Comscore Tracker

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut untuk Atasi Emosi Negatif

Simpel tapi tidak terpikirkan  

Rasa marah, kesal, dan sejenisnya identik dengan perasaan amarah yang memuncak disebabkan oleh berbagai penyebab. Ada orang yang tidak dapat mengontrol emosinya ada juga yang dapat mengendalikan amarah dengan mudah.

Ketika rasa marah terasa terlalu berlebihan bahkan dengan keadaan atau situasi yang biasa saja tentu hal yang biasa ini berubah menjadi hal yang patut diperiksakan. Karena rasa marah yang negatif ini adalah faktor yang menyebabkan berbagai penyakit kejiwaan seperti stres, histeria, paranoia, skizofrenia, dan kekhawatiran yang terlalu menyesakkan.

Kali ini ada tujuh tips yang dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk mengatasi rasa marahmu. Simak sampai tuntas ya, penting!

1. Senyum dapat meredakan situasi sulit, meski hanya senyum palsu 

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut  untuk Atasi Emosi Negatifunsplash.com/Carlos Lindner

Tahukah kamu sebuah senyum palsu yang kamu paksakan ketika sedang marah akan sedikit melegakan otakmu karena dengan senyum itu otot-otot sekitar otak mengalami relaksasi. Bayangkan jika hanya satu senyum yang kamu paksakan itu saja sudah sedikit melegakan otakmu apalagi jika kamu senyum yang ikhlas bahkan tertawa puas, tentu akan lebih baik bukan?

2. Mendengarkan musik yang disukai dan menyanyi sepuasnya 

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut  untuk Atasi Emosi Negatifunsplash.com/krakenimages

Cara yang satu ini tentu banyak yang tau manfaatnya. Dengan mendengarkan lagu dan menyanyikannya sejenak, maka rasa tenang akan sedikit demi sedikit terasa dalam otak dan rasa marah akan mereda.

3. Melakukan relaksasi sederhana dan berolah raga 

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut  untuk Atasi Emosi Negatifunsplash.com/Tomasz Wozniac

Manfaat yang sama dari senyum akan kamu rasakan ketika melakukan salah satu kegiatan ini. Bahkan, efeknya akan lebih terasa karena kedua kegiatan ini membuat seluruh otot-otot tubuh berelaksasi sehingga dapat membuat tubuh merasa nyaman dan otak pun relaksasi lalu rasa marah pun hilang.

Baca Juga: Susah Kendalikan Emosi, 5 Zodiak Ini Sering Alami Mood Swing   

4. Lakukan rekreasi sesekali 

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut  untuk Atasi Emosi Negatifunsplash.com/Juli Kosolapova

Melakukan rekreasi sesekali ke tempat luas dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar akan membantumu memperbaiki mood dan pikiran yang menumpuk akan berkurang sehingga tubuh dan pikiran akan tenang untuk menghadapi permasalahan esok hari.

5. Ingat kembali tujuan dan cita-cita awal melakukan sesuatu

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut  untuk Atasi Emosi Negatifunsplash.com/Jeswin Thomas

Jika tujuan awalmu untuk membahagiakan orang tua, maka kamu dapat melakukan hal lain yang dapat dilakukan sekarang selama itu dapat membahagiakan orang tuamu, kenapa tidak?

Jika tujuan awalmu untuk dapat membeli rumah, mendirikan panti asuhan atau jompo, sedekah sebanyak banyaknya, membuka lowongan pekerjaan, maka ada cara lain yang tepat untuk kamu lakukan sekarang untuk menuju tujuan itu. Daripada marah memikirkan masa depan yang suram, lebih melakukan apa yang bisa dilakukan sekarang. Karena kita tidak tau cara mana yang tepat, bisa jadi cara yang tak terduga ini dapat mengantarkanmu meraih tujuan awalmu itu.

Sebenarnya ada banyak hal bermanfaat lain yang dapat dilakukan untuk meredakan amarah hanya saja 

6. Mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain 

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut  untuk Atasi Emosi Negatifunsplash.com/Nonresident

Pepatah lama mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik bagi kehidupan.”

Hal ini tidak salah dan tidak benar. Jika kita bergantung pada pengalaman dari masalah yang kita alami sendiri, maka butuh waktu yang lama bahkan seumur hidup untuk dapt mengerti kehidupan. Kita perlu mempelajari masalah orang lain dan mengambil pelajaran darinya.

Agar kelak ketika kita tertimpa masalah baru  yang datang tiba-tiba kita tidak terlalu marah dan depresi karena setidaknya kita telah mempersiapkan beberapa solusi untuk masalah itu berkat belajar dari kesalahan dan masalah orang lain. Namun, jangan hanya mengambil pelajaran saja. Kita juga harus membantu orang lain untuk mengatasi masalahnya karena dengan begitu kedua belah pihak akan sama-sama mengambil pelajaran.

7. Tidak berdebat dengan masalah yang tidak ada gunanya 

Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut  untuk Atasi Emosi Negatifunsplash.com/Jeremi Thomas

Ketika marah, maka secara normal pikiran kita akan kacau dan akan berujung pada perdebatan dalam pikiran sendiri dan menyalahkan diri sendiri atau bahkan membenci orang lain karena kesalahannya menimbulkan dampak yang buruk untukmu.

Hal baik yang dapat dilakukan adalah ketika pemikiran semacam itu mulai berdatangan, tangkislah dengan melakukan hal lain. Seperti keluar ruangan sebentar untuk melihat suasana luar, ke kafe terdekat untuk menikmati kopi sejenak, atau apa saja untuk menghilangkan pemikiran negatif . Jika sudah tenang kamu akan dapat mengatasi masalahmu dengan kepala dingin dan perasaan yang lebih baik.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meredakan amarah hanya hanya sering kali kita tidak menyadari hal tersebut. Mulai sekarang, tarik napas dalam-dalam sebelum marah dan pikirkan.

Baca Juga: 5 Cara Sehat Meredam Emosi Negatif Agar Tidak Meledak-ledak

Umi Khoiriyah Photo Writer Umi Khoiriyah

Ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan kepada pelaku maksiat. ~Imam Waki' bin Jarrah~ (Guru Imam Syafi'i)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya