Comscore Tracker

5 Sikap yang Bikin Teman Enggan Ngobrol denganmu, Catat!

Bebas ngobrol bukan berarti yang melewati batas

Memiliki teman adalah suatu hal yang membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani segala rutinitas dan tantangan hidup. Dengan berteman, seseorang akan lebih leluasa mengekspresikan diri dan bersosialisasi tanpa harus memakai honorifik saat berkomunikasi.

Terkadang kamu juga bebas untuk mengeluarkan seluruh pendapat, sikap dan emosi kamu di depan teman. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti kamu bisa bebas mengekspresikannya hingga melewati batas. Berikut deretan sikap yang sering bikin teman merasa enggan tiap ngobrol sama kamu.

1. Terus mengeluh saat curhat

5 Sikap yang Bikin Teman Enggan Ngobrol denganmu, Catat!ilustrasi perempuan sedang berbincang bersama teman (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mencurahkan segala beban pikiran dan kata hati memang hak bagi setiap orang termasuk teman dan dirimu sendiri. Namun bukan berarti kamu bisa terus menerus melakukannya kepada teman apalagi cerita yang disertai keluhan, lama-lama temanmu akan bosan, lho. Ada kalanya teman ingin dengar curhat seputar kabar baik atau bahagia darimu. 

2. Bercanda yang cenderung mengejek

5 Sikap yang Bikin Teman Enggan Ngobrol denganmu, Catat!ilustrasi seorang yang mengejek teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Membuat lelucon bisa mencairkan suasana canggung sekaligus jadi poin plus karena lebih banyak dikenal orang. Tetapi mulai sekarang penting untuk diingat, hindari melontarkan candaan yang cenderung mengejek seseorang, ya. Apalagi jika ejekan tersebut ditujukan langsung pada temanmu, meski terdengar lucu, hal sepele berupa lelucon terkadang dapat menyakiti perasaannya, nih.

3. Suka menceritakan soal kelebihan diri

5 Sikap yang Bikin Teman Enggan Ngobrol denganmu, Catat!ilustrasi perempuan sedang berbincang bersama teman (pexels.com/SHVETS Production)

Sikap yang ketiga adalah dengan selalu menceritakan suatu kelebihan diri di depan teman. Boleh saja jika ingin bercerita sesuatu hal yang telah kamu capai, akan tetapi perlu diingat untuk tidak berlebihan apalagi terkesan pamer. Lihat juga kondisi perasaaan pendengar saat itu, apa sedang merasa baik, sedih atau galau. Karena orang lain belum tentu suka dengan apa yang kamu ceritakan jika kondisinya sedang down.

Baca Juga: 11 Tips Nyaman Berkomunikasi dengan Orang Baru Kenal, Antikikuk!

4. Sok pintar meski gak tahu

5 Sikap yang Bikin Teman Enggan Ngobrol denganmu, Catat!ilustrasi perempuan sedang berbincang bersama teman (pexels.com/SHVETS Production)

Hal ini mungkin banyak dialami beberapa orang, ya. Sikapmu yang merasa sok pintar dan tahu segalanya meskipun sebenarnya belum tentu paham mengenai suatu hal. Nah, sikap satu ini juga sering membuat kamu dan teman sering berdebat panjang yang tidak jelas tujuannya. Jadi kalau bisa hindari sikap ini, ya.

5. Sering emosi

5 Sikap yang Bikin Teman Enggan Ngobrol denganmu, Catat!ilustrasi perempuan sedang berbincang bersama teman (pexels.com/Liza Summer)

Terakhir adalah sering ngegas atau emosi kapanpun dan di manapun. Sikap satu ini dikit-dikit merajuk, atau gak boleh dikritik kemudian langsung sensitif, bahkan hal ini bisa memicu pertengkaran hebat.

Ketahuilah bukan hanya dirimu yang punya masalah atau merasa kecewa. Temanmu pasti pernah atau mungkin sedang mengalami hal yang sama, lho. Jika kamu sering emosi terutama untuk masalah sepele. Jangan heran jika temanmu bakal illfeel untuk ngobrol sama kamu lagi.

Nah, kamu gak mau dijauhi sama mereka, bukan? Karena itu sebaiknya segera hindari atau biasakan untuk mengurangi deretan sikap di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertua

St Martynaa Photo Verified Writer St Martynaa

Suka membaca, menulis, merangkai kalimat sambil menikmati secangkir coklat hangat! Follow me @ryetinakiee

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya