Comscore Tracker

Hikmah Positif yang Bisa Dipetik dari Captain Marvel, Kenali Lawanmu!

Hati-hati, mana yang teman dan mana yang lawan!

Semenjak pemutaran perdananya pada 8 Maret lalu, film Captain Marvel membuahkan prestasi luar biasa. Baru minggu perdana saja, namanya sudah masuk daftar film box office. Box Office Mojo sempat melaporkan kalau film yang digawangi Brie Larson ini meraih pendapatan kotor sebanyak Rp 6,5 triliun.

Prestasi itu tidak mengherankan. Selain karena aksi laga yang diperankan secara maksimal, ada banyak pelajaran dan pesan yang bisa kita resapi. Apa saja? Inilah lima hikmah positif yang bisa dipetik dari film Captain Marvel!

1. Kalau kamu punya kekuatan, kamu harus bisa menggunakannya dengan penuh tanggung jawab. Jangan mengandalkan emosi

Hikmah Positif yang Bisa Dipetik dari Captain Marvel, Kenali Lawanmu!imdb.com

Sedari awal, Carol sudah diperingatkan agar menggunakan kekuatan supernya dengan hati-hati. "Jangan menggunakannya dengan emosi," itulah pesan kawannya. Hal ini memang benar dan ada korelasinya dengan kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa punya banyak keahlian. Tapi kalau kamu menggunakannya untuk emosimu sendiri, keahlianmu itu tidak akan menjadi manfaat. Sebaliknya, ini bakal jadi petaka untuk orang lain dan pada akhirnya jadi bumerang untukmu sendiri.

2. Sejauh apa pun kamu pergi, keluarga adalah tempat terbaik untuk kembali dan merasakan cinta kasih

Hikmah Positif yang Bisa Dipetik dari Captain Marvel, Kenali Lawanmu!imdb.com

Selama ini, Talos berusaha mencari keluarga dan kawan-kawannya sesama Skrull. Mereka ditawan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan selalu menganggap mereka sebagai musuh. Pada akhirnya, mereka berkumpul dan bersatu penuh haru. Rasa cinta dari seluruh anggota keluarganya tersebut adalah alasan tetap hidup dan berjuang.

3. Jangan meremehkan hal-hal kecil. Mungkin itu terlihat tidak ada manfaatnya, tapi diam-diam punya peran yang besar

Hikmah Positif yang Bisa Dipetik dari Captain Marvel, Kenali Lawanmu!imdb.com

Siapa yang mengira seekor kucing kecil yang lucu, imut, dan manja, punya kekuatan maha besar? Dari Goose, kita belajar untuk tidak meremehkan orang lain. Meski seseorang terlihat lemah dan tak berguna, ia bisa menjadi sosok yang setia, menghibur, dan berani berjuang demi orang yang dikasihi. Dari hal-hal yang remeh pun, kita tak menduga ada manfaat besarnya di kemudian hari.

Baca Juga: Selain Brie Larson, 7 Aktris Ini Dianggap Cocok Jadi Captain Marvel

4. Terkadang, kita harus melepaskan seseorang atau sesuatu begitu jauh demi kelangsungan hidup dan kebahagiaannya. Tapi ini tidak apa dan wajar

Hikmah Positif yang Bisa Dipetik dari Captain Marvel, Kenali Lawanmu!imdb.com

Meski bisa berdamai dengan Talos dan keluarga, tak lantas Carol harus setiap saat bersama mereka. Ada satu dan lain hal yang terlalu rumit jika mereka tetap hidup bersama. Demi kelangsungan hidup dan kebahagiaan mereka, Carol harus rela melepas kawan-kawannya itu pergi.

Begitu pun kita dengan kawan-kawan. Agar mereka bahagia dan tetap menjalani hidup, kita harus melepasnya. Entah mencari pekerjaan, memiliki keluarga, dan lain sebagainya lagi. Toh, nanti bisa bertemu lagi kan?

5. Banyak orang yang terlihat baik, padahal mereka memanfaatkan kita untuk hal-hal buruk. Kita harus peka mengenali siapa musuh dan kawan kita

Hikmah Positif yang Bisa Dipetik dari Captain Marvel, Kenali Lawanmu!imdb.com/© Marvel Studios

Setelah berhasil mengingat masa lalu, mengumpulkan data-data, dan bertemu teman lama, akhirnya Carol mengetahui siapa teman dan lawannya. Memang orang yang selama ini kita anggap sebagai teman, bisa saja menusuk dan merugikan. Sementara mereka yang selalu kita pandang sebelah mata, ternyata adalah kawan yang sesungguhnya.

Yang pasti, gambaran teman yang baik ada di dalam diri Monica Rambeau. Ia selalu berkata jujur, membantu, mendukung, dan mengenang Carol sebelum bertemu kembali. Bahkan anak Rambeau pun menempatkan Carol sebagai sosok yang istimewa.

Hikmah positif yang bisa dipetik dari Captain Marvel tadi, benar-benar dekat dengan kehidupan sehari-harimu bukan? Apalagi yang nomor lima ya! Sudahkah kamu menemukan mereka yang setia dan apa adanya denganmu? Atau masih terjebak dalam pertemanan yang penuh intrik?

Baca Juga: Siapa Karakter Captain Marvel yang Cocok dengan Kamu?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya