Comscore Tracker

Sadarlah, 5 Hal Ini Menyebabkan Manajemen Waktumu Berantakan

#GoodLife Merasa selalu kehabisan waktu?

Pernahkah kamu mengalami terlambat menghadiri acara-acara penting, bangun kesiangan, lembur tak jelas, sholat selalu di akhir waktu, menonton drama secara maraton sampai lupa waktu dan lupa mengerjakan rutinitas?

Jika jawabannya iya, maka bisa dipastikan kamu memiliki manajemen waktu yang buruk alias berantakan. Dampak dari itu semua sangat berbahaya jika menjadi kebiasaan. Sebab, mengubah kebiasaan dalam waktu singkat adalah hal yang mustahil.

Tidak hanya sampai di situ. Di masa depan, kamu akan dicap bermasalah saat memasuki dunia kerja atau saat berdampingan dengan masyarakat. Tentu, hal ini akan mengerikan jika kamu mengabaikan perbaikan diri.

Untuk memperbaikinya, kenalilah akar masalahnya. Hal apa saja yang berpotensi mengacaukan hari-harimu? Yuk, simak bareng!

1. Tujuan hidup yang belum mantap

Sadarlah, 5 Hal Ini Menyebabkan Manajemen Waktumu Berantakanunsplash/JoshuaRawson

Tujuan hidup merupakan ujung dari segala hal yang ingin kamu capai selagi bernapas. Ada yang bersifat umum dan ada pula yang khusus. Tujuan hidup secara umum merupakan tujuan besar yang membutuhkan langkah-langkah kecil, perlahan tapi pasti untuk meraihnya. Tujuan hidup secara khusus pun sebetulnya bagian dari representasi yang memudahkan kita untuk mencapai tujuan umumnya.

Mungkin semua menyadari apa tujuan hidup masing-masing. Akan tetapi, tidak semua orang mampu merumuskannya hingga merencanakan cara untuk menggapainya. Penyebabnya adalah tingkat keyakinan. Tidak heran jika kita akan bertemu dengan orang yang membiarkan hari-harinya mengalir begitu saja. Katanya, biarlah mengalir seperti air. Namun, ada kalanya kamu akan menemui seseorang yang tidak membiarkan satu detiknya terlewat tanpa kerja dan usaha demi pencapaian yang ditargetkan.

2. Belum pernah merasakan kegagalan yang menyakitkan

Sadarlah, 5 Hal Ini Menyebabkan Manajemen Waktumu Berantakanunsplash/NickKarvounis

Benar kata pepatah, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tuhan sedang mendidik kita agar siap dengan tantangan yang lebih berat. Fase kegagalan adalah hal yang wajib dirasakan setiap orang agar mereka tahu persis bagaimana rasanya berada di posisi yang tidak menguntungkan dan efek dari salah langkah.

Kegagalan yang menyakitkan akan membuat seseorang lebih berhati-hati di lain waktu. Mereka waspada dan terkesan curiga penuh. Dalam hal manajemen waktu, mereka disiplin sebab tidak ingin mengalami kerugian dan jatuh ke lubang yang sama.

Baca Juga: Sering Menunda Pekerjaan? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Makin Produktif

3. Gamang dengan cita-cita

Sadarlah, 5 Hal Ini Menyebabkan Manajemen Waktumu Berantakanunsplash/NiklasHamann

Hampir semua orang punya impian, cita-cita, obsesi dan sejenisnya. Tapi berapa banyak di anatara mereka yang bergerak nyata menuju titik tujuan? Tidak 100% tentunya.

Penyebabnya bisa jadi adalah kegamangan. Ragu menyelimuti hati, mempertanyakan diri atas sesuatu yang sungguh diinginkan. Penyebab lainnya, ragu akan hasilnya yang sesuai ekpektasi atau tidak. Penyebab lainnya lagi, ragu akan cara menempuhnya yang pasti tidak mudah. Pada akhirnya, kamu jatuh ke lubang yang penuh angan.

Perlahan, kamu pun melupakan impianmu dan sibuk dengan pekerjaan yang tidak jelas ujungnya serta ke mana arahnya. Akibatnya, banyak waktu yang terbuang percuma karena kamu tidak punya cita-cita yang pasti. 

4. Main gadget sampai lupa waktu

Sadarlah, 5 Hal Ini Menyebabkan Manajemen Waktumu Berantakanunsplash/rawpixel

Berhati-hatilah dengan gadget. Sebaikinya, kamu mulai tegas pada diri sendiri. Katakan dengan lantang bahwa kamu menggunakan gadget untuk perkara penting saja. Banyak kasus menunjukkan, terlena kala interaksi dengan gadget membuat manusia malas, tidak produktif dan buat rutinitas kacau.

5. Tidak ada perencanaan agenda yang rapi

Sadarlah, 5 Hal Ini Menyebabkan Manajemen Waktumu Berantakanunsplash/TheJournal

Nah, poin terakhir adalah tidak adanya perencanaan dalam sehari, sepekan, sebulan, setahun, sewindu dan seterusnya membuat kamu mudah membuang waktu. Padahal, jika dibuat daftarnya, pekerjaan yang ada tidak akan cukup diselesaikan dengan waktu yang tersedia.

Itu sebabnya, penting sekali bagimu untuk membuat perencanaan agenda dalam jangka waktu tertentu, terutama agenda harian. Jika kamu berhasil mengatur diri dalam sehari, bisa dijamin dalam jangka waktu lama kamu juga akan sukses mengelola perkara besar seperti organisasi, bisnis dan lainnya.

Nah, itulah penyebab waktumu berantakan yang perlu diwaspadai. Yuk, perbaiki diri

sedini mungkin!

Baca Juga: Sepele, Tapi Mungkin 5 Poin Ini Penyebab Kamu Gak Produktif

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You