Comscore Tracker

IMS 2019: Seimbangkan Karier & Keluarga, Ini Perjuangan Grace Natalie

Memang gak mudah...

Membagi waktu adalah hal yang cukup rumit bagi banyak orang dengan kesibukan padat. Tak terkecuali membagi waktu antara keluarga dan karier. Bukan hanya perempuan, laki-laki, tua, dan muda pun begitu. Seperti dalam sesi "Againts the Odds: Charting Your Path as a Woman" pada Indonesia Millennials Summit 2019 (19/1) lalu, Grace Natalie pun merasakan hal yang sama.

Di tengah-tengah sosoknya yang berupaya seimbangkan karier dan keluarga, ini dia perjuangan Grace Natalie yang patut kamu simak!

1. Ketika ditanya cara bagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, Grace mengaku belum menemukan formula yang pas

IMS 2019: Seimbangkan Karier & Keluarga, Ini Perjuangan Grace Nataliedok. IDN Times

"Kalau boleh jujur, saat ini saya belum menemukan formula yang pas. Saya sih sering merasa bersalah juga," curhat perempuan dengan nama lengkap Grace Natalie Louisa ini. Rasa bersalah Grace semakin bertambah di kala masa kampanye mulai dekat, sementara itu ia harus banyak berkarya sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia.

"Sekarang sih saya masih juggling juga. Apalagi sekarang saya sudah mendekati kampanye juga, ya. Merasa bersalah terus nih tiap hari. Jangankan memperhatikan performance anak di sekolah ya, gak ketemu-ketemu terus malah," kisahnya.  

2. Berkaca dari hal itu, Grace sedang mengupayakan regulasi khusus agar perempuan bisa bekerja tanpa melupakan keluarga

IMS 2019: Seimbangkan Karier & Keluarga, Ini Perjuangan Grace Nataliedok. IDN Times

Meski masih belum menemukan formula yang pas untuk menyeimbangkan waktu antara karier dan keluarga, bukan berarti Grace diam saja. Berkat terjun di dunia politik, ia pun punya ide menarik untuk mengatasi masalahnya dan sebagian perempuan Indonesia tersebut.

"Karena saya di politik sekarang, kita melihat ini dilematis perempuan. Kenapa kita gak berjuang membuat sebuah regulasi di mana perempuan-perempuan itu bisa bekerja, punya opsi untuk berkarier, berkarya, tetap berdaya ya? Kalau buat kami sih intinya itu," jelas perempuan kelahiran 4 Juli 1982 ini.

Menurutnya, hal ini amat penting. Jika perempuan lebih berdaya, maka akan didapatkan kepercayaan diri dan tidak rentan jadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

Baca Juga: IMS: Grace Natalie Ungkap Jadi Korban Bullying Saat Terjun di Politik

3. Ia yakin jika opsi bekerja dari rumah ada di setiap perusahaan, perempuan-perempuan akan senang dan mau mengambil pilihan itu

IMS 2019: Seimbangkan Karier & Keluarga, Ini Perjuangan Grace Nataliedok. IDN Times

"Kenapa kita gak buat sebuah regulasi, memberikan opsi perempuan bisa bekerja dari rumah?" idenya. Menurut Grace, ide ini bisa dilaksanakan dengan adanya KPI (Key Performance Index) dan regulasi yang jelas terlebih dahulu supaya semua perusahaan punya opsi tersebut. Ini karena bekerja dari rumah tak mudah, mengingat sang anak bisa menyita perhatian ibu.

Regulasi inilah yang jadi salah satu platiform perjuangan Grace dalam jalur politik, di mana ia berupaya memperjuangkan keadilan untuk perempuan. "Kalau opsi itu harus ada, saya yakin perempuan-perempuan akan happy dan akan mau mengambil pilihan itu," tutupnya mengakhiri jawabannya di atas panggung ruang Garuda tersebut.

Itulah perjuangan Grace Natalie yang berupaya seimbangkan karier dan keluarga. Bukan hanya lewat keputusan pribadi, ternyata Grace memilih mengubah sistem negara agar karier dan keluarga perempuan Indonesia ikut merasakan sisi positifnya. Bagaimana kalau kamu?

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Melalui survei yang melibatkan 1400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. Survei ini sendiri dilakukan pada periode 20 Agustus-6 September 2018 dengan margin of error 2,62 persen.

Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IMS 2019: Tinggalkan Media, Grace Natalie Ajak Anak Muda Cinta Politik

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You