5 Alternatif Games buat Mengisi Weekend sama Teman, Bebas Gadget!

Daripada kumpul sama teman, tapi sibuk lihat layer...

Saat berkumpul sama teman, kegiatan seru apa yang kamu lakukan? Makan, jalan-jalan ke mal, ngobrol, atau sibuk dengan HP sendiri-sendiri? Kalau jawabanmu adalah yang paling akhir sendiri, sangat disayangkan sekali, ya! Untuk meningkatkan kualitas dan kekompakan persahabatan kalian, yuk coba alternatif permainan interaktif untuk mengisi weekend bersama teman ini!

1. Dengan bermodalkan satu deck kartu, kamu bisa bermain "Kodok" sambil bermain tantangan tidak berbicara

5 Alternatif Games buat Mengisi Weekend sama Teman, Bebas Gadget!Pexels/Pixabay

Ajak temanmu sebanyak empat sampai enam orang. Kemudian, duduklah melingkar. Kumpulkan kartu sesuai dengan jumlah pemain. Misalnya, ada empat pemain. Masing-masing memilih kartu 10, Jack, Queen, dan As dengan seri wajik, hati, sekop, dan beringin. Jadi, ada 16 kartu yang bakal dimainkan.

Kocok 16 kartu tersebut dan bagikan. Berarti, masing-masing dapat empat kartu yang acak, ya! Coba sesuaikan kartu agar menjadi 4 seri yang komplit dengan cara mengambil satu kartu dari teman sebelah. Begitu seterusnya. 

Saat ada pemain dengan kartu yang komplit, ia harus segera memegang hidung diikuti dengan pemain lainnya. Yang terakhir memegang hidung, ia kalah dan akan dinamakan kodok 1. 

Tingkatan dari permainan ini adalah manusia, kodok 1, kodok 2, dan kodok 3. Kalau kalah sekali, jadi kodok 1. Kalah dua kali, jadi kodok 2. Permainan baru akan berakhir kalau ada yang jadi kodok 3. Yang bikin seru, antara manusia, kodok 1, dan kodok 2 tidak boleh saling berinteraksi. Kalau tingkatan paling tinggi melanggar, ia akan jadi kodok 1 atau kodok 2.

Lebih seru lagi, tingkatan yang lebih rendah boleh menggoda tingkatan yang lebih tinggi untuk bicara. Interaksi yang dibolehkan adalah berbicara dengan sesama manusia, sesama kodok 1, dan sesama kodok 2.

2. Tidak perlu modal apa pun, kamu dan kawan-kawan bisa bermain "Sambung Kata". Meskipun remeh, kamu bisa kalah kalau gak konsen

5 Alternatif Games buat Mengisi Weekend sama Teman, Bebas Gadget!Pexels/Helena Lopes

Duduklah melingkar dengan teman-temanmu. Lalu, mulailah dengan orang pertama yang menyebutkan satu kata. Orang yang ada di sebelahnya dan seterusnya akan menambahkan satu demi per satu kata sehingga jadi kalimat yang padu.

Misalnya, Kakak (orang pertama), Kakak pergi (orang kedua), Kakak pergi ke pasar (orang ketiga), dan seterusnya. Jelas, tantangan bakal semakin meninggi seiring semakin banyaknya kata yang terangkai.

3. Masih gak butuh properti khusus, ada games "Never Have I Ever" yang bisa membuatmu mengenal hal-hal baru dari teman

5 Alternatif Games buat Mengisi Weekend sama Teman, Bebas Gadget!Pexels/Brett Sayles

Berkumpulah dengan teman-temanmu serta duduk membentuk lingkaran. Mulailah dengan seseorang yang membuat pernyataan dengan kata "Never Have I Ever". Misalnya, "Never Have I Ever" cheating when final exam. Kalau ada pemain lain yang merasa pernah melakukannya, ia harus mencoret wajahnya sendiri dengan bedak, lipstik, dan lain sebagainya.

Lanjut ke pemain berikutnya, lakukan pernyataan yang diawali "Never Have I Ever" lagi, begitu seterusnya. Secara tidak langsung, kamu jadi lebih tahu tentang temanmu, bukan?

Baca Juga: Rival yang Bersahabat Lagi, Ini 5 Adu Gaya Katy Perry & Taylor Swift

4. Ada juga permainan "Tepuk Kartu" yang legendaris. Meski begitu, games ini sangat menantang, lho!

5 Alternatif Games buat Mengisi Weekend sama Teman, Bebas Gadget!Pexels/Matheus Bertelli

Kalau yang satu ini, modalmu adalah satu deck kartu. Setelah dikocok, bagikan kartu ke teman-teman yang sudah duduk melingkar. Permainan dimulai dengan membuang satu kartu ke tengah secara bergantian, sambil menyebut angka 1-13 (1=As, 11=J, 12=Q, 13=K).

Kalau kartu yang dibuang sama dengan angka yang disebut, ramai-ramailah menepuk kartu tersebut. Yang paling akhir menepuk kartunya, kalah dan harus mengambil semua kartu yang terbuang.

5. Main "Truth or Dare" juga gak boleh ketinggalan. Modal permainan ini cuma stok pertanyaan yang banyak serta berani malu aja!

5 Alternatif Games buat Mengisi Weekend sama Teman, Bebas Gadget!Pexels/Helena Lopes

Bisa diikuti sebanyak mungkin orang, mulailah dengan pertanyaan "Truth or Dare?". Kalau ada yang memilih "Truth", berilah ia pertanyaan yang mengharuskannya jujur. Kamu boleh kok memberikan pertanyaan yang sifatnya memalukan. Kalau pilih "Dare", berikan tantangan yang memalukan juga. Biar seru, kasih tantangan khusus. Misalnya, tidak boleh memilih "Truth" atau "Dare" terus.

Itu dia alternatif games buat mengisi weekend sama teman. Benar-benar gak pake gadget, tapi gak kalah seru dengan media sosial, online games, dan beragam aplikasi chat bukan? Coba deh setiap akhir pekan, mulai dari sekarang!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Cocok Kamu Jadikan Sahabat, Ini Alasannya!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Elfida

Just For You