Comscore Tracker

4 Tanda Kalau Kamu Sosok yang Punya Empati Tinggi

Penting nih untuk diketahui

Empath atau empati, adalah kondisi fenomena neurologi dimana seseorang memiliki kepekaan atau tingkat sensitivitas emosional diatas rata-rata, ia mampu merasakan emosi atau perasaan lingkungan sekitarnya secara akurat. Kondisi ini jika penderitanya tidak mengetahui teknik dan cara mengatasinya akan menjadi sangat menyiksa. Maka dari itu hal pertama yang harus dilakukan seorang empath adalah menyadari bahwa dirinya merupakan salah satu bagian dari orang-orang empath ini, untuk kemudian mengetahui bagaimana mengatasi hujanan emosi yang datang setiap saat. Maka jika ke-4 ciri dibawah ini muncul pada dirimu, bisa jadi, mungkin kamu termasuk seorang empath.

1. Kamu begitu sensitif terhadap apapun

4 Tanda Kalau Kamu Sosok yang Punya Empati Tinggipixabay.com/darksouls1

Salah satu ciri yang paling umum seorang empath adalah kamu merupakan orang yang sangat sensitif, kamu sangat peka terhadap apapun dan tak bisa untuk tidak peduli. kamu merasakan emosi dari orang-orang maupun dari lingkungan sekitarnya 10 atau bahkan mungkin 100 kali lipat dari orang biasa, mungkin ini terdengar berlebihan, tapi memang itulah yang dirasakan seorang empath.

2. Merasakan apa yang orang lain rasakan

4 Tanda Kalau Kamu Sosok yang Punya Empati Tinggipixabay.com/graehawk

Seorang empath mampu merasakan emosi yang orang lain rasakan. Bahkan ketika orang lain itu menyembunyikan perasaannya darimu, empath akan tahu ada sesuatu yang salah. Dan sebetulnya jika tak tahu cara mengendalikannya, kemampuan ini tak selalu berdampak baik, akan menyulitkan bagi kamu untuk menanggung emosi dan perasaan dari orang disekitarmu yang memang tak bisa kamu tolak, perasaan-perasaan itu masuk begitu saja kedalam dirimu, dan hal ini sangat perlu pengaturan.

Sisi baik dari kemampuan ini kamu bisa membantu orang lain untuk menemukan dirinya, karena beberapa orang mungkin bahkan tak bisa mengetahui apa yang benar-benar mereka rasakan, dan ajaibnya kamu bisa mengatahui perasaan orang lain bahkan yang orang tersebutpun tak mengetahuinya.

3. "Mendengar" dengan seluruh tubuhmu

4 Tanda Kalau Kamu Sosok yang Punya Empati Tinggipixabay.com/free-photos

Kamu adalah penampung informasi yang hebat, kamu dibekali kemampuan untuk menerima informasi tersirat dari berbagai hal mulai dari benda hidup bahkan hingga benda mati seperti batu dan air. Kamu mendapatkan perasaan dan energi berbeda ketika berpindah kesuatu tempat berbeda dan akan mempengaruhi keadaan seluruh tubuhmu, kamu mampu membaca informasi emosi dan perasaan seseorang dari bahasa tubuhnya, intonasi bicara, cara dia menatap, semuanya memberimu gambaran. 

Baca Juga: 5 Cara Menunjukan Rasa Empati pada Mereka yang Sedang Tidak Bahagia

4. Kadang tak menemukan alasan untuk perasaanmu

4 Tanda Kalau Kamu Sosok yang Punya Empati Tinggipixabay.com/free-photos

Dan karena kepekaan yang luar biasa untuk menerima informasi perasaan dan emosi dari lingkungan sekitar, jika belum terlatih kamu akan sering menjumpai dirimu mendapati emosi yang memuncak tanpa alasan yang kamu bahkan ketahui, ini wajar, karena kamu merasakannya dari emosi orang lain. Kamu akan begitu kesulitan ketika sesuatu tak berjalan baik, bahkan jika itu sama sekali tak berpengaruh pada dirimu. Maka menjadi seorang empath membutuhkan latihan dan pembiasaan, agar kamu mampu mengendalikan perasaanmu dan membuatnya menjadi hal yang positif dan berguna.

Setelah membaca ke-4 ciri diatas, apakah kamu merasa bahwa kamu seorang empath?

Baca Juga: Kurang Empati & Suka Asik Sendiri, Hati-hati Gangguan Narsistik

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You