Comscore Tracker

5 Cara Produktif Gunakan Internet untuk Para Mahasiswa, Patut Ditiru!

Layak dicoba! #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Percaya deh, mahasiswa itu gak selalu sibuk. Biasanya, para mahasiswa sibuk di momen-momen tertentu saja seperti saat masih berstatus sebagai mahasiswa baru, menjabat sebagai pengurus organisasi, atau belajar saat menjelang jadwal UTS dan UAS dan mengerjakan tugas. Selebihnya, banyak waktu luang yang bisa mahasiswa manfaatkan untuk mengembangkan potensi dirinya.

Dengan sumber daya internet yangtelah merambah ke berbagai wilayah dan memudahkanmu untuk mendapatkan informasi terkini, sayang banget apabila internet hanya kamu gunakan untuk aktif di media sosial dan nonton video lucu serta drama Korea. 

Berikut ini tips menggunakan internet secara produktif yang bisa kamu coba. Yuk, simak ulasannya!

1. Jualan online aja deh!

5 Cara Produktif Gunakan Internet untuk Para Mahasiswa, Patut Ditiru!unsplash/ArtemBali

Pertajam insting bisnismu lewat jualan online, wahai para mahasiswa!

Hari gini gak perlu malu-malu menawarkan dagangan ke para followers, teman, maupun kenalanmu. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan barang-barang yang sekiranya dibutuhkan oleh mereka.

Kamu bisa mulai dengan jualan jilbab, gamis, kaos, cemilan, sepatu, sandal dan barang-barang yang umumnya mudah laku. Selain dapat uang tambahan, internet di gadgetmu jadi gak sia-sia, deh!

2. Asah kemampuan bikin desain grafis dan mengedit video

5 Cara Produktif Gunakan Internet untuk Para Mahasiswa, Patut Ditiru!unsplash/Jeshoot

Nah, terlepas kamu suka ataupun tidak, skill desain grafis dan video editing penting kamu miliki saat ni. Sebenarnya, gak ada alasan kamu gak bisa mempelajarinya karena kamu hanya butuh internet dan laptop.

Di era digital seperti saat ini, kedua skill tersebut sangat berguna saat perkuliahan maupun pasca kampus.

Kamu bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk promosi barang, bikin event, penyedia jasa video editing, dan modal sebagai content creator. Sehingga kamu tak perlu membayar atau mengharapkan jasa orang lain karena kamu sendiri sudah memiliki kemampuan tersebut. Enak banget, kan?

Baca Juga: 9 Hal Inilah yang Bakal Terjadi Jika Internet Menghilang dari Dunia

3. Perbanyak belajar teknik membuat aplikasi

5 Cara Produktif Gunakan Internet untuk Para Mahasiswa, Patut Ditiru!unsplash/DanialRicaros

Saat ini, tren aplikasi sangat menjanjikan, baik aplikasi berbasis Android maupun software lainnya.  Hampir seluruh bidang membutuhkan aplikasi. Hanya saja, tenaga ahlinya masih sedikit. Sebab, hanya orang-orang passionate di bidang tersebut yang bisa membuatnya.

Jika kamu punya minat ke arah sana, manfaatkanlah internet sebaik mungkin untuk mempelajari cara-caranya melalui tutorial di YouTube. Atau kamu bisa juga belajar sama ahlinya lewat kelas-kelas virtual. 

Tentunya, untuk mengakses video tutorial coding maupun langkah-langkah membuat aplikasi, kamu butuh internet dengan kecepatan #4GPlusKuat supaya #MakinKuatInternetan dan lancar.

Nah, paket Freedom Combo dari IM3 Ooredoo punya kuota ekstra hingga 8GB untuk STREAM ON di YouTube. Harga juga terjangkai, mulai dari Rp65.000. Acara belajarmu juga jadi lebih ekstra.

Ayo cek jangkauan jaringan internet 4G Plus IM3 Ooredoo di link https://indosatooredoo.com/4gplus. 

4. Jadi penulis lepas asyik juga lho!

5 Cara Produktif Gunakan Internet untuk Para Mahasiswa, Patut Ditiru!unsplash/Realmac

Buat kamu yang hobi nulis, ayo gunakan internet sebagai sarana menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas.

Ketimbang bikin status galau dan bikin baper, lebih baik bikin tulisan yang menggugah. Tulisan berkualitas hanya bisa dicapai dengan frekuensi latihan yang konsisten. Kamu bisa menggunakan platform online maupun koran dan majalah untuk publikasi karya. Beberapa di antaranya malah memberikan bayaran yang memuaskan.

Jadi, kamu sama sekali gak rugi, justru keuntungannya berlipat ganda. 

5. Tes bakat dan kepribadian di situs-situs terpercaya

5 Cara Produktif Gunakan Internet untuk Para Mahasiswa, Patut Ditiru!unsplash/AngeloMoleele

Ketimbang overdosis menyimak isi beranda atau timeline di media sosial, lebih baik kamu gunakan waktu dan kuota internetmu untuk tes kepribadian dan bakat secara online.

Sebenarnya, banyak banget situs penyedia layanan tes kepribadian maupun bakat. Tapi, kamu tetap harus selektif memilihnya.

Meski pada akhirnya kamu tetap butuh konsultan untuk memastikan potensi dirimu, tes tersebut bisa menjadi gambaran sedikit untuk mengetahui bagaimana kepribadianmu dan apa saja kelebihan yang kamu miliki. 

Nah, rugi banget kan kalo tips di atas gak dicoba? Selamat menggunakan internet secara produktif!

Baca Juga: Berkat Internet, Kamu Bisa Terjun di 5 Bidang Menjanjikan Ini

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You