Comscore Tracker

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Home

#dirumahaja Belajar jadi lebih efektif dan efisien

Work from home atau bekerja dari rumah di masa-masa virus corona mewabah tidak hanya berdampak pada orang-orang yang bekerja. Siswa, mahasiswa, dan penduduk sipil lainnya juga diminta untuk belajar dan beraktivitas di rumah. 

Di era digital saat ini, belajar tanpa harus bertatap muka dengan tenaga pengajar sudah bukan menjadi problem berat. Sebab, ada alternatif e-learning yang bisa dimanfaatkan  di dunia pendidikan. Apa itu? 

E-learning atau electronic learning adalah sistem pembelajaran yang memanfaatkan perangkat komputer dan teknologi agar tujuan pembelajaran tercapai. Banyak sekali sebaran situs belajar online yang bisa dipilih sesuai kemampuan. Ada yang berbayar bahkan gratis. Bahkan, group chat pun bisa dikembangkan menjadi sarana e-learning. Beragam aplikasi untuk meeting juga turut direkomendasikan demi mempermudah interaksi pengajar dan peserta didik. 

Nah, apa saja manfaat yang bisa kamu serap dari e-learning di masa-masa WFH? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Waktu belajar lebih fleksibel

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Homeunsplash/HjBarraza

Jika biasanya kamu punya jadwal belajar di sekolah atau kampus berkisar antara pukul tujuh hingga tiga sore, dengan e-learning kamu dan teman-temanmu bisa mengusulkan pergeseran waktu. Waktu selesainya juga lebih cepat.

Bahkan, jadwal belajar tidak harus di siang hari. Bisa juga mulai di malam hari dengan durasi yang singkat. 

2. Penggunaan waktu lebih efisien

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Homeunsplash/BrookeCagle

Efisiensi waktu akan sangat terasa pada sistem e-learning. Tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan menuju instansi dan kelas. Para peserta didik bisa menikmati sarapan dengan lebih tenang. Guru atau dosen tidak perlu lama-lama memonitor peserta didik seperti biasa. Asalkan, instruksi penugasan atau materi yang diajarkan tersampaikan dengan jelas. 

Intinya, guru dan murid sama-sama dibikin enak. Dengan catatan, kedua belah pihak menjaga komitmen untuk disiplin dan jujur dalam proses pembelajaran. 

Baca Juga: Lagi Social Distancing? Tenang, Belanja Aman Pakai 5 Aplikasi Ini Aja!

3. Kesehatan tetap terjaga saat belajar

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Homeunsplash/BrookeCagle

Berhubung semua proses belajar dilaksanakan di rumah, kesehatan semua pihak lebih terjaga dan terjamin selama tidak berinteraksi atau kontak fisik dengan carrier atau orang yang terinfeksi COVID-19. 

Dengan e-learning, kamu bisa belajar di rumah dengan lebih tenang, dekat dengan keluarga dan bebas dari potensi penularan wabah virus corona. 

4. Menghemat biaya operasional

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Homeunsplash/AlexanderMills

Biaya operasional dalam pembelajaran juga bisa dihemat lebih banyak oleh kedua belah pihak. Mulai dari biaya bahan bakar kendaraan, ongkos transportasi, bekal makanan, uang jajan hingga untuk kebutuhan belajar di kelas. 

Setidaknya, dana yang dihemat bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih genting seperti penyediaan stok masker, alkohol, hand sanitizer, dan sembako. 

5. Mendorong kreativitas pengajar dalam mengemas bahan ajar

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Homeunsplash/WilliamIven

Belajar dengan e-learning juga menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk merancang materi atau bahan ajar yang lebih kreatif. Sebab, saat ini diperlukan kreativitas guru agar semangat siswa terus meningkat dalam belajar. Jika tidak, maka guru akan dikalahkan oleh unsur lain yang lebih menarik minat siswa. 

Banyak sekali hal-hal di internet yang bisa dimanfaatkan guru untuk menghasilkan kreativitas. Mulai dari situs belajar hingga kreasi dari video dan grafis. 

6. Peserta didik punya kesempatan mendapat konten materi yang lebih banyak

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Homeunsplash/BrookeCagle

Jika biasanya kamu hanya mendapatkan sedikit ilmu dari durasi yang pendek saat proses pembelajaran, dengan e-learning kamu berkesempatan mendapat banyak materi dan referensi untuk membaca dari rekomendasi guru atau dosen. Tentunya, kamu bisa belajar mandiri di laim waktu lewat bahan-bahan tersebut. 

Jangan sampai bahan materi itu hanya disimpan tanpa pernah dibuka ya, guys. Bakalan percuma, dong. 

Nah, itulah manfaat e-learning yang bisa dirasakan jika digunakan secara benar dan maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumah

Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Home(IDN Times/Arief Rahmat)

Uswatun Niswi Photo Verified Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya