Bingung Cara Mencintai Dirimu Sendiri? Cobalah 5 Tips Ini

Jangan ragu menerima kasih sayang dari diri sendiri!

Seringkali kita lebih mementingkan kebahagiaan orang lain ketimbang diri sendiri. Alhasil kita tidak berani tegas, banyak mengalah, tidak percaya diri dan terlalu submisif. Dengan dalih menghargai orang lain, kita lupa untuk memerhatikan dan menghargai diri sendiri. 

Kita juga menganggap orang lain jauh lebih baik hanya karena dia sedikit berani. Padahal, kita juga punya sisi tersebut jika mau mengelolanya dengan baik. Jika hal tersebut terjadi berkelanjutan, maka tidak heran jika kamu akan mudah depresi dan frustasi. 

Solusi utama untuk keluar dari problema tersebut adalah dengan cara menghargai dan mencintai dirimu lebih banyak. Hanya saja, banyak orang juga bingung bagaimana cara memulainya.

Yuk, simak tips berikut!

1. Memuji diri sendiri

Bingung Cara Mencintai Dirimu Sendiri? Cobalah 5 Tips Iniunsplash/BruceMars

Ya, memuji diri sendiri adalah cara pertama yang bisa kamu praktikkan untuk menghargai dan mencintai dirimu sendiri. Mungkin ini terdengar aneh dan norak. Tapi, ingatlah bagaimana sensasinya ketika kamu dipuji oleh orang lain? Kita tidak pernah bisa mengukur ketulusannya. Namun, ketika kita sendiri yang melakukannya, maka kita bisa mengetahui sejauh mana ketulusan diri kita menerima diri sendiri. 

Pujilah dirimu atas pencapaian yang telah kamu raih hingga sekarang. Pujilah dirimu atas musibah dan ujian yang berhasil kamu lalui sampai saat ini. Itulah kelebihan-kelebihanmu. 

2. Beri waktu untuk istirahat saat lelah

Bingung Cara Mencintai Dirimu Sendiri? Cobalah 5 Tips Iniunsplash/JarekCeborsky

Jangan paksakan dirimu saat kepala terasa sakit atau tubuh lelah akibat bekerja keras. Berilah waktu kepada dirimu sendiri untuk istirahat hingga sekadar memanjakan diri. Caranya bisa dengan menyiapkan cemilan, menonton acara favorit atau sekadar cuci mata. Katakan kepada dirimu bahwa kamu sungguh berharga, santai saja, dan jangan merasa tertekan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam 

3. Maafkan diri sendiri

Bingung Cara Mencintai Dirimu Sendiri? Cobalah 5 Tips Iniunsplash/LinaTrochez

Tidak semua hal bisa berjalan mulus dan sesuai rencana dan perhitungan kita. Kadang, terjadi kegagalan dan kesalahan. Maka, maafkanlah dirimu sendiri di kala khilaf.

Saat kamu terlalu banyak menuntut diri sendiri, depresi berpeluang mendekat juga lebih besar. Maka, sebaiknya kamu membiasakan berpikir solutif dalam setiap kesempatan.

Jika ada kesalahan atau kegagalan, maka kamu tidak perlu emosi dan marah. Cukup pikirkan solusi dan jalan keluarnya. 

4. Cari tahu potensi diri

Bingung Cara Mencintai Dirimu Sendiri? Cobalah 5 Tips Iniunsplash/BruceMars

Menggali potensi diri itu penting sekali untuk mengetahui titik kelebihanmu sendiri. Maka dari itu, modal mengenal karakter dan kebiasaan diri harus besar. Jangan abai akan sikap-sikap yang muncul dalam dirimu. Setiap detailnya memberi informasi tentang dirimu. 

Menggali potensi diri juga dapat dilakukan dengan tes personalitas atau bakat. Tes tersebut harus diisi dengan sungguh-sungguh demi membuktikan sejauh mana kamu mengenali diri sendiri. Inilah saatnya kamu melihat titik kelebihanmu ketimbang berkubang dengan poin kelemahan. 

5. Beri kesempatan untuk aktualisasi diri

Bingung Cara Mencintai Dirimu Sendiri? Cobalah 5 Tips Iniunsplash/YouXVenture

Setiap orang pada dasarnya ingin dihargai berbasis kemampuannya. Mereka ingin dipandang bukan sebatas status sosialnya saja. Ada potensi diri yang perlu digali dan akan banyak berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. Begitu juga dengan dirimu. 

Maka, siapkanlah ruang dan waktu untuk dirimu melakukan aktualisasi diri sesuai passion, minat dan bakat. Waktu-waktu yang kamu lalui akan terasa bermakna. Kamu pun akan merasakan betapa dirimu berharga.

Nah, demikianlah tips yang bisa kamu coba. Jangan ragu untuk menerima kasih sayang dari dirimu sendiri ya, guys!

Baca Juga: 6 Hal Ini Buatmu Mampu Berdamai dan Lebih Mencintai Diri Pasca Putus

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You