Comscore Tracker

5 Tanda Ini Tunjukkan Kalau Kamu Telah Meremehkan Diri Sendiri

Yuk, evaluasi diri!

Manusia itu berharga dan unik. Setiap orang punya peluang yang sama untuk bersinar, bahkan dengan caranya masing-masing. Jika Bill Gate bersinar lewat karya Microsoft, maka Steve Job melalui Apple. Jika Jackie Chan terkenal lewat film aksi nan kocaknya, maka J.K Rowling malah dikenal lewat novel Harry Potter. Tidak ada jalan kesuksesan yang sama persis, sebab semua insan pun merupakan produk limited edition yang Tuhan kreasikan.

Jika hari ini kamu masih menatap langit kesuksesan orang lain, bukan tidak mungkin di lain waktu orang-orang akan menatapmu dengan binar dari permukaan bumi. Asalkan, mulai sekarang kamu berhenti meremehkan diri sendiri. Apakah itu terdengar aneh? Mungkin, iya. Tapi nyatanya, itulah penyebab banyak orang sulit berkembang. 

Apa saja indikasi yang menunjukkan kamu telah meremehkan diri sendiri? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Merasa rendah diri

5 Tanda Ini Tunjukkan Kalau Kamu Telah Meremehkan Diri Sendiriunsplash/JeremyYap

Percayalah, rendah diri juga termasuk kebiasaan yang menunjukkan kamu sedang meremehkan diri sendiri. Kamu dengan pikiran dan pemikiran yang sehat dan sempurna tidak mungkin hanya bisa makan, minum dan bermalas-malasan. Kamu bisa melebihi dugaanmu sekalipun. Kuncinya, temukan potensi diri dan terus mengasahnya hingga tajam hingga mampu menebas tantangan yang menerjang. Rendah diri artinya, kamu hanya melihat kekurangan-kekurangan yang membentuk dirimu saat ini. Tentu, tidak mengherankan jika kamu sulit berkembang karena kamu tidak fokus pada kelebihan diri. 

2. Pesimis dengan kompetensi diri

5 Tanda Ini Tunjukkan Kalau Kamu Telah Meremehkan Diri Sendiriunsplash.com/Christian Fregnan

Mengetahui kelebihan diri saja tidak cukup. Jika kamu tidak bersemangat memberdayakan diri di jalur yang tepat, itu juga sama saja dengan meremehkan diri sendiri. Setiap potensi diri adalah bekal yang bisa kamu gunakan untuk bertahan hidup. Dengan terus menggalinya, kompetensi dirimu pun terbentuk. Jika saat ini kamu bertemu dengan orang berbakat tapi tak menjadi apa-apa selama hidupnya, itulah contoh sempurna dari orang yang telah meremehkan dirinya sendiri. Betapa sia-sianya waktu yang dimilikinya. 

3. Membiarkan hidup tanpa perencanaan

5 Tanda Ini Tunjukkan Kalau Kamu Telah Meremehkan Diri Sendiriunsplash/JRKorpa

Membiarkan hidup tanpa perencanaan juga merupakan bagian dari sikap meremehkan diri sendiri. Dengan santainya, kamu bangun kesiangan, membiarkan pekerjaan terbengkalai, bolos kuliah, hanya menonton seharian di depan laptop, keluar rumah hanya untuk makan, dan sebagainya. Tidak ada aktivitas yang kamu rencanakan dengan detil dan terukur dalam sehari. Kamu membiarkan hari-harimu berlalu tanpa makna. Ingatlah, betapa meruginya kamu. 

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menumpas Rasa Tak Percaya Diri, Yuk Latih dari Sekarang!

4. Takut menghadapi kesulitan

5 Tanda Ini Tunjukkan Kalau Kamu Telah Meremehkan Diri Sendiriunsplash/LauKeith

Takut menghadapi kesulitan artinya kamu tidak siap dengan resiko yang menghadang. Dengan kata lain, kamu juga sedang meremehkan diri sendiri. Bagaimana bisa? Jika kamu lebih banyak merasakan ketakutan, artinya kamu tidak percaya bahwa keberanian dan kemampuan bisa bangkit dalam dirimu. Jika kamu hanya fokus dengan poin kelemahan diri, maka selamanya kamu tidak akan melangkah kemanapun. 

5. Cuek dalam menyikapi perubahan global

5 Tanda Ini Tunjukkan Kalau Kamu Telah Meremehkan Diri Sendiriunsplash/freestock.org

Tidak peduli, antipati, anti sosial, gaptek dan pasif terhadap perubahan global dan sekitar adalah bentuk meremehkan diri sendiri yang ke sekian. Sikap tidak peduli itu berdampak buruk di masa depan. Wawasan yang kurang membuat kamu sulit mengembangkan diri, tidak mengerti tren kekinian dan susah beradaptasi. Padahal, dunia tak lepas dari dinamika yang mengejutkan dan menimbulkan ketidakpastian. Sudah selayaknya, kita berhati-hati dengan perkembangan zaman dengan cara mempersiapkan kompetensi diri. 

Bagaimana denganmu?

Baca Juga: Selalu Tampil Percaya Diri, Ini 5 Pekerjaan yang Pas Buat Orang ENFP

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You