6 Poin Ini Bikin Kamu Gak Berat Menjalani Puasa Lho!

#RamadanMasaKini Lapar dan haus bakalan gak terlalu berasa

Menjalani puasa di bulan suci memang punya kesan tersendiri. Selain itu dirayakan oleh seluruh umat Islam di dunia, suasana Ramadan juga terasa lebih religius di segala lini. Sekolah, kampus, dunia hiburan dan sebagainya berlomba-lomba menggunakan Ramadan sebagai momen menyejukkan. 

Namun, tidak dipungkiri juga bahwa puasa akan terasa memberatkan bagi sebagian orang. Jika kamu mengalami hal yang sama, ada baiknya mencari tahu hal-hal yang bikin kamu enjoy menjalani puasa.

Yuk, simak ulasan berikut!

1. Menjadikan Ramadan sebagai sarana berburu kebaikan dan pahala

6 Poin Ini Bikin Kamu Gak Berat Menjalani Puasa Lho!unsplash/LukeEllis

Tanamkanlah sebuah pola pikir dengan baik bahwa Ramadan adalah jalan yang bisa kita manfaatkan untuk berburu kebaikan dan pahala yang berlimpah. Allah menjanjikan pahala yang besar untuk umat yang menjalankan puasa dengan kesungguhan. Setiap pahala akan mengantarkan kita pada pintu-pintu kebaikan. 

2. Menyiapkan suasana hati gembira kala menyambut Ramadan

6 Poin Ini Bikin Kamu Gak Berat Menjalani Puasa Lho!unsplash/JeremyCai

Buatlah hati kita gembira akan kehadiran Ramadan. Kegembiraan itu bisa kita upayakan dengan mempelajari keistimewaan Ramadan bagi umat Muslim. Hati yang bahagia akan muncul seiring dengan keiikhlasan kita menjalankan ibadah-ibadah yang dianjurkan. 

3. Membuat target amal-amal sholeh

6 Poin Ini Bikin Kamu Gak Berat Menjalani Puasa Lho!unsplash/EmmaMathewws

Jangan sampai kamu tidak membuat target-target amal sholeh selama Ramadan, ya. Bakalan rugi banget! Hari-harimu pun akan berlalu sia-sia karena tidak dirancang dengan baik. Dengan target-target harian, kamu bisa evaluasi diri secara mandiri dan selalu sibuk menambah amalan pribadi. 

Baca Juga: 7 Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa, Ini Penjelasan Medisnya!

4. Menikmati hidangan berbuka tanpa berlebihan

6 Poin Ini Bikin Kamu Gak Berat Menjalani Puasa Lho!unsplash/DavideCentelli

Meski kamu sudah menahan lapar dan haus seharian, janganlah kamu berlebihan dalam menyantap makanan saat berbuka. Berikan ruang untuk kamu mampu beribadah dengan nyaman. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak selalu baik, kan? 

5. Bangun lebih awal menjelang sahur

6 Poin Ini Bikin Kamu Gak Berat Menjalani Puasa Lho!unsplash/AmandaJones

Bangunlah lebih awal dari jadwal makan sahur. Kamu bisa menggunakan jeda waktu dengan membaca buku, salat tahajjud, baca Quran dan aktivitas positif lainnya. Dengan bangun lebih awal, tubuhmu akan lebih nyaman melakukan aktivitas tanpa kantuk. 

6. Mengisi waktu siang hari dengan aktivitas seperti biasa

6 Poin Ini Bikin Kamu Gak Berat Menjalani Puasa Lho!unsplash/PriscillaDuPreez

Jalanilah aktivitas harian seperti biasa dan anggap saja aktivitas itu menunjang pahalamu di bulan Ramadan. Sebab, tidak hanya ibadah yang Tuhan balas dengan pahala tapi juga daily activities yang positif. Jalanilah harimu dengan perasaan gembira hingga tiba waktunya berbuka. 

Bagimu yang sering merasa berat saat puasa, yuk jalani Ramadan secara asyik dengan cara di atas!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You