Comscore Tracker

6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang Lain

Pikir dulu sebelum bertindak!

Kehidupan sosial memberikan pandangan tersendiri terhadap perilaku orang lain. Salah satu reaksi negatif yang timbul adalah merendahkan orang lain. Apapun alasannya, hal ini harusnya tidak dilakukan. Berikut enam bahan renungan agar terhindar dari merendahkan orang lain. Simak ya!

1. Bisa jadi benih penyakit hati berkepanjangan

6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang LainPexels.com/Polina Zimmerman

Merendahkan orang lain bisa jadi berawal dari iri maupun dengki. Jika ini dibiarkan terus-menerus akan sangat membahayakan kesehatan hati, yang pasti juga akan mempengaruhi kesehatan mental serta fisik. Jadi gak sehat jiwa raga, loh!

2. Masa depan seseorang tidak bisa ditebak

6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang LainPexels.com/Fauxels

Kondisi orang saat ini bisa menjadi bahan untuk direndahkan, namun sebaiknya jangan pernah melakukannya. Sebab, masa depan seseorang tidak ada yang tahu, bisa jadi dia mampu mengubah kondisi. Apalagi kalau dia mampu mengubah ucapan sinismu menjadi semangat membara, masa depannya pasti jauh dari yang kamu kira.

3. Setiap orang berkesempatan menjadi lebih baik

6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang LainPexels.com/Canva Studio

Setiap orang dapat mengubah dirinya menjadi lebih baik seiring berjalanannya waktu. Maka, jangan pernah memandang rendah orang lain, sebab bisa jadi dia akan lebih baik dari kamu.

Baca Juga: Tiru, yuk! 7 Sifat Inspiratif yang Biasa Dimiliki Orang-orang Kreatif

4. Bisa jadi kita membutuhkan bantuannya di masa depan

6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang LainPexels.com/Anna Shvet

Hal yang tak terduga bisa jadi terjadi. Apa jadinya jika kemudian hari, orang yang kita hina adalah satu-satunya harapan bantuan yang dapat diandalkan. Makanya, tetap jaga hubungan baik tanpa harus merendahkan agar tidak malu jika membutuhkan bantuan di masa depan.

5. Sudahkah menghargai hal kecil dari orang yang diremehkan?

6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang LainPexels.com/Christina Morillo

Terus menerus merendahkan orang lain menandakan bahwa kamu adalah orang yang tidak menghargai orang lain. Maka, sedini mungkin hindarilah agar citramu di mata orang lain tidak dinilai buruk.

6. Ingat, apa yang perbuat akan kembali pada pelakunya

6 Bahan Renungan Sebelum Merendahkan Orang LainPexels.com/Daria Shevtsova

Layaknya hukum alam, apa yang kita tanam adalah yang dipanen. Termasuk, jika sering merendahkan orang lain, suatu ketika bisa juga orang lain balik merendahkanmu. Sebelum semua itu terjadi, hentikan kebiasaan buruk itu ya. Sebaliknya, jika kamu berbuat baik pasti akan kembali juga ke dirimu.

Nah itu tadi enam hal yang bisa kamu jadikan renungan sebelum merendahkan orang lain. Hidup yang baik-baik sama orang lain ya, biar tidak banyak drama dan dimusuhi sekitarnya. 

Baca Juga: 8 Perbedaan Khas Utama Orang Pintar dan Orang Bijak ala Merry Riana

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya