko tinggi, seperti menipu, mencuri, berselingkuh, bahkan sampai membunuh. Mereka cenderung menikmati adrenaline rush yang muncul setelah melakukan hal-hal membahayakan tersebut.

Itulah beberapa ciri umum yang biasanya ada pada seorang psikopat. Meskipun begitu, untuk menentukan seseorang memiliki kelainan kejiwaan ini tentu harus melalui serangkaian tes, tak cukup hanya melihat ciri-ciri di atas. Namun, paling tidak kamu bisa lebih waspada akan sikap orang-orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Film Bertema Psikopat Ini Ngeri Banget, Berani Nonton?

Topic:

  • Ulfa Luthfia Hidayatty
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya