Comscore Tracker

5 Akibat Kebiasaan Suka Mengeluh, Bisa Bikin Ilfeel!

Hati-hati karena bisa menjauhkanmu dari peluang bagus

Membandingkan diri dengan orang lain yang posisinya berada di atas kita juga kerap membuat lupa diri dan cenderung merutuki nasib. Padahal selalu ada banyak hal yang patut disyukuri alih-alih memiliki kebiasaan suka mengeluh. Berikut ini ada lima akibat dari kebiasaan suka mengeluh pada orang lain. Let's check this out!

1. Secara tidak langsung menunjukkan kekurangan diri sendiri

5 Akibat Kebiasaan Suka Mengeluh, Bisa Bikin Ilfeel!ilustrasi wanita curhat (pixabay.com/alda2)

Setiap orang memiliki penilaiannya masing-masing terhadap individu lainnya. Meski sering merasa pesimis, bisa jadi di mata orang lain kamu adalah pribadi yang tangguh dan memiliki banyak kualitas di dalam diri.

Namun apa jadinya jika kamu hobi mengeluh di depan orang lain? Saat kamu sedang menceritakan rasa rendah dirimu, secara tidak langsung kamu sama saja dengan menunjukkan pada dunia tentang kekuranganmu sendiri.

Padahal bisa saja sebelumnya kamu memiliki image yang baik tapi malah kamu rusak dengan kebiasaan mengeluh. 

2. Tidak memiliki self-love pada diri sendiri

5 Akibat Kebiasaan Suka Mengeluh, Bisa Bikin Ilfeel!ilustrasi wanita bersedih (pixabay.com/Victoria_Art)

Self-love terkadang memang menjadi sesuatu yang sulit dibangun pada diri sendiri. Jika terhadap diri sendiri saja kamu kurang bisa menghargai, apalagi pada orang lain. Hal inilah kiranya yang akan orang-orang pikirkan tentangmu.

Padahal bagaimana cara orang lain memperlakukan kita terkadang juga tergantung pada bagaimana kita memosisikan dan menghargai diri sendiri. Ketahuilah bahwa setiap orang itu berharga dengan kapasitasnya masing-masing meskipun berbeda dengan individu lainnya.

Baca Juga: 5 Efek Buruk Terlalu Sering Mengeluh, Bikin Rugi Diri Sendiri! 

3. Orang lain menganggapmu lemah

5 Akibat Kebiasaan Suka Mengeluh, Bisa Bikin Ilfeel!ilustrasi wanita merenung (pixabay.com/HuyNgan)

Ketika kamu mengeluh, jangan heran kalau kamu akan dicap sebagai pribadi lemah yang tidak tahan banting. Alih-alih tangguh dan bisa menghadapi segala tantangan, kamu justru bisa menularkan energi negatif pada orang-orang di sekitar.

Saat orang lain berniat menawarkan peluang bagus padamu, ia bisa jadi berpikir dua kali sebelum memutuskan hal tersebut karena meragukan kemampuanmu baik secara fisik maupun mental. Jika hal ini terus terjadi, bukan tak mungkin kamu akan terus melewatkan peluang yang datang. 

4. Membuat makin menipisnya rasa bersyukur

5 Akibat Kebiasaan Suka Mengeluh, Bisa Bikin Ilfeel!ilustrasi kurangnya rasa bersyukur (pixabay.com/HolgersFotografie)

Mengeluh bisa menjadi salah satu indikasi kurangnya rasa syukur yang kamu miliki. Saat menghadapi masalah sebenarnya mengeluh tidak akan membantu menyelesaikan masalah tersebut. Justru dengan mengeluh memberi kesan bahwa masalah tersebut semakin besar dan seolah tidak mampu dihadapi.

Perasaan seperti tentu akan menambah beban emosional dan semakin memperburuk suasana hati. Kamu jadi tidak bisa melihat hal-hal baik di sekitar yang telah kamu terima karena selalu fokus pada apa yang belum kamu miliki.

5. Membuat orang lain sungkan dan tidak respect

5 Akibat Kebiasaan Suka Mengeluh, Bisa Bikin Ilfeel!ilustrasi hilang respect (pixabay.com/pasja1000)

Akibat lain dari memiliki kebiasaan mengeluh adalah bisa membuat orang lain sungkan dan kehilangan respect pada kita. Mungkin tak ada salahnya saat kamu mengeluh pada keluarga atau sahabat dekat yang benar-benar sudah memahamimu.

Tapi lain cerita jika kamu terlanjur mengeluh pada orang yang sebetulnya tidak terlalu mengenalmu secara pribadi. Bisa-bisa dia malah jadi ilfeel padamu. Inilah pentingnya untuk menjaga sikap dan tak sembarangan mengeluh pada semua orang yang kamu temui.

Akibat dari kebiasaan suka mengeluh gak ada yang positif sama sekali. Tak hanya menimbulkan kerugian emosional pada diri sendiri saja, tapi kebiasaan buruk ini juga dapat merusak imej kita di mata orang lain. Tetap stay positive, ya!

Baca Juga: 5 Tips Hentikan Kebiasaan Suka Mengeluh, Kembalilah Produktif!

Widi April Photo Verified Writer Widi April

just do what i want

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya