Comscore Tracker

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahur

#RamadanMasaKini Yuk bangun tepat waktu!

Sahur jadi momen penting saat berpuasa. Apa jadinya kalau kamu gak sahur? Bisa jadi kamu kuat, tapi pasti berat banget. Terlebih kalau kamu sudah menyiapkan makanan. Sayang banget kan kalau basi dan harus dibuang. Buat kamu yang gak ingin itu terjadi, yuk simak tips berikut! Siapa tahu bisa jadi inspirasi baru buatmu.

1. Buat pola tidur yang baik: tidur lebih awal, bangun lebih awal

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Annie Spratt

Saat Ramadan, pola tidur pasti berubah. Buat kamu yang biasa bangun pas Subuh, bangunlah lebih awal. Untuk itu, tidurlah juga lebih awal. Kamu bisa ambil waktu satu jam sebelum waktu tidur biasamu. Kalau kamu gak yakin langsung bisa, kamu bisa membiasakannya satu atau dua hari sebelum masuk bulan puasa. Itu biar badanmu terbiasa saja dengan polanya. Kalau sudah terbiasa, badanmu bisa bangun dengan sendirinya mengikuti pola lho, bahkan tanpa bantuan alarm.

2. Jangan makan makanan berat sebelum tidur

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Jasmin Schreiber

Makan-makanan berat bikin perutmu kenyang dan tidur terlalu pulas. Untuk itu, hindari makan sebelum tidur. Selain bikin kamu telat sahur, juga bisa bikin kamu gendut. Hindari juga makan saat berbuka terlalu banyak.

3. Hindari pekerjaan berat saat malam

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Victoria Heath

Gunakan waktu pagi dan siang harimu untuk bekerja. Sementara saat malam hari, bisa kamu fokuskan untuk berbuka dan beribadah saja. Kalau kamu paksakan bekerja saat malam, bisa jadi kamu akan tidur dalam keadaan sangat lelah dan bangun kesiangan. Itu bisa saja terjadi meski kamu tidur tepat waktu.

4. Minum air putih

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Ethan Sykes

Air putih bisa dibilang cara alami untuk membuatmu terbangun. Selain menyehatkan, secara natural kamu jadi ingin buang air kecil saat sahur. Meski begitu, jangan minum banyak-banyak ya. Bisa-bisa malah gak bisa tidur karena boleh-balik ke toilet.

Baca juga: Masih Sahur tapi Adzan Subuh Sudah Berkumandang, Ini Hukumnya

5. Hindari kafein sebelum tidur

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Asoggetti

Kafein dari teh dan kopi hanya akan membuat kerja jantungmu makin cepat dan bisa jadi membuatmu terjaga. Kalau kamu gak bisa melewatkan waktu minum teh atau kopi, kamu bisa saja melakukannya sesaat setelah berbuka. Hindari sebelum tidur ya!

6. Usahakan menu sahurmu praktis saja

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Cherry Laithang

Ribetnya menyiapkan makanan sering bikin waktu sahurmu berkurang. Mungkin kamu pernah punya pengalaman menyiapkan hidangan sahur tahu-tahu sudah azan Subuh. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memasak sebelum tidur atau menghangatkan makanan lebih buka puasa. Hindari makanan instan terlalu sering karena kurang sehat.

7. Pasang alarm dan patuhi

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Ales Krivec

Sudah pasti saat malan, kamu akan memasang alarm. Ingatlah untuk memasang alarm dengan nada yang lembut, namun keras. Hindari memasang alarm yang mengagetkan dan terlalu keras karena hal itu hanya akan membuat suasana hatimu buruk. Bisa-bisa malah bikin malas sahur.

8. Minta bantuan keluarga dan teman untuk membangunkan

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan SahurPhoto by Jordan Bauer on Unsplash

Keluarga satu rumah sudah pasti akan membantumu bangun untuk sahur. Kalau kamu gak yakin, kamu bisa meminta bantuan teman-temanmu. Bisa dengan teks atau telepon. Pastikan kamu membalas mereka agar mereka tahu kamu benar-benar sudah bangun.

9. Berniat dan berdoa

Lakukan 9 Langkah Ini Supaya Kamu Gak Ketinggalan Sahurunsplash.com/Matheus Ferrero

Niat adalah kunci sukses untuk bangun pagi. Kalau kamu sudah berniat, jiwa dan ragamu akan siap sedia dan menyugesti untuk bangun pada waktunya. Jangan lupa berdoa agar bisa bangun tepat waktu.

Itu tadi tips agar kamu bisa bangun pagi saat sahur. Jangan lupa niat puasa agar ibadahmu diterima. Selamat puasa!

Baca juga: Meskipun Gak Sahur, Kamu Tetap Bisa Kuat Puasa dengan Melakukan Tips Ini

Topic:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya