Comscore Tracker

Gak Cukup Nabung, 5 Prinsip Ini yang Bikin Kamu Kaya di Usia Dini Lho!

Kaya itu bukan cuma cari uang, hemat, dan nabung aja lho!

Semua orang pasti akan sangat bersyukur diberikan kekayaan yang bisa mencukupi kebutuhan hidup. Kebutuhan sandang, pangan, dan papan bisa tercukupi. Syukur-syukur, masih ada sisa untuk belanja atau pergi tamasya. Realitanya, menjadi kaya itu tidak semudah membalikkan telapak tangan!

Selama ini, sebagian millennials berusaha menjadi kaya dengan bekerja, berhemat, dan menabung. Tapi, hal ini ternyata gak cukup karena ada beberapa prinsip yang musti kamu pegang hingga nanti tua. Apa saja itu? Yuk, kita cek satu per satu prinsip yang bisa bikin kamu kaya di usia dini!

1. Bikin goals pribadi untuk meningkatkan pendapatanmu. Bisa bekerja lebih giat supaya naik gaji atau berbisnis di luar jam kerja

Gak Cukup Nabung, 5 Prinsip Ini yang Bikin Kamu Kaya di Usia Dini Lho!Pexels/Porapak Apichodilok

Meningkatkan pendapatan bisa bermacam-macam cara. Kalau disuruh memilih, pasti setiap orang akan punya caranya masing-masing. Ada yang memilih tetap bekerja keras dan mengejar bonus di kantornya. Ada yang bekerja sampingan sebagai ojek online di setelah jam kantor. Ada yang bikin bisnis seperti buka toko online.

Semua cara di atas sah-sah saja, kok! Namun pastikan keputusanmu nanti bisa kamu kerjakan konsisten tanpa mengganggu pekerjaan utama. Jangan sampai kamu jatuh sakit akibat terlalu sibuk mengerjakan tujuanmu itu. Sesuaikan semuanya dengan tenaga, modal, dan waktumu.

2. Buatlah daftar tentang apa saja yang ingin kamu peroleh pada waktu-waktu riil. Misalnya tahun 2019 ingin naik gaji, 2010 naik pangkat

Gak Cukup Nabung, 5 Prinsip Ini yang Bikin Kamu Kaya di Usia Dini Lho!pexels/Christina Morillo

Menurut ahli keuangan Sharon Maxwell Magnus, orang sukses punya kebiasaan mengatur hidup mereka dengan baik. Dengan ini, seseorang memiliki panduan untuk mencapai tujuannya. Saat mulai melenceng, orang sukses tadi tahu harus ke mana supaya kembali ke arah tujuan semula.

Karena itu, buatlah vision board atau paling sederhananya adalah daftar keinginanmu di waktu-waktu tertentu. Waktu ini haruslah riil dan rinci. Contohnya, Maret 2019 aku ingin punya motor baru. Desember 2019 aku ingin naik gaji. Kalau tidak begini, keinginanmu hanya bakal menguap dan terlupakan sia-sia.

3. Daripada cuma berspekulasi dengan cara pindah-pindah kerja untuk gaji yang tinggi, ada baiknya bertahan selama belum mendapat kepastian

Gak Cukup Nabung, 5 Prinsip Ini yang Bikin Kamu Kaya di Usia Dini Lho!Pexels/Valeria Boltneva

Kalau kamu ingin pindah kerja demi kenaikan gaji, pikirkan kembali dengan matang-matang. Apakah kamu sudah bekerja secara maksimal di kantormu? Apakah seluruh potensimu sudah dicurahkan demi visi dan misi perusahaan? Pikirkan pula apakah kamu cukup kompeten di perusahaan lain dan siap menghadapi segala tantangannya!

Kalau kamu memang sudah langsung diterima di kantor lain, dengan gaji yang terjamin lebih tinggi, serta tahu pasti bagaimana jobdesk dan lingkungannya, bolehlah kamu ambil kesempatan itu. Tapi jika kamu mau resign sebelum diterima di tempat kerja baru, yakinlah tabunganmu cuma bakalan habis untuk biaya hidup.

Baca Juga: 6 Trik Wawancara Kerja yang Bikin HRD Terpikat, Pasti Diterima Deh!

4. Berani berkata tidak pada ajakan teman walaupun konsekuensinya bisa mengurangi keeratan hubunganmu dengannya

Gak Cukup Nabung, 5 Prinsip Ini yang Bikin Kamu Kaya di Usia Dini Lho!Pexels/fotografierende

Terkadang keeratan teman di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja, membuatmu harus sering berkumpul di mall atau tempat makan. Namun realistislah dengan keinginanmu. Kalau kamu ingin kaya, hal-hal yang sifatnya gaya hidup harus diminimalisir.

Kamu harus mulai tegas pada diri sendiri agar mampu terhindar dari godaan-godaan. Kalau sudah tegas sama diri sendiri, kamu bisa tegas sama orang/hal lain. Kalau temanmu adalah sahabat yang baik, percayalah ia akan pengertian dan tidak memaksa.

5. Teruslah aktif dan tekun dalam kehidupan profesional. Jangan mudah menyerah karena ketidakcocokan atau masalah di lingkungan kerja

Gak Cukup Nabung, 5 Prinsip Ini yang Bikin Kamu Kaya di Usia Dini Lho!Pexels/Clem Onojeghuo

Jika kamu mendapat masalah di lingkungan kerja, ingat lagi kenapa dulu kamu masuk ke kantormu. Pikirkan apa yang terjadi hingga kamu bisa bertahan selama itu dan apa yang sudah didapat. Maka, kamu akan merasa sayang meninggalkan tempat yang selama ini membesarkanmu.

Di sisi lain, perusahaan biasanya menaruh perhatian lebih pada karyawan yang telah memulai segalanya dari bawah. Ini karena ia telah banyak belajar dan meresapi budaya di kantor. Kalau kamu meminta gaji dinaikkan dengan alasan rasional dan diimbangi kinerja baik, bukan tidak mungkin keinginan dikabulkan. Kalau diberi tantangan agar bisa naik gaji, terima saja dan kerjakan sebaik mungkin sambil bertanya kalau ada yang tidak paham.

Itu dia prinsip yang bisa bikin kamu kaya di usia dini. Sudah siapkah kamu menjalankannya? Atau kamu punya pengalaman lain? Yuk, berbagi pengalamanmu di kolom komentar!

Baca Juga: Terlihat Sepele, 14 Kebiasaan Pelamar Kerja Ini Paling Bikin HRD Sebel

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya