Comscore Tracker

Suka Writers Block? Ini 5 Cara Memantik Ide Menulis Tiada Habis

#GoodLife Asal ada kemauan, pasti bisa!

Apakah kamu suka menulis?

Bisa dikatakan, menulis adalah pekerjaan yang cukup keren di mata millenials. Namun, jika berpikir jangka panjang, sudahkah bisa dipastikan kamu bisa hidup dari pekerjaan sebagai penulis?

Meski belum diakui sebagai profesi, seseorang memungkinkan hidup dari pekerjaan ini. Sebut saja Asma Nadia, Raditya Dika dan sederet nama penulis lain yang penghasilannya lebih dari cukup menghidupi keluarga dalam tempo sebulan.

Satu prinsip yang harus dimiliki penulis adalah terus produktif menghasilkan karya. Ada sebuah ungkapan menyatakan, tak peduli karya yang meledak dari seorang penulis merupakan upaya yang ke-100, orang akan mengejar karya dari satu hingga sembilan puluh sembilan lainnya. Tentu, ide adalah hal utama yang mesti dimiliki agar tetap mampu mengurai kalimat.

Nah, tantangan sebagian penulis ada di gagasan. Bagaimana caranya agar penulis selalu punya ide tanpa habis-habisnya? Yuk, simak trik berikut!

1. Carilah isu-isu terkini yang sedang trending/viral

Suka Writers Block? Ini 5 Cara Memantik Ide Menulis Tiada Habisunsplash/ChristianWierdiger

Manfaatkanlah mesin pencari untuk mencari informasi yang sedang viral di masa kini. Mengapa harus sesuatu yang viral? Sebab, orang akan menyukainya dan berupaya mencari hal-hal terkait dengannya.

Selain itu, hal viral adalah informasi yang banyak diketahui khalayak ramai. Bahkan, setiap hari akan selalu ada kabar berita baru yang dinikmati orang-orang.

2. Gunakan mind mapping

Suka Writers Block? Ini 5 Cara Memantik Ide Menulis Tiada Habisunsplash/AlvaroReyes

Mind mapping juga salah satu senjata ampuh untuk para penulis. Bagaimana cara menggunakannya? Tidak perlu membuatnya dengan rapi. Cukup kamu menuliskan satu ide besar yang akan diangkat sebagai tema tulisan lalu jabarkan dan buat cabang berbasis 5W+1H.

Kamu juga membutuhkan kemampuan berpikir detil saat menggunakan trik ini. Ingat, hindarilah rasa malas kala mendetilkan sesuatu.

Baca Juga: Selain Dapat Duit, ini 5 Alasan Logis Menulis di IDN Times Community

3. Bawalah catatan kemanapun kamu pergi

Suka Writers Block? Ini 5 Cara Memantik Ide Menulis Tiada Habisunsplash/BritannyNeale

Penting bagimu membawa buku catatan saat berpergian. Biasanya adalam perjalanan atau pertemuan selalu memberikan sebuah petunjuk yang bagus untuk dituangkan dalam tulisan. Maka, persiapkanlah buku catatn dan alat tulis dalam tasmu.

Seorang penulis harus mampu melawan rasa malas membuat tulisan mentah kala tidak berada di ruang kerjanya. Keluarlah dari zona nyaman, guys!

4. Baca buku yang kamu suka dan berkaitan dengan kebutuhanmu dalam menulis

Suka Writers Block? Ini 5 Cara Memantik Ide Menulis Tiada Habisunsplash/DavidIskander

Sebagai penulis, jangan tinggalkan aktivitas membaca, ya! Jangan sampai kultur membaca buku malah hilang. Tujuannya agar tulisan yang kamu hasilkan berbobot dan layak sebagai sumber inspirasi. Tidak hanya itu, buku jadi sumber kosakata bagimu.

Tidak perlu memulainya dengan buku yang berat. Cukup baca buku-buku yang kamu minati. Dengan menyelaminya, gunakanlah komponen-komponen yang cocok untuk bahan tulisanmu.

5. Tonton atau dengarkanlah musik favoritmu

Suka Writers Block? Ini 5 Cara Memantik Ide Menulis Tiada Habisunsplash/JujaHan

Tidak hanya buku dan bahan bacaan lainnya, musik atau tontonan juga sangat membantumu dalam menulis. Musik menyajikan audio yang membuatmu perasaanmu dalam kondisi nyaman dan mudah menyesuaikan mood.

Bahkan musik juga memperkenalkanmu dengan berbagai ekspresi atau variasi tumpahan perasaan seperti sedih, gembira, ketakutan, semangat dan sejenisnya. Adapun tontonan yang menyajikan visualisasi juga bisa menyokongmu dalam menentukan karakter atau konten tulisan yang menarik untuk dipublikasi.

Nah, bagaimana? Sudah menemukan titik terang untuk ide tulisanmu? Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You