Comscore Tracker

5 Penyebab Spirit Ibadah Mudah Turun di Penghujung Puasa

#RamadanMasaKini Tak terasa sudah terlewati separuh Ramadan

Tanpa terasa Ramadan sudah berjalan separuh bulan. Artinya, sisa waktu puasa pun sudah berkurang banyak. Sebagai momentum mengejar pahala dan memperbaiki kualitas diri, sudahkah amal ibadah kita lakukan secara maksimal?

Umumnya, semangat ibadah kita mudah sirna perlahan mendekati penghujung Ramadan. Hal ini memang lumrah terjadi namun bukan berarti bisa dijadikan sebagai pembenaran. Momen yang hanya terjadi setahun sekali ini sudah selayaknya kita perlakukan dengan istimewa. 

Lantas, apa penyebab semangat kita mudah mengalami reduksi ketika Ramadan akan berakhir? Yuk, cek poin-poin berikut!

1. Keikhlasan yang belum sempurna

5 Penyebab Spirit Ibadah Mudah Turun di Penghujung Puasapixabay.com/3938030

Niat yang tulus akan membawa kualitas pada setiap urusan maupun pekerjaan yang kita lakoni. Bagaimana dengan semangat ibadah yang sering menurun di bulan suci? Bisa jadi, niat kita pun belum sempurna atau sungguh-sungguh menghadapi momen ibadah secara total. Fokus di alam pikiran masih terpecah belah ke urusan-urusan lainnya seperti beban pekerjaan, ekonomi dan sejenisnya. 

2. Masih mempertahankan kebiasaan buruk

5 Penyebab Spirit Ibadah Mudah Turun di Penghujung Puasaunsplash/BrookeCagle

Nah, memang benar jika kebiasaan buruk akan berdampak pada kualitas ibadah kita secara pribadi. Sebab, kebaikan dan kejahatan tidak akan bisa berjalan beriringan dalam diri kita. Di antara keduanya, kita harus memilih salah satunya. Pilihan itu yang menentukan sikap dan karakter kita. Bisa jadi, kita masih mempertahankan kebiasaan buruk atau maksiat kecil hingga spirit ibadah di hati semakin terkikis. 

Baca Juga: 6 Tips Agar Kamu Istiqomah Beribadah Selama Ramadan, Berani Coba?

3. Tidak mempersiapkan diri dengan baik saat penyambutan

5 Penyebab Spirit Ibadah Mudah Turun di Penghujung Puasaunsplash/AlexWood

Rasulullah SAW telah memberi contoh betapa apiknya persiapan beliau menghadapi Ramadan. Beliau memperbanyak puasa sunnah sebelum bulan puasa tiba agar tubuh maupun berbagai rekasi di dalamnya terbiasa selama sebulan penuh. Persiapan itu bahkan bertujuan untuk mempertahankan kualitas diri pasca Ramadan. Persiapan yang minim juga akan berpengaruh pada tingkat semangat dan kualitas amal sholeh yang mampu dilakukan. 

4. Merasa terbebani

5 Penyebab Spirit Ibadah Mudah Turun di Penghujung Puasaunsplash/VictorFreitas

Allah pun menganjurkan umat-Nya untuk menyambut Ramadan dengan perasaan gembira. Perasaan semacam itu akan membuat kita mampu mempertahankan semangat ibadah dan tidak menyia-nyiakan waktu di tiap detik bulan suci. Sebaliknya, perasaan terbebani justru membuat kita mudah berhenti dan melupakan tujuan di bulan puasa.

5. Melupakan esensi puasa di bulan Ramadan

5 Penyebab Spirit Ibadah Mudah Turun di Penghujung Puasaunsplash/JoshSorenson

Sebenarnya, banyak esensi puasa penting dibangun dalam jiwa raga kita. Bukan sekadar menahan lapar dan haus tapi juga belajar berjuang dalam suasana sempit. Bukan sekadar memberi istirahat organ-organ tubuh dari aktivitas pencernaan dan metabolisme, tapi juga menumbuhkan empati sosial. Lalu, kita melupakan esensi tersebut hingga menjalani puasa secara asal-asalan alias sama seperti hari biasanya. Hari-hari terlewati tanpa diwarnai dengan ibadah, zikir dan mempelajari ilmu agama lebih banyak. 

Itulah poin-poin yang berpotensi mengurangi semangatmu kala beribadah di Ramadan. Selamat berkontemplasi!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Ibadah Puasa Gak Diterima, Hindari Ya

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You