Comscore Tracker

5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit Hidupmu

Hidup apa adanya jauh lebih nikmat, lho! #IDNTimesLife

Dalam hidup kamu harus banyak bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Dengan begitu maka hidup akan bisa bahagia tanpa memikirkan hal-hal yang tak penting. Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah rasa gengsi yang tumbuh dalam diri seseorang yang membuat ia selalu berusaha bergaya hidup yang tidak sesuai dengan dirinya.

Hal itu tentu saja mengakibatkan dirinya hanya akan menderita karena harus berusaha lebih keras lagi untuk memenuhi gaya hidupnya. Selain hal itu, pada artikel kali ini kita akan bahas lima alasan logis lainnya kenapa rasa gengsi itu cuma mempersulit hidup aja. Apa saja ya? Yuk, simak!

1. Rasa gengsi akan membuatmu jadi orang yang kurang bersyukur

5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit HidupmuIlustrasi seseorang sedang cemberut. (Unsplash.com/priscilladupreez

Rasa gengsi yang ada dalam diri seseorang hanya akan membuat hidup semakin sulit. Rasa gengsi akan membuat seseorang tidak akan pernah merasa bersyukur karena tidak pernah puas dengan pencapaian yang ia raih.

Orang gengsi juga hanya akan berusaha untuk memenuhi gaya hidupnya agar bisa dipandang baik oleh orang lain walaupun hal itu sangat bertentangan dengan kondisinya. Jadi, jika ingin hidup dengan bahagia bersyukurlah dengan apa yang kamu punya dan tak perlu memikirkan pendapat buruk dari orang lain tentang apa yang kamu lakukan.

2. Rasa gengsi akan membuatmu jadi orang yang bermuka dua

5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit HidupmuIlustrasi bermuka dua. (Unsplash.com/brunonw)

Gengsi juga bisa membuatmu jadi orang yang bermuka dua. Dalam artian saat bersama dengan teman-temanmu, maka kamu akan menunjukkan bahwa hidupmu penuh dengan kemewahan dan kebahagiaan karena permintaanmu selalu terpenuhi.

Padahal kondisi kamu sebenarnya tidak berkata demikian, sebaiknya lupakan rasa gengsi agar hidupmu bisa tetap baik-baik saja dengan apa yang kamu punya dan tak perlu memamerkan hartamu hanya untuk mendapat pujian. Dalam hidup, yang terpenting adalah orang-orang yang akan datang walaupun tau keadaanmu yang sebenarnya, bukan mereka yang berteman denganmu hanya karena harta dan kepopuleran.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Renungkan, Buat Kamu yang Sering Termakan Gengsi

3. Rasa gengsi menjadikanmu orang yang boros

5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit HidupmuIlustrasi boros. (Instagram.com/stilclassics)

Sudah jelas bahwa kamu akan jadi boros jika punya rasa gengsi. Kamu akan sebisa mungkin membeli barang-barang yang sudah dibeli temanmu padahal bisa saja ada keperluan lain yang lebih penting daripada sekedar untuk memenuhi gengsimu.

Jika rasa gengsi sudah terpelihara dalam dirimu maka semua uang yang kamu hasikan hanya akan habis untuk memenuhi gaya hidupmu itu. Jadi, rasa gengsi hanya akan mempersulit hidupmu karena harus melakukan hal-hal yang sebenarnya tak perlu untuk dilakukan.

4. Rasa gengsi perlahan akan membuatmu jadi orang yang pesimis

5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit HidupmuIlustrasi seorang pria sedang termenung. (Unsplash.com/_visalli)

Gengsi juga bisa berdampak lebih serius karena bisa menyebabkan seseorang jadi pesimis. Contoh sederhananya adalah saat kamu tak bisa membeli barang yang semua temanmu punya maka kamu akan minder untuk bergaul dengan mereka karena merasa kamu tidak pantas duduk disana karena tak seperti mereka.

Jika hal seperti itu tertanam dalam dirimu, maka tak ada gunanya berteman, karena yang terpenting dalam hubungan pertemanan itu adalah rasa saling peduli dan mengasihi bukannya rasa saling ingin pamer barang-barang mahal.

Jadi, mulai sekarang ubah persepsimu bahwa dalam hidup yang terpenting adalah memiliki rasa cukup dan rasa puas atas apa yang kamu punya. Jangan pernah iri dengan harta orang lain karena itulah kunci hidup bahagia. 

5. Rasa gengsi akan membuatmu selalu mengeluh jika tak bisa memenuhi gaya hidup

5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit HidupmuIlustrasi seorang pria sedang marah. (Unsplash.com/enginakyurt)

Rasa gengsi yang tumbuh dalam diri bisa membuatmu jadi orang yang menyebalkan. Hal ini karena jika keinginanmu tak dikabulkan atau tak tercapai maka kamu akan mengeluh pada semua orang karena merasa malu pada teman-temanmu.

Mengeluh tidak akan bisa menyelesaikan keadaan karena hak itu hanya akan membuat hatimu semakin panas dan penuh dengan penyesalan. Sebenarnya saat situasi itu terjadi yang perlu kamu lakukan adalah menerima keadaan dengan jujur pada dirimu dan orang lain bahwa kamu tak bisa melakukannya dan berjanji akan lebih baik lagi dikesempatan selanjutnya.

Itulah lima alasan logis kenapa rasa gengsi itu cuma akan mempersulit hidupmu. Jadi kamu bukan orang yang gengsian kan? Semoga bukan ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Positif jika Suka Mengamati Orang di Sekitarmu

Ulul Fikri Hasibuan Photo Verified Writer Ulul Fikri Hasibuan

Anything Is Possible If You Believe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya