Comscore Tracker

Resmi Diluncurkan, Komik Bang Lambe Sebar Pesan Moral Lewat Kisah Ojol

Bahkan, bisa bikin kamu mati ketawa!

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ojol (ojek online). Mereka akan siap sedia ketika kita harus bepergian, perlu memesan makanan, mengirim barang, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana jika kisah mereka dijadikan sebuah komik? Rabu (27/11) lalu, Alan dan Din (kreator komik Bang Lambe) menceritakan komik yang baru diluncurkannya di kantor IDN Media.

1. Komik Bang Lambe resmi diluncurkan pada 18 November lalu. Kreator di baliknya adalah sepasang teman bernama Alan dan Din

Resmi Diluncurkan, Komik Bang Lambe Sebar Pesan Moral Lewat Kisah OjolAlan & Din, kreator komik Bang Lambe saat kunjungan ke IDN Media. 27 November 2019. IDN Times/Febriyanti Revitasari

Alan dan Din adalah rekan sekantor dalam sebuah perusahaan agency. Kebetulan, keduanya juga telah mengenal di luar lingkungan kantor dan memiliki ketertarikan di dunia anime. Hal inilah yang membuat keduanya sepakat untuk menciptakan komik di Instagram dengan nama Komik Onlen.

2. Komik ini berawal dari karya Alan dan Din yang diunggah lewat media sosial Instagram. Alan sebagai konseptor & Din sebagai ilustratornya

Di balik akun tersebut, Alan bekerja konseptor cerita. Sementara Din adalah sosok yang selalu menggambarkan situasi yang dikisahkan Alan ke dalam bentuk komik. Sebelum menciptakan akun tersebut, keduanya bekerja sama dalam akun Lambe Onlen. Di situlah, orang-orang dapat membaca kisah-kisah unik yang terjadi di seputar dunia ojek online.

Tak dinyana, respons warganet terhadap Komik Onlen begitu baik. Alan dan Din pun memberanikan diri memasuki Webtoon. Rupanya, kesuksesan yang serupa juga terjadi di Webtoon.

3. Dikerjakan selama 8 bulan, komik tersebut diciptakan lewat riset langsung dari para driver ojol dan dikerjakan sepenuh hati

Resmi Diluncurkan, Komik Bang Lambe Sebar Pesan Moral Lewat Kisah Ojolinstagram.com/komikonlen

"Kebetulan, kami dekat dengan tempat nongkrong para ojol. Di situ, kami sering ngobrol-ngobrol dengan mereka," kata Alan. Bahkan selepas komik Bang Lambe terbit, sejumlah ojol kebagian membacanya. Tanggapan positif pun bermunculan, hingga driver yang lainnya pun ingin meminjam dan turut membaca.

Semua itu, tidak lepas dari kerja sama Alan dan Din. Diakui Din, konflik tak jarang terjadi di antara mereka. "Misalnya, dia kasih gambaran posisi ke kanan. Pas jadi, malah ke kiri," tambah dia.

Itu hanyalah segelintir saja. "Pernah dia cerita sesuatu. Ternyata, komedinya lebih cocok untuk stand up," kisah Din.

Baca Juga: Menohok! Ini 8 Ilustrasi Orang yang Terlalu Ikuti Tren Kecantikan

4. Ada empat bab dalam komik setebal 181 halaman ini. Masing-masing menyajikan kisah Bang Lambe dan lingkungan sekitarnya saat bekerja jadi ojol

Resmi Diluncurkan, Komik Bang Lambe Sebar Pesan Moral Lewat Kisah Ojolinstagram.com/komikonlen

Bang Lambe digambarkan sebagai sosok laki-laki dewasa yang kalem, namun nyeleneh. Konon, ia punya sedikit kelebihan dibanding kekurangannya. Sehari-hari, ia bekerja sebagai freelancer serabutan. Dengan sikap suka menolongnya, ia kerap membantu tetangga dan warga Kampung Aspal walau selalu berakhir dengan merepotkan orang lain.

Karena satu dan lain hal, ia pun bekerja sebagai supir ojek online. Sejak itulah, kisah-kisah seru dialaminya bersama tokoh-tokoh lainnya. Oni dan Lena adalah dua di antara sekian tokoh tersebut.

Di dalamnya, kamu bisa melihat kesedihan Bang Lambe yang tidak bisa membayar kos tepat waktu. Selain itu, ada ceritanya saat bertemu hantu dan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Lena. Namun bukan hanya yang lucu-lucu saja, banyak pesan moral dan kemanusiaan yang mengena pula.

5. Komik ini akan ada volume keduanya, lho! Biar gak menyesal, baca dulu yang pertama supaya paham alur ceritanya ya!

Resmi Diluncurkan, Komik Bang Lambe Sebar Pesan Moral Lewat Kisah OjolCover komik Bang Lambe. 27 November 2019. IDN Times/Febriyanti Revitasari

"Harus baca yang pertama dulu supaya paham, nih!" tutur Alan. Ya! Komik Bang Lambe memang ditulis dengan seri atau volume, seperti komik pada umumnya. Antara volume satu dan yang lainnya, memiliki keterikatan cerita. Alan juga menyebut jika akan ada tokoh baru pada volume kedua komiknya.

Semakin penasaran dengan komik ini? Komik terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini, sudah kamu bisa beli di toko buku terdekat. Hanya dengan harga Rp93 ribuan, kamu sudah bisa membawa pulang komik yang handy, full color, menghibur, dan penuh makna. Tunggu apalagi? Keburu volume keduanya keluar, lho!

Baca Juga: 21 Ilustrasi Lucu, Manis, Haru Pasangan Baru Menikah, Bikin Meleleh!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya