Comscore Tracker

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya 

Apa batu kelahiranmu?

Birthstones atau batu kelahiran merupakan sekelompok batu permata yang telah ditetapkan untuk merepresentasikan bulan kelahiran. Setiap bulan dalam setahun memiliki batu kelahiran beserta maknanya tersendiri. Birthstones seringkali digunakan sebagai perhiasan dan sudah ditentukan sejak berabad-abad yang lalu. Selain indah, ternyata tiap birthstones memiliki makna unik tersendiri lho, sudah tahu? 

1. Januari: Garnet

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Americangemsociety.org

Mereka yang lahir di bulan Januari memiliki birthstone berupa garnet. Garnet merupakan batu permata yang umumnya ditemukan dalam warna merah tua dan namanya berasal dari bahasa Latin, yaitu granatum, yang berarti butiran. Ini disebabkan karena garnet tampak seperti biji buah delima yang juga berwarna merah tua. Batu garnet diyakini merepresentasikan kepercayaan dan persahabatan. 

Fun fact:  Pada tahun 2007 di Madagaskar, ditemukan sebuah garnet biru yang mampu berubah warna menjadi merah jika diletakkan di bawah sinar ungu. 

2. Februari: Amethyst

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Jewelry.lovetoknow.com

Amethyst atau batu kecubung dikenal dengan warna ungunya yang menarik perhatian. Karena warna ungunya inilah, amethyst seringkali dianggap melambangkan sifat kebangsawanan. Selain itu, amethyst juga mengandung makna kepercayaan, intuisi, dan spiritualitas yang tinggi. 

Fun fact: Terdapat suatu kepercayaan bahwa dengan meletakkan amethyst di ruang keluarga, maka komunikasi dan bonding time dengan keluarga akan meningkat karena energi positif yang dibawa oleh batu ini. 

3. Maret: Aquamarine

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Israelidiamond.co.il

Aquamarine berasal dari bahasa Latin yaitu aqua marina yang berarti air laut. Batu ini dikenal memiliki warna biru yang jernih dan orang-orang Romawi kuno meyakini bahwa batu aquamarine dapat melindungi seseorang saat sedang menempuh perjalanan laut. Terlepas dari itu, batu ini juga mengandung makna keberuntungan, keberanian, kebahagiaan, serta keawetmudaan. 

Fun fact: Batu aquamarine terberat di dunia ditemukan di Brazil pada tahun 1901 dengan berat mencapai 110 kg!

4. April: Berlian

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Jewelrycult.com

Batu permata yang satu ini dianggap begitu istimewa dan berharga bagi hampir seluruh penduduk dunia. Sebagai salah satu batu permata terindah, paling terkenal, dan termahal, berlian diyakini mengandung makna kesetiaan, kekayaan, kemurnian, serta cinta yang abadi. So sweet banget deh.

Fun fact: The Cullinan Diamond adalah berlian terbesar di dunia yang ditemukan pada tahun 1905 di Afrika Selatan. Berlian ini memiliki berat 1.33 pon (0.6 kg) atau 3106 karat! Pemilik tambang dan para pemimpin di negara tersebut lalu memutuskan untuk memberikan berlian ini pada Raja Edward. Berlian ini lalu dipotong menjadi 9 potongan besar dan 100 potongan kecil.

Baca Juga: Wah, Kota di Jerman Ini Ternyata Mengandung 72 Ribu Ton Berlian!

5. Mei: Emerald

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Fac-ette.com

Batu kelahiran untuk mereka yang lahir di bulan ke-5 ini berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu Smaragdos, yang berarti batu hijau. Semakin hijau warnanya, maka semakin mahal pula harga emerald atau zamrud tersebut. Emerald diketahui memiliki makna kesuburan, keremajaan, cinta, kecerdasan, kebijaksanaan, kesabaran, dan pertumbuhan. Lengkap juga ya. 

Fun fact: Emerald merupakan salah satu batu permata terfavoritnya Cleopatra. Orang-orang Romawi kuno juga diketahui mempersembahkan batu ini sebagai dedikasi terhadap Dewi Venus, yaitu dewi cinta dan kecantikan. 

6. Juni: Mutiara

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Thepearlsource.com

Birthstone selanjutnya juga merupakan salah satu permata terfavorit di dunia. Berbeda dengan permata lainnya, mutiara menjadi satu-satunya permata yang berasal dari makhluk hidup. Permata yang umumnya ditemukan dalam warna putih atau krem ini diketahui memiliki makna kemurnian, kesetiaan, persahabatan, dan kekayaan. Selain mutiara, alexandrite dan moonstone juga merupakan birthstone lain untuk kelahiran di bulan Juni. 

Fun fact: Orang-orang Yunani Kuno percaya bahwa mutiara adalah 'air mata kebahagiaan' yang telah mengeras milik Dewi Aphrodite,  yaitu dewi cinta dalam mitologi Yunani Kuno. 

7. Juli: Rubi

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Farmersalmanac.com

Batu permata yang satu ini terkenal dengan warna merah menyalanya dan merupakan batu permata terkeras di dunia setelah berlian. Rubi juga memiliki gelar 'King of Gems' dan mengandung makna kebijaksanaan, kesehatan, keberanian, serta cinta. Adalah suatu kepercayaan bahwa mengenakan rubi dengan kualitas yang baik akan membawa keberuntungan bagi orang tersebut. 

Fun fact: Rubi dengan kualitas tinggi biasanya diperoleh dari tambang-tambang di Myanmar (Burma), sehingga muncullah istilah 'Burmese ruby'. 

8. Agustus: Peridot

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Astrakapoor.com

Orang-orang kelahiran bulan Agustus memiliki birthstone berupa peridot, yaitu batu permata yang biasanya terbentuk dari erupsi gunung berapi dan kadang ditemukan pada meteorit. Peridot mempunyai warna hijau muda yang membuatnya disebut sebagai 'evening emerald'. Selain itu, karena kemiripan warnanya, peridot seringkali disalahartikan sebagai zamrud dan topaz.

Peridot diketahui menyimpan makna kekuatan, kelimpahan, serta kemakmuran. Batu permata lainnya seperti sardonyx dan spinel merupakan birthstone lain untuk kelahiran pada bulan Agustus ini . 

Fun fact: Peridot merupakan salah satu permata tertua di dunia, karena penggunaannya sudah dilakukan sejak tahun 1500 SM di Mesir. 

9. September: Safir

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Indiamart.com

Safir memang ditemukan dalam berbagai warna, namun biru tua merupakan warna safir yang paling terkenal. Safir memiliki kekuatan yang sama seperti rubi, sehingga keduanya sama-sama berada pada posisi kedua sebagai permata terkeras dan terkuat setelah berlian. Karena kekuatannya ini, safir seringkali digunakan dalam pembuatan kaca pelindung pada jam tangan. Sebagai birthstone, safir diketahui mengandung makna kemurnian, kebijaksanaan, kesucian, keberuntungan, dan ketulusan.


Fun fact: Salah satu perhiasan safir paling terkenal adalah cincin safir yang diberikan Pangeran Charles pada Lady Diana Spencer pada 1981 ketika mereka bertunangan. Cincin tersebut tersusun atas safir biru berbentuk oval seberat 18 karat dan dikelilingi oleh berlian. Cincin ini sekarang melingkar di jari manis Catherine, Duchess of Cambridge.

10. Oktober: Opal

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Brittanysfinejewelry.com

Berasal dari bahasa Latin, opalus, yang berarti permata berharga, opal merupakan batu permata yang terdiri dari berbagai warna dalam satu batu. Australia merupakan negara penghasil opal terbesar di dunia dengan persentase 95-97% dari total opal di dunia, sehingga ditetapkan sebagai batu permata nasional di Australia. Birthstone untuk mereka yang lahir di bulan Oktober ini ternyata mengandung makna kepercayaan diri, keimanan, dan kecintaan. Birthstone lain untuk bulan ini adalah tourmaline. 

Fun Fact: Ratu Victoria merupakan seorang pecinta opal, beliau mengoleksi berbagai perhiasan opal dan mengenakannya selama masa pemerintahannya. 

11. November: Topaz

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Birkatelyon.com

Kelahiran pada bulan November direpresentasikan oleh topaz, yaitu batu permata yang umumnya ditemukan dalam warna jingga-pink. Topaz memiliki arti 'api' dalam bahasa India kuno dan mengandung makna cinta, kesukaan, dan kehangatan. Bulan November juga memiliki birthstone lainnya, yaitu citrine. 

Fun fact: Salah satu topaz terlangka adalah topaz pink yang pertamakali ditemukan di Rusia pada abad ke-19. Pada waktu itu, kepemilikannya hanya diperuntukkan bagi kaisar, keluarga kaisar, serta orang-orang yang dihadiahkan topaz pink oleh mereka. 

12. Desember: Turquoise

Mengenal Birthstones: 12 Batu Kelahiran dan Makna Unik di Baliknya Crystalbenefits.com

Terakhir adalah turquoise, yaitu birthstone untuk mereka yang dilahirkan pada bulan Desember. Turquoise ditemukan dalam warna biru hingga biru muda dan memiliki makna keberuntungan, kesuksesan, kebaikan, dan kekuatan. Seperti bulan Juni dan Agustus, bulan Desember juga memiliki dua birthstone lainnya, yaitu tanzanite dan zircon.

Fun fact: Turquoise merupakan permata tertua sepanjang sejarah manusia dan tercatat bahwa penggunaannya sudah dilakukan sejak tahun 3000 SM, jauh lebih tua dibandingkan peridot. 

Nah, apa batu kelahiranmu guys

Baca Juga: Harga Selangit, Ini 8 Batu Permata Termahal di Dunia

V Hendardy Photo Verified Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya