Comscore Tracker

5 Alasan Anak Muda Mesti Memiliki Will Power

#GoodLife Jadilah anak muda inspiratif!

Pernah mendengar istilah will power? Sesuai dengan terjemahan mentahnya, will power itu sama dengan kemauan atau keinginan yang kuat. Sebagai anak muda yang penuh energi dan mesti memasuki dunia dan aktivitas positif, kamu wajib memilikinya. 

Jangan biarkan kegamangan atau merasa kurang percaya diri menggerogoti dirimu. Anak muda harus mampu menegakkan wajah, punggung dan pandangan matanya. Tunjukkan seolah satu tanganmu bisa menggenggam dunia. 

Begitulah perumpamaan optimisme yang perlu dibangun dalam sanubari generasi muda. Bagaimanapun, merekalah yang memanggul tanggungjawab di berbagai lini birokrasi dan bidang lain. Mempersiapkan mereka tangguh dan bercita-cita besar adalah kuncinya.

Nah, apa alasan kuat lainnya yang mengharuskan anak muda memiliki spirit yang satu ini?

1. Menuju Indonesia Emas, anak muda wajib punya power lebih dan terkelola

5 Alasan Anak Muda Mesti Memiliki Will Powerunsplash/SakethGaruda

Indonesia Emas 2045 adalah cita-cita Indonesia menjadi negara yang maju dan unggul serta mampu bersaing serta layak berkolaborasi dengan negara lain. Tidak hanya itu, Indonesia juga diharapkan sudah mampu mengelarkan problema klasik yang berkutat di dalamnya seperti korupsi dan kemiskinan.

Saat ini, negara memang sedang menjalani prosesnya menuju cita-cita besar tersebut dengan batas limit tahun 2045. Apa jadinya jika cita-cita yang mulia tersebut tidak diikuti dengan SDM yang bergerak ke arah kualifikasi selayaknya? Bahkan, kualitas tidak akan cukup. 

Anak muda kita wajib punya kemauan yang besar mendobrak berbagai halangan yang pasti datang pada mereka secara cepat ataupun lambat. Butuh napas panjang demi memperjuangkan sesuatu. Percayalah, menuju Indonesia Emas tak akan mudah. Bukan berarti ia tidak mungkin.

2. Negara kita membutuhkan SDM yang berkualitas

5 Alasan Anak Muda Mesti Memiliki Will Powerunsplash/LeTan

Menyambung dari poin sebelumnya, menuju cita-cita besar harus diikuti dengan ikhtiar dan syarat yang besar. Satu di anatar syaratanya adalah, SDM yang ada mesti memiliki kualitas yang sesuai indikator keberhasilan pencapaian tersebut.

Adapun kualitas SDM dapat tercapai apabila individu generasi muda kita juga memiliki will power yang kuat dan besar. Hal itu dapat memengaruhi tingkat ketahanannya menghadapi tantangan menuju puncak kualitas yang pantas.

3. Anak muda punya waktu dan energi yang besar

5 Alasan Anak Muda Mesti Memiliki Will Powerunsplash/WalkerFenton

Jika kamu masih termasuk golongan pemuda, gunakanlah sebanyak mungkin waktumu untuk belajar. Sebab, kamu masih memiliki waktu luang yang banyak dan energi yang besar serta pikiran yang segar. Tidak cukup hanya dengan membaca buku di perpustakaan dan mendengar penjelasan ahli di kelas dengan khidmat. 

Kamu juga harus mengalami pembelajaran secara langsung. Belajarlah untuk memimpin, membaca kondisi sekitar, koneksikan anatara teori yang diketahui dengan realitas yang terjadi. Analisa dan perdalam situasi hingga kamu bisa memutuskan sesuatu dengan akurasi yang tepat.

4. Anak muda punya kesempatan sukses yang besar

5 Alasan Anak Muda Mesti Memiliki Will Powerunsplash/rawpixel

Anak muda punya peluang sukses yang besar, sebab dia memiliki hampir semuanya. Tenaga, waktu dan pikiran adalah komponen yang betah di dekatnya. Kamu bisa pergi kemanapun mencari kebenaran, ilmu dan wawasan. Kamu memiliki tenaga yang cukup menempuh jalan sulit dan terjal. Tumbuhkanlah kemauan yang kuat dalam diri agar semuanya tidak sia-sia dan absen penyesalan di masa tua nanti.

5. Problem kecil dan besar bisa dihadapi dengan kemauan bergerak solutif

5 Alasan Anak Muda Mesti Memiliki Will Powerunsplash/rawpixel

Kemauan besar yang tumbuh dan berkembang dalam sanubari anak muda akan menghasilkan solusi dan gagasan yang tiada habisnya. Tidak percaya? cobalah menempatkan diri dalam zona tidak nyaman. Di sana kamu akan mulai mencari jalan keluar dengan berbagai cara dan upaya. Tidak ada kata gagal yang kamu ingat. Hanya kata sukses yang menempel dalam bara semangat.

Nah, itulah alasan kenapa anak muda seperti kamu harus memiliki will power. Selamat membenahi diri!

arnadh arnadh Photo Verified Writer arnadh arnadh

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya